30 BATU UNIK DI RAJA AMPAT. DARI PENGANTIN SAMPAI KELAMIN (Bagian 1) 2021-01-22 07:45

Inilah ikon utama Laguna Yapap di Misool, lebih tepat disebut Batu Jagung atau Batu Penis?

 

Di Raja Ampat Papua Barat Trippers bisa menemukan ragam bentuk batu atau pulau karst yang unik-unik. Ada yang menyerupai wajah, binatang, pengantin, sampai alat kelamin pria. Nggak semua pulau atau batu unik itu punya nama. Kalaupun ada, ya dinamai belakangan. Saya mencoba mengumpulkan foto-foto dari belasan kali kunjungan ke Raja Ampat termasuk Misool (kawasan selatan Raja Ampat), dan terkumpulah 30 foto batu unik. Ada beberapa yang saya namai sendiri berdasarkan bentuknya karena memang nggak ada namanya. Nomor 1 sampai 5 berada di Raja Ampat kawasan utara, sisanya semua di Misool yang memang gudangnya batu unik. Ini dia….

 

Cara ke Raja Ampat baca di sini.

 

1. BATU BOLONG

 

Sesuai nama yang MyTrip berikan, Batu Bolong, ada bolongan besar membentuk terowongan di tengah pulau karst yang dilewati saat Trippers sedang menuju Wayag ini. Dan serunya, kalau ombak sedang bersahabat, speedboat bisa melewati terowongan ini lho… Sensasinya ngeri-ngeri sedaaap….

 

2. BATU PENSIL

 

Batu karst setinggi kurang lebih 12 meter ini ngetop sebagai spot utama di Teluk Kabui. Bentuknya memang seperti ujung pensil. Sejak sekitar tahun 2017 sudah dibangun dermaga kayu di bawah batunya, jadi speedboat bisa merapat. Berfoto dengan latar batu ini bisa dilakukan dari atas speedboat ataupun dari dermaga di seberangnya, di Batu Wajah.

 

3. BATU WAJAH TELUK KABUI

 

Posisinya di seberang Batu Pensil di Teluk Kabui. Jadi dari sini kita bisa memotret Batu Pensil dengan leluasa. Nah untuk melihat Batu Wajah sendiri, kita harus berada di sisi yang tepat agar bisa melihat bentuk wajah orang berpipi tembam dengan hidung mancung tampak dari samping. Batu di seberangnya juga mirip wajah orang dari samping –walaupun kurang kentara, jadi seolah-olah ada dua orang saling berhadapan. Di salah satu batu ini sekarang sudah terpampang tulisan “Geosite Kabui”. O ya, Batu Wajah juga ada di Misool. Bisa dilihat di nomor 6.

 

4. BATU GENDONG

Masih di Teluk Kabui, ada batu yang mirip orang menggendong sesuatu di pundaknya. Melihatnya juga harus dari sisi yang tepat, dan dari kejauhan. Kalau dilihat dari sisi samping dan jarak dekat, malah mirip dengan Sitting Buddha Statue.

 

 

Walaupun belum ada anjungan atau dermaga, speedboat bisa merapat ke batu yang lebih pendek di sebelah Batu Gendong, dan Trippers bisa melompat ke sini. Dari atas batu ini pemandangan ke arah belakang Batu Gendong sungguh cantik! Hamparan pulau karst kecil-kecil tampak seperti berbaris. Dari atas batu ini Trippers juga boleh melompat ke air. Aman kok, asal bisa berenang karena lautnya dalam.

 

Baca juga: “Ini 5 Spot di Teluk Kabui Raja Ampat yang Harus Dilihat

 

5. BATU KELAMIN DI GENES CAVE

Yang ini memang bukan Batu Kelamin di Teluk Mayalibit yang selalu dikunjungi rombongan wartawan saat diselenggarakan Festival Raja Ampat. Batu Kelamin yang ini malah belum banyak yang tahu. Berada di Genes Cave, di perairan di antara Pulau Waigeo dan Pulau Gam. Sebelum masuk ke gua dengan cara berenang atau jalan di air, di bagian depannya Trippers akan melihat dinding gua yang terkikis air dan menjadi seperti atap. Nah di situlah terdapat semacam stalaktit-stalaktit yang seperti alat kelamin pria –ini versi kecil dari Batu Kelamin di Teluk Mayalibit.

