INI 5 SPOT DI TELUK KABUI RAJA AMPAT YANG HARUS DILIHAT 2019-06-26 00:00

Cantiknya Batu Pensil di Teluk Kabui

 

Teluk Kabui memang bukan spot baru di Raja Ampat, Papua Barat. Dari dulu orang-orang ngetrip ke Raja Ampat hampir pasti ke Teluk Kabui. Dengan homebase di Kota Waisai (ibu kota Raja Ampat, di Pulau Waigeo, pulau terbesar di Raja Ampat) atau di sepanjang pesisir Pantai Waiwo di Pulau Waigeo juga, mudah sekali menjangkau Teluk Kabui dengan speedboat, tak sampai 1 jam. Tapi baik yang sudah datang ke Teluk Kabui maupun yang belum, masih banyak yang belum paham, sebenarnya apa aja sih yang bisa dilihat di teluk yang berada di antara Pulau Waigeo dan Pulau Gam ini? Simak yang berikut ya...

 

Baca juga: "Panduan Cerdas Eksplor Raja Ampat"

 

1. BATU PENSIL

 

Inilah ikon Teluk Kabui. Batu karst runcing setinggi kurang lebih 12 meter ini bentuknya memang seperti ujung pensil. Hampir semua rombongan trip Raja Ampat mampir ke Batu Pensil saat mengeksplor Teluk Kabui.

 

 

Dulu saat belum dibangun anjungan kayu persis di bawah batunya, wisatawan biasanya hanya berpose di ujung speedboat dengan latar Batu Pensil ini.

 

Berpose dari atas speedboat dengan latar Batu Pensil

 

Sejak sekitar tahun 2017 sudah dibangun anjungan di bawah Batu Pensil maupun di Batu Wajah yang ada di seberangnya, jadi speedboat bisa merapat. Dan sejak itulah kawasan Teluk Kabui khususnya Batu Pensil menjadi berbayar, per speedboat Rp300.000. Tak perlu menghampiri Pos Retribusi yang berada tak jauh dari Batu Pensil, soalnya petugas pasti akan menghampiri dengan speedboatnya begitu melihat ada speedboat merapat. Bayar saja langsung kepada petugas tersebut.  

 

Sudah ada anjungan kayu di Batu Pensil

 

Pos Retribusi

 

2. BATU WAJAH

Kalau nggak dikasih tahu pemandu lokal atau motorist speedboat yang membawa kita, pasti kita nggak ngeh kalau batu di seberang Batu Pensil berbentuk seperti wajah orang dengan hidung mancung tampak dari samping. Malah ada juga yang menyebutkan, batu di seberangnya juga mirip wajah orang dari samping, jadi seolah-olah ada dua orang saling berhadapan.

 

Batu Wajah berhadap-hadapan

 

Di bawah Batu Wajah sudah dibangun anjungan kayu. Dari sini kita bisa memotret Batu Pensil dengan leluasa. Kalau pemandu Anda membawa bekal teh kopi, buah dan camilan, bisa dibuka dan dimakan di sini sambil bersantai mengagumi keindahan di sekitar. Tapi jangan lupa untuk berbagi tempat dengan wisatawan lain ya...

 

Ngeteh ngopi di anjungan Batu Wajah

 

O ya, di salah satu batu ini sekarang sudah terpampang tulisan “Geosite Kabui”.

 

Sudah terpampang "Geosite Kabui"

 

Tempat yang sama, dulunya belum ada tulisan "Geosite Kabui"

 

3. BATU GENDONG

 

Nggak semua rombongan trip mampir ke batu yang mirip orang menggendong sesuatu di pundaknya ini. Nah buat yang belum ke sini, baca aja dulu ya narasi berikut ini.

 

Dari jauh saat speedboat mendekati Batu Gendong, Trippers bisa maju ke ujung speedboat untuk berpose dengan latar batu ini.

 

Berpose di ujung speedboat dengan latar Batu Gendong

 

Speedboat sesungguhnya juga bisa merapat ke batu yang lebih pendek di sebelah Batu Gendong, dan Trippers bisa melompat ke atas batu ini. Dari atas batu ini pemandangan ke arah belakang Batu Gendong sungguh cantik! Hamparan pulau karst kecil-kecil tampak seperti berbaris. Niscaya satu per satu anggota rombongan ingin difoto di sini. Cakep!

