BELUM SAH KE RAJA AMPAT KALAU BELUM KE WAYAG DOOONG…. 2022-09-27 15:50

Indahnya Wayag….

 

Iya! Belum sah ke Raja Ampat kalau belum menginjakkan kaki di Puncak Wayag. Dan, ya memang betul, Wayag inilah yang membuat biaya trip ke Raja Ampat menjadi lebih mahal. Makanya kalau ada tawaran trip ke Raja Ampat dengan harga murah, cek dulu, termasuk ke Wayag atau nggak. Wajar mahal, karena perjalanan dengan speedboat berkekuatan besar pun memakan waktu tak kurang dari 4 jam dari Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Memang jauh letaknya. Gugusan Kepulauan Wayag berada di ujung barat laut dari Pulau Waigeo, salah satu pulau di Raja Ampat.

 

Di sinilah letak Wayag

 

Karena mahal, beberapa operator tur mencoret Wayag dari itinerary, dan berkilah, Piaynemo tak kalah indah dari Wayag, Piaynemo adalah mini Wayag, jadi cukup ke Piaynemo saja. Tak bisa disangkal, Piaynemo memang indah. Pemandangan yang kita lihat dari puncak atau teras pandang Piaynemo adalah hamparan pulau-pulau karst, sama dengan Wayag. Jadi… sama? Tentu tidak! Formasi pulau-pulau karstnya sungguh berbeda. Dan lagi, di Puncak Wayag --baik Wayag 1 maupun Wayag 2, kita bisa memandang 360 derajat. Kalau di Piaynemo, pemandangan yang terlihat hanya satu arah.

 

Baca juga: "Panduan Cerdas Eksplor Raja Ampat"

 

Silakan bandingkan dua foto berikut. Dan Trippers akan melihat bedanya Wayag dan Piaynemo, sangat jauh.

 

Piaynemo

 

Wayag 1

 

Wayag 2

 

 

MEMANGNYA ADA DUA WAYAG?

Ya, so far puncak yang bisa didaki di Wayag ada dua. Disebut Wayag 1 dan Wayag 2. Silakan lihat peta untuk tahu posisi keduanya. So far? Iya, karena ada banyak bukit di gugusan kepulauan karst ini yang belum semuanya dieksplor. Info yang MyTrip dengar, ada bukit lainnya di Wayag yang menawarkan bird-eye view seng ada lawan!

 

Posisi Wayag 1 dan Wayag 2

 

APA BEDANYA WAYAG 1 DAN WAYAG 2?

Wayag 1 punya pantai, berpasir putih dan sangat halus (hanya kalah halus dari pasir Pantai Ngurbloat di Pulau Kei Kecil Maluku). Sedangkan di bawah Wayag 2 nggak ada pantai. Jadi dari speedboat Trippers harus langsung lompat ke tebing karstnya.

 

Pantai berpasir putih di Wayag 1

 

Untuk mencapai kedua puncak ini kita butuh trekking di jalur batu karst yang terjal --boleh dibilang setengah memanjat. Kabar baiknya, di jalur menuju Wayag 1 yang sangat terjal, kini sudah dipasang tali pengaman.

 

Jalur mendaki Wayag 1

 

Sudah ada tali pengaman di jalur mendaki Wayag 1

 

Tinggi vertikal Puncak Wayag 1 sekitar 120 m, Wayag 2 lebih pendek. Tapi jalur Wayag 2 jauh lebih terjal dan sulit. Bagi yang gerakannya lincah dan tenaganya kuat, hanya dibutuhkan +/-15 menit untuk mencapai puncak Wayag 1 maupun Wayag 2. Malah bisa jadi hanya 10 menit. Tapi turunnya rata-rata lebih lama karena butuh kehati-hatian.

 

Baca juga: "12X ke Wayag Raja Ampat, Bosan? Nggak Lah!"

 

Jalur Wayag 1 mostly teduh oleh pepohonan, sedangkan jalur Wayag 2 mostly terbuka dan terpapar langsung sinar matahari –ini sangat menguras tenaga. Batang-batang pohon di jalur Wayag 1 juga rata-rata kuat untuk kita jadikan pegangan guna mengangkat badan.

 

Jalur Wayag 1 lebih teduh, di bawah pepohonan

 

Jalur Wayag 2 lebih terbuka dan terpapar panas matahari

 

PERLENGKAPAN APA SAJA YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAKI WAYAG?

