KE LABUAN BAJO, SEMPATKAN JUGA KE GOA RANGKO 2022-09-22 22:05

Goa Rangko, rasakan sensasi berenang di sini

 

Ke Labuan Bajo, orang melulu fokus pada Pulau Padar dan Pulau Komodo yang berada di Taman Nasional Komodo. Karena memang kedua pulau itulah yang menjadi ikon Labuan Bajo. Tapi kalau Trippers punya waktu lebih di Labuan Bajo, coba sempatkan juga ke Goa Rangko. Nggak terlalu jauh dari pusat kota Labuan Bajo atau dari Bandara Komodo, sekitar 13 km, ditempuh berkendara +/-30 menit.

 

Baca juga: "17 Spot yang Bisa Dikunjungi di TN Komodo, Bukan Cuma Pulau Komodo dan Padar (Bagian 1)"

 

Goa Rangko tepatnya berada di Dusun Rangko Desa Tanjung Boleng Kecamatan Boleng Kabupaten Manggarai Barat Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk mencapai goa yang berada di sebuah pulau kecil tak berpenghuni ini, dari dermaga di Dusun Rangko kita harus menyewa perahu nelayan. Perjalanan dengan perahu nelayan ini ditempuh sekitar 15 menit saja melewati laut yang cenderung tenang. O ya, dari mobil terakhir diparkir, untuk sampai ke dermaganya jalan kaki dulu melewati kampung warga kurang lebih 5 menit.

 

Turun mobil, sambung jalan kaki untuk mencapai dermaga di Dusun Rangko

 

Dermaga di Dusun Rangko

 

Perahu nelayan yang bisa disewa untuk ke Goa Rangko

 

Begitu tiba di dermaga Goa Rangko --di pulaunya, kita akan disambut jernihnya air laut hingga menampakkan terumbu karangnya. Tapi biasanya wisatawan tak punya waktu untuk mencoba berenang atau snorkeling di sini, karena tujuan utamanya ya goanya.

 

Perahu merapat di dermaga Goa Rangko

 

Dermaga di Goa Rangko

 

 

Jernih, sampai terumbu karang terlihat

 

Dari dermaga untuk mencapai mulut goanya Trippers harus berjalan kaki lagi, tapi nggak jauh dan nggk susah. Dengan berjalan santai butuh waktu 15-20 menit saja. Awalnya Trippers akan menyusuri pantainya