 

Berpose dari atas batu di sebelah Batu Gendong

 

Dari atas batu ini Trippers juga boleh melompat ke air. Aman kok, asal bisa berenang karena lautnya dalam. Jangan lupa, sebelum melompat, minta teman yang ada di speedboat untuk memotret. Sayang kalau sudah mengumpulkan keberanian untuk melompat tapi nggak ada barang bukti.

 

Berani melompat ke air?

 

O ya, menurut MyTrip, Batu Gendong kalau dilihat dari sisi samping dan jarak dekat, mirip juga dengan Sitting Buddha Statue. Coba perhatikan deh!

 

Mirip patung Sitting Buddha ya?

 

Baca juga: "Apa Spot Snorkeling Paling Cantik di Raja Ampat? Pulau Friwen Jawabnya!"

 

4. PUNCAK KABUI

Menuju dermaga Puncak Kabui

 

Memangnya ada Puncak Kabui? Ada dooong.... Tapi memang jarang sekali rombongan trip yang ke sini. Padahal lokasinya juga nggak jauh-jauh di sekitaran spot lain di Teluk Kabui. Naiknya juga nggak sesulit ke Puncak Wayag. Sebagian treknya juga sudah berupa tangga kayu yang rapi. Setelah tangga habis baru usaha dikit deh melalui jalur tanah berbatu-batu kecil. Naik sih cuma 5 menit. Turunnya butuh kehati-hatian, bisa 8-10 menit.

 

Menuju puncak ada tangga kayunya

 

Pemandangan dari atas puncaknya memang nggak sespektakuler Piaynemo apalagi Wayag, tapi worth the effort banget lah! Di sisi satu kita bisa melihat hamparan pulau karst berbaris. 

 

Pemandangan dari Puncak Kabui

 

Di sisi sebaliknya nampak ada batu seperti Batu Gendong, tapi ternyata itu bukan Batu Gendong.

 

Mirip Batu Gendong, terlihat dari Puncak Kabui

 

Lain kali kalau ke Raja Ampat lagi, minta ke sini ya... Dan berpose seperti foto di bawah ini.

 

Berpose begini di Puncak Kabui

 

5. GUA WAWIYAI

Memang ada beberapa gua di tebing batu di sepanjang Teluk Kabui di sisi Pulau Waigeo. Salah satunya Gua Wawiyai yang sudah diberi papan penanda. Di dalamnya ada sisa-sisa tengkorak manusia, juga tercium aroma kotoran kelelawar. Pada kunjungan terakhir MyTrip ke sini Desember 2018, kami tidak masuk ke dalam gua. Tapi MyTrip pernah masuk pada kunjungan pertama ke Raja Ampat Februari 2008. Kurang menarik sih bagi wisatawan pada umumnya. Tapi bolehlah dimampiri kapan-kapan ya...

 

Gua Wawiyai

 

ANEKA PULAU KARST BERSERAKAN

Teluk Kabui sangat luas, mulai dari ujung masuknya di sisi timur dekat Desa Yenbeser di Pulau Gam, hingga berakhir sebelum memasuki The Passage (celah sempit berarus deras antara Pulau Waigeo dan Pulau Gam). Di sepanjang area ini banyak sekali berserakan pulau karst kecil-kecil aneka bentuk. Dan inilah yang menjadi daya tarik Teluk Kabui.

 

Pulau karst di Teluk Kabui

 

Sejauh mata memandang terlihat pulau-pulau tersembul dari dalam air laut kehijauan dan kebiruan. Saat cuaca cerah dan matahari bersinar dengan penuh semangat, bayangan pulau-pulau itu dan juga arakan awan di atasnya memantul sempurna di atas air. Siapa pun yang dihadapkan dengan pemandangan ini pasti langsung memotret tak henti-henti.

 

Pemandangan cantik lainnya di Teluk Kabui, memantul dengan sempurna

 

Saat cuaca cerah sisi mana pun dari Teluk Kabui terlihat cantik

 

O ya, kalau Trippers menginap di Waisai atau Waiwo, untuk ke Piaynemo maupun Wayag biasanya melewati Teluk Kabui, walaupun nggak masuk ke area Batu Pensil. Tapi pemandangannya sudah sangat mengibur mata. Kalau kebetulan sekembali dari Wayag saat sunset di Teluk Kabui juga siapkan kamera ya. Cantik banget!