Karena jalurnya berupa batuan karst yang tajam-tajam, maka akan sangat memudahkan jika Trippers memakai sarung tangan (cukup pakai sarung tangan tukang, jangan yang bagus, takut robek). Dengan memakai sarung tangan, Trippers bisa lebih mantap memegang batu karst kuat-kuat untuk menarik badan ke atas. Begitu juga untuk turun. Apalagi di Wayag 2 yang batuan karstnya panas terkena sinar matahari.

 

Pakai sarung tangan seperti ini akan sangat membantu pendakian ke Wayag

 

Sepatu apa yang cocok? Melihat jalurnya yang kadang ada batu karst tajam sih, enakan pakai sepatu tertutup/sepatu kets. Tapi demi kepraktisan, MyTrip sarankan pakai sendal gunung. Karena saat turun dari speedboat kaki kita mesti masuk ke air. Pantai Wayag 1 nggak punya dermaga soalnya. Yang jelas pakai sendal jepit apalagi sendal cantik itu a big no no!

 

Turun dari speedboat kaki kita mesti masuk ke air, jadi lebih praktis pakai sendal gunung, nggak perlu dicopot

 

Jalur seperti ini, big no no pakai sendal jepit. Cocok pakai sendal gunung dan sarung tangan

 

Perlukah trekking pole untuk mendaki Wayag? Tidak perlu! Bawa treking pole atau tongkat malah akan merepotkan saat harus memanjat di beberapa ruas yang terjal.

 

Wayag 1

 

Wayag 2

 

BARANG APA AJA YANG PERLU DIBAWA NAIK? 

Nggak perlu banyak-banyak. Cukup hanya membawa dompet (atau uangnya saja), HP atau kamera, dan air minum 1 botol seukuran 600 ml. Permen, cokelat, atau snack yang mengenyangkan boleh juga dibawa. Barang-barang lain ditinggal saja di speeboat. Tas yang dipakai sebaiknya ransel, atau tas selempang. Jangan tas jinjing. Merepotkan!

 

Baca juga: "Ini Dia Contekan Itinerary Buat yang Baru Pertama Kali ke Raja Ampat"

 

APAKAH LANSIA DAN ANAK-ANAK BISA MENDAKI WAYAG?

Lansia yang mobilitasnya masih baik dan nggak punya masalah serius dengan lutut tentu saja bisa mencapai puncak Wayag, terutama Wayag 1. Anak-anak di atas 5 tahun, atau amannya 7 tahun ke atas, pasti juga bisa, asal tentu saja harus terus diawasi saat di perjalanan maupun ketika berada di puncaknya. Puncaknya nggak ada pagar pembatas lho ya….

 

Salah satu lansia berumur 70-an tahun dalam rombongan MyTrip, berhasil sampai Puncak Wayag 1

 

Menuju puncak Wayag 1, nggak ada pagar pembatas

 

BAGUS MANA, WAYAG 1 ATAU WAYAG 2?

Yang nanya begini biasanya karena harus memilih hanya mendaki salah satu, karena faktor tenaga yang tak memungkinkan, atau faktor keterbatasan waktu. Ini pertanyaan yang sulit dijawab karena keduanya menawarkan kecantikannya sendiri. Wayag 1 dengan gradasi air laut dan jejeran pulau karst yang lebih sporadis. Wayag 2 dengan formasi pulau-pulau karst yang lebih unik, bak tumpeng-tumpeng raksasa mengapung di atas air.

 

Wayag 1 dengan gradasi air lautnya

 

Wayag 1, sisi sebaliknya, gradasi air lautnya juga cantik

 

Wayag 2, bak tumpeng-tumpeng raksasa mengapung di atas air

 

Wayag 2, sisi sebaliknya, air lautnya hijau muda

 

Jadi, nggak ada yang lebih cantik dari yang lainnya. Harus naik dua-duanya, Kakak…. Barulah afdol dan sah ke Raja Ampat.

 

Mau ikut Just Pack & Go to Raja Ampat bersama MyTrip tanggal 24-30 Novemver 2022? Yang jelas pasti ke Wayag 1 dan Wayag 2. Hubungi WA 0811821006

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Agung Nugroho, Hendra Yuwono, Mayawati NH, Dok. MyTrip
Comment