 

Ini di bagian depan gua

 

Lalu dengan menembus rongga batu Trippers akan sampai ke bagan dalam gua yang cukup besar dan ternyata sisi satunya lagi terbuka. Trippers bisa naik dengan mudah ke bagian darat yang cukup lebar di sisi yang terbuka itu. Nah di situlah ada batu berbentuk mirip alat kelamin pria. Tingginya sekitar setengah tubuh orang dewasa.

 

Yang ini di bagian dalam gua

 

6. BATU WAJAH MISOOL

 

Beda dengan Batu Wajah di Teluk Kabui, Batu Wajah di kawasan Sunmalelen Misool ini lebih kecil, lebih jelas bentuk hidung dan bibirnya, dan seperti terlihat ada bagian bahu di bawahnya. Tapi sama-sama tampak samping, juga harus dilihat dan difoto dari sudut yang pas. Kalau melewatinya dari sisi yang berbeda sama sekali nggak terlihat bentuk wajahnya.

 

7. BATU JAGUNG ATAU BATU PENIS

Tergantung melihatnya dari sisi mana dan dengan ‘kacamata’ apa, ikon utama Laguna Yapap di Misool ini bisa berbentuk mirip jagung, bisa juga mirip penis, juga mata pisau.

 

Mirip jagung atau alat kelamin pria?

 

Kalau dari sisi ini mirip mata pisau.Terlihat bagian bawahnya sudah makin terkikis air

 

Apa pun, yang pasti laguna berair hijau toska yang aman direnangi bahkan dijejaki saat air surut ini membuat siapa pun betah berlama-lama. Apalagi ditambah pemandangan barisan batu-batu karst seperti kumpulan candi dari zaman prasejarah ataupun kastil-kastil kuno. Amazing! Tapi saya mulai khawatir melihat bagian bawah batu setinggi +/-10 m ini sudah makin terkikis air. Semoga dia masih terus kuat menahan gerogotan air.

 

Berenang-renang di Laguna Yapap

 

Saat airnya surut di Laguna Yapap kita bisa berdiri dan berjalan mengelilingi laguna ini

 

8. BATU LAYAR

Letaknya juga di Laguna Yapap nan cantik memukau itu. Bentuknya yang pipih lebar membuatnya tampak seperti layar kapal.

 

Mirip layar kapal, difotonya agak menyamping

 

Di antara Batu Jagung dan Batu Layar terhampar laguna berair hijau muda dan cukup dangkal. Saat air surut kita bisa berjalan kaki mendekati batu ini bahkan bisa merunduk di bawahnya, sedangkan saat air cukup tinggi kita bisa berenang ngambang-ngambang di sini.

 

Batu Layar difoto dari depan. Saat air surut begini, speedboat nggak bisa masuk, Trippers harus jalan kaki di air untuk ke sini

 

Baca juga: “Kids Zaman Now, Kalau ke Misool Harus ke Yapap Ya… Kalau Nggak, Nyesel Deh!

 

9. BATU ONTA

Batu Onta dari depan

 

Ini bukan nama resmi, dan mungkin banyak yang sudah mengunjungi Misool tapi nggak ngeh tentang keberadaannya, atau malah belum pernah melewatinya. Butuh mata yang jeli untuk melihatnya saat naik speedboat melewati lukisan purbakala di tebing batu di Sunmalelen dan membelok masuk kembali ke laguna di antara deretan tebing-tebing karst. Walaupun kelihatannya batunya tipis tapi sangat keras dan kokoh. Kita bisa menaikinya, dengan cara langsung melompat dari speedboat. Tapi harus pakai alas kaki (sendal gunung atau booties) karena ada bagian yang tajam.

 

Batu Onta, difoto agak menyamping

 

10. BATU PENYU

Mirip sekali dengan penyu ya….

 

Letaknya di sebelah Batu Onta. Lebih panjang batunya, bentuknya mirip penyu dengan kepala yang mendongak. Batu ini belum resmi dinamai. Saya sebut saja Batu Penyu. Formasi pulau-pulau karst yang berderet-deret dengan laguna hijau toskanya di sekitar sini luar biasa cakep! Kita juga bisa berfoto-foto di atasnya karena batunya kokoh, tapi harus hati-hati ya….

 

Berfoto-foto di atas Batu Penyu

 

Suasana di sekitar Batu Penyu cakep

 

(Bersambung)

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Buntoro Sabariman, Gunata Gura, Indra Franzpower, Irawati Santoso, Mario Susilo, Mayawati NH, Priyo Tri Handoyo
Comment
Esaria

Bagus2 sekali batunya

2021-01-24