 

Jadi siapa di antara Trippers yang sudah ke Teluk Kabui dan sudah mengunjungi kelima-limanya?

 

Kalau belum pernah ke Raja Ampat, ikut tripnya dengan MyTrip. Hubungi 0811821006.

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Dok. MyTrip
Comment
Ubdfuunl

order modafinil 100mg online modafinil 100mg price cost provigil

2022-05-17
Zqkmgfcb

order provigil 100mg

2022-05-16
Buy Cialis Online

buy generic cialis online with mastercard tadalafil online with out prescription

2022-05-03
Tadalafil Dosage

tadalafil online with out prescription cheap generic cialis for sale

2022-05-03
Buy Cialis Online

tadalafil online with out prescription https://cialistrxy.com/

2022-05-03
Tadalafil Drug

prescription tadalafil online tadalafil liquid

2022-05-02
Where To Buy Generic Cialis Online Safely

where to buy tadalafil on line buy tadalafil

2022-05-02
Buy Tadalafil

tadalafil generic tadalafil cost walmart

2022-05-02
Generic Cialis

https://extratadalafill.com/ where to buy cialis without prescription

2022-05-02
Generic Cialis Tadalafil

tadalafil cost walmart https://cialisusdc.com/

2022-05-02
Tadalafil Without A Doctor Prescription

buy tadalafil buy tadalis

2022-05-01
Buy Cialis

tadalafil blood pressure where to order tadalafil tablets

2022-05-01
Buy Generic Cialis Online With Mastercard

tadalafil generic where to buy tadalafil brands

2022-04-30
Cheap Cialis

side effects of tadalafil https://cialiswbtc.com/

2022-04-29
Cialis At Canadian Pharmacy

tadalafil price walmart buy generic cialis online with mastercard

2022-04-29
Advattibsf

cialis without a prescription tadalafil order online no prescription

2022-04-29
Advatttbfb

what is tadalafil buy tadalafil

2022-04-28
Advatteswu

https://cialisedot.com/ tadalafil blood pressure

2022-04-28
Moidgemgwg

tadalafil dosage cost tadalafil generic

2022-04-28
Advatttojh

generic cialis online fast shipping tadalafil cost walmart

2022-04-27
Cialis

cheap cialis pills for sale buy generic cialis online with mastercard

2022-04-27
Advattmnji

cialis cost buy tadalis

2022-04-26
Buy Cialis

https://cialisicp.com/ cost of cialis

2022-04-26
Buy Cialis Pills

tadalafil online with out prescription tadalafil side effects

2022-04-25
Moidgeskgw

tadalafil tadalafil daily online

2022-04-25
Advattknyv

https://cialiswbtc.com/ generic tadalafil from uk

2022-04-25
Side Effects For Tadalafil

tadalafil blood pressure cialis cost

2022-04-24
Buy Cialis Usa

cialis without prescription tadalafil blood pressure

2022-04-23
Advattsjcr

tadalafil drug tadalafil generic where to buy

2022-04-23
Moidgefpwf

tadalafil online buy generic cialis online with mastercard

2022-04-23
Buy Generic Cialis Online With Mastercard

https://cialiswbtc.com/ tadalafil drug

2022-04-22
Tadalafil Generic Where To Buy

cialis tadalafil where to get tadalafil

2022-04-22
Moidgerpel

where to order tadalafil tablets https://nextadalafil.com/

2022-04-22
Side Effects Of Tadalafil

tadalafil brands tadalafil price walmart

2022-04-21
Advattmdfn

tadalafil online with out prescription tadalafil cost walmart

2022-04-21
Cialis Pills

cheap generic cialis for sale tadalafil brands

2022-04-21
Moidgelstx

canada generic tadalafil generic cialis tadalafil

2022-04-20
Advattjzzx

tadalafil cost walmart canada generic tadalafil

2022-04-19
Buy Cialis Usa

tadalafil cost walmart tadalafil blood pressure

2022-04-19
Buy Cialis Pills

what is tadalafil prescription tadalafil online

2022-04-18
Advattoufn

https://cialiswbtc.com/ tadalafil online

2022-04-17
Advatteocn

where to buy tadalafil on line cost tadalafil generic

2022-04-17
Cialis Without A Doctor Prescription

tadalafil cialis https://cialisusdc.com/

