SPILL BUJET RAJA AMPAT DAN LABUAN BAJO YANG VIRAL DI MEDSOS, VALIDKAH? 2023-09-08 00:00

Puncak Wayag 2 di Raja Ampat

 

Banyak seliweran di timeline media sosial Trippers ‘kan tentang spill bujet trip Raja Ampat maupun Labuan Bajo? Kalau tertera di judul atau pembukaan videonya bujetnya murah abiiiss, pasti viewers-nya banyak, pun komennya. Ya wajar. Siapa sih yang nggak tertarik dengan segala sesuatu yang murah? Apalagi kalau murahnya di luar batas kewajaran. Bikin penasaran!

 

Baca juga: “Belum Sah ke Raja Ampat Kalau Belum ke Wayag Dooong…

 

BENARKAH SEMUANYA VALID?

Sebagai Trippers yang cerdas, kalian pastinya nggak mudah percaya begitu saja ‘kan? Coba, masak ada yang kasih judul “Ke Raja Ampat Cuma 1 Juta?” Nggak masuk akal banget! Dan memang ternyata setelah ditonton sampai selesai, 1 juta itu bujet untuk cuma sampai Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, tempat pelabuhannya berada, itu pun naik Kapal PELNI dari Surabaya. Jelas belum termasuk bujet turnya. Ada juga yang hanya menyebutkan harga day trip ke Piaynemo dan sekitarnya yang dibandrol antara Rp1,5 juta sampai Rp2 juta. Ada juga yang ngitungnya pakai harga tiket pesawat promo yang murah banget.

 

Teluk Kabui di Raja Ampat

 

Tapi dari sekian banyak yang berseliweran di Tiktok, Instagram maupun Youtube, ada juga content creator yang jujur dan detail melakukan riset sebelum spill bujet di akun atau kanalnya. Angkanya sangat logis dan menunjukkan betapa mahalnya ke Raja Ampat kalau hanya berdua. Harganya ditunjukkan sekitar 2 kali lipat harga open trip 5D4N pada umumnya yang di kisaran Rp 15 jutaan di luar tiket pesawat.

 

Trippers yang bingung, apalagi yang belum ada bayangan tentang Raja Ampat terutama biayanya, bisa baca dua artikel yang pernah MyTrip tulis di sini dan di sini.

 

Baca juga: “Solo Traveling ke Raja Ampat, Mungkinkah?

 

Baca juga: “5 Skenario yang Mungkin Terjadi Jika Solo Traveling ke Raja Ampat

 

RENTANG HARGA BEDA JAUH ANTARA SATU DAN LAINNYA

Spill bujet liburan ke Labuan Bajo (tepatnya eksplor Taman Nasional Komodo) yang muncul banyak sekali di media sosial tak kalah membingungkannya. Karena rentang biayanya antara akun yang satu dengan yang lainnya bisa beda jauh. Ada yang Rp2,5 juta saja untuk trip 3D2N. Yang lebih mahal, Rp6 jutaan lebih juga ada. Yang bilang cuma Rp1.350.000 juga ada, karena ikut day tour saja.

 

Baca juga: "Bukan Spill Bujet, Ini Pengalaman Keliling 6 Destinasi di Labuan Bajo dalam Sehari"

 

Pulau Padar di Taman Nasional Komodo

 

Dan hampir semua yang spill-spill bujet liburan di Labuan Bajo murah itu ikut open trip alias join tour, bukan private trip. Kalau private trip, apalagi kalau memilih akomodasi hotel bintang 5 atau phinisi mewah, jumlah harinya pun lebih panjang, minimal biayanya bisa belasan juta rupiah per orang. Ya, rentang harga yang sangat luas bisa terjadi karena beberapa hal. Ya durasi, pilihan akomodasi, jumlah orang, pilihan menu makanan, dan hal-hal lainnya.

 

Pemandangan khas di Taman Nasional Komodo

 

Wajar kalau harganya berbeda-beda karena mayoritas content creator-nya datang liburan ke tempat itu hanya sekali. Mereka men-spill bujet hanya berdasarkan pengalaman mereka yang satu kali itu saja.

 

Baca juga: “Ke Labuan Bajo, Enaknya Tinggal di Kapal atau Hotel?

 

PRINSIP ADA HARGA ADA BARANG

Iya, prinsip ada harga ada barang sudah pasti berlaku juga untuk harga atau bujet trip. Harga lebih mahal pasti karena jenis akomodasi yang lebih bagus, juga level pelayanan yang lebih all out, dan sebagainya. Jadi tak usah bingung. Jadilah Tripers yang cerdas yang mampu memilah-milah dengan seksama, serta tak menjadikan harga termurah sebagai satu-satunya patokan memillih paket trip.

 

Baca juga: "Raja Ampat, Frequently Asked Questions"

 

Kalau masih menemukan kebingungan mengenai bujet liburan ke Raja Ampat maupun Labuan Bajo, silakan kontak MyTrip yang sudah belasan kali ke sana. Kami bisa memberikan beragam alternatif berdasarkan pengalaman langsung. Hubungi 0811821006

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Dok. Teddy Rizaldi, Dok. MyTrip
Comment