2022-04-17
Cialis 20mg

tadalafil without a doctor prescription canada generic tadalafil

2022-04-14
Cialis Without A Prescription

generic cialis online fast shipping tadalafil brands

2022-04-14
Moidgedcrz

buy cialis tadalafil brands

2022-04-14
Cialis Pills

best price usa tadalafil cheap cialis pills for sale

2022-04-13
Tadalafil Drug

tadalafil order online no prescription tadalafil goodrx

2022-04-13
Moidgerfhz

cialis without a prescription cialis cost

2022-04-13
Cialis 20 Mg

https://cialiswbtc.com/ generic cialis tadalafil

2022-04-12
Side Effects Of Tadalafil

tadalafil cialis buy cialis pills

2022-04-12
Advattoyzk

tadalafil cost walmart tadalafil order online no prescription

2022-04-11
Cialis Generic

cialis cost where to buy cialis without prescription

2022-04-11
Cheap Cialis

tadalafil online cialis tadalafil

2022-04-10
Cialis Without Prescription

https://cialisbusd.com/ tadalafil

2022-04-10
Cialis 20 Mg

tadalafil goodrx cheap cialis pills for sale

2022-04-09
Buy Cialis Online

tadalafil cialis tadalafil price walmart

2022-04-08
Moidgegpqi

what is tadalafil cialis without a prescription

2022-04-08
Generic Cialis

tadalafil online with out prescription https://cialiswbtc.com/

2022-04-07
Cialis Without A Doctor Prescription

prescription tadalafil online cialis cost

2022-04-07
Buy Cialis Usa

tadalafil cialis tadalafil online with out prescription

2022-04-06
Generic Cialis

where to get tadalafil tadalafil daily online

2022-04-06
Moidgeizfj

cheap generic cialis for sale generic tadalafil from uk

2022-04-06
Advattylvv

tadalafil brands tadalafil dosage

2022-04-05
Cheap Cialis

tadalafil cost walmart tadalafil liquid

2022-04-05
Cialis Cost

https://cialisedot.com/ cialis without prescription

2022-04-05
Cialis Tadalafil

tadalafil price walmart tadalafil goodrx

2022-04-04
Cialis Tablets

where to buy cialis without prescription where to buy generic cialis online safely

2022-04-03
Tadalafil Online

tadalafil drug cheap generic cialis for sale

2022-04-03
Buy Cialis

buy cialis pills tadalafil generic where to buy

2022-04-02
Cialis Generic

where to order tadalafil tablets where to buy tadalafil on line

2022-04-02
Buy Cialis Pills

where to buy generic cialis online safely tadalafil side effects

2022-04-02
Advattfhzq

tadalafil dosage https://cialistrxy.com/

2022-03-31
Advattorrf

where to buy tadalafil on line tadalafil cialis

2022-03-31
Cialis Without Prescription

canada generic tadalafil generic cialis tadalafil

2022-03-31
Advattkkaf

https://cialistrxy.com/ best price usa tadalafil

2022-03-30
Tadalafil Cialis

tadalafil side effects tadalafil liquid

2022-03-30
Advattnekp

generic tadalafil from uk cheap generic cialis for sale

2022-03-29
Buy Cialis

what is tadalafil tadalafil generic where to buy

2022-03-29
Advattimfs

tadalafil order online no prescription cheapest tadalafil cost

2022-03-29
Cialis Tablets

buy cialis usa cialis generic

2021-12-05
Buy Cialis Online

cialis tablets cialis without a doctor prescription

2021-11-26
Can I Take Cialis With Daxpoteine

cialis 20mg cialis 20mg

2021-11-16
Cialis Generic

generic cialis cialis 20 mg

2021-10-13
Abgcidiot

https://thesiswritingtob.com/ - thesiswritingtob.com thesis consulting thesiswritingtob.com help in thesis writing

2021-04-09
Abgcidiot

https://thesiswritingtob.com/ - thesiswritingtob.com thesis consulting thesiswritingtob.com help in thesis writing

2021-04-09
Fbshidiot

https://thesisacloud.com/ - doctoral thesis database thesis phd free thesis help thesis support

2021-04-03
Fbshidiot

https://thesisacloud.com/ - doctoral thesis database thesis phd free thesis help thesis support

2021-04-03
Brfgtisy

https://ljcialishe.com/ - levitra vs cialis https://cialisvja.com/ - cialis after prostate surgery https://viagraonlinejc.com/ - viagra covered by insurance https://viagratx.com/ - sex with viagra https://buycialisxz.com/ - cialis otc 2017

2021-03-31
Brfgtisy

https://ljcialishe.com/ - levitra vs cialis https://cialisvja.com/ - cialis after prostate surgery https://viagraonlinejc.com/ - viagra covered by insurance https://viagratx.com/ - sex with viagra https://buycialisxz.com/ - cialis otc 2017

2021-03-31
Jvqqidiot

https://dissertationahelp.com/ - writing a doctoral dissertation best dissertation writing service dissertation for dummies dissertation online

2021-03-28
Grvamout

https://kloviagrli.com/ - otc viagra alternatives https://vigedon.com/ - kelly hu viagra commercial https://llecialisjaw.com/ - cialis walmart https://jwcialislrt.com/ - how to avoid cialis side effects\ https://jecialisbn.com/ - cialis walmart

2021-03-26
Lmoppidiot

http://essaywriteris.com/ - buy an essay cheap essay service cheap who will write my essay for me buy essay cheap online

2021-03-25
Lmoppidiot

http://essaywriteris.com/ - buy an essay cheap essay service cheap who will write my essay for me buy essay cheap online

2021-03-25
Abgcidiot

https://thesiswritingtob.com/ - thesis help online online thesis writing best thesis writing service writing a thesis

2021-03-24
Kndntisy

viagra overnight penis on viagra how to get viagra online

2021-03-02
Nbmojeopy

cialis 20 mg dgeneric cialis viagraorcialis

2021-02-28
Hydroxyzine Hydrochloride

hco medical abbreviation warnings for hydroxychloroquine hydroxy chloriquine

2021-02-22
Jbbnidiot

viagra cialis opinie is viagra safe than cialis tem generico do cialis no brasil

2021-02-17
Kvaxtisy

cash advance pueblo co shark tank cash advance delaware payday loan lenders

2021-02-16
Fqbbidiot

payday loans using social security default on cash store loan ace payday loans dayton ohio

2021-02-16
Fqbbidiot

payday loans using social security default on cash store loan ace payday loans dayton ohio

2021-02-16
Abcfduanguara

viagra vs cialis side effects http://viagriyvik.com/ viagra price

2021-02-14
Labxidiot

cialis and headaches side effects cheapest cialis prices cialis e a diabetes

2021-02-14
Ahbzidiot

cash loans in bulawayo one nevada payday loan payday loan shops in worthing

2021-02-13
Kbbfelime

viagra usa viagra online plus 2 free viagra viagra online canada

2021-02-13
Jbnvamout

free cash advance paypal moneykey payday loans reviews cash advance america seattle wa

2021-02-13
Jbnvamout

free cash advance paypal moneykey payday loans reviews cash advance america seattle wa

2021-02-13
Jbbvidiot

pharmacy technician classes online free pharmeasy buying drugs canada

2021-02-09
Jbbvidiot

pharmacy technician classes online free pharmeasy buying drugs canada

2021-02-09
Aqcfduanguara

cialis no perscription cialis without a prescription cialis viagra gr

2021-02-08
Aqcfduanguara

cialis no perscription cialis without a prescription cialis viagra gr

2021-02-08
Lbsxidiot

canada pharmacies online pharmacy viagraaustralia modafinil online pharmacy

2021-02-07
Kuikelime

buy viagra with no perscription buy viagra without prescription discount viagra india

2021-02-06
Kuikelime

buy viagra with no perscription buy viagra without prescription discount viagra india

2021-02-06
Jbnbamout

online medicine order discount canadian drugs online pharmacies canada pharmacies online pharmacy

2021-02-06
Nncsjeopy

genuine viagra online australia viagra dubai location purchasing viagra online for cheap

2021-02-05
Jdbxidiot

pfizer viagra accepts visa cards where to buy viagra toronto viagra vs cialis forum http://llviabest.com/ - is viagra prescription only ’

2021-02-01
Jdbxidiot

pfizer viagra accepts visa cards where to buy viagra toronto viagra vs cialis forum http://llviabest.com/ - is viagra prescription only ’

2021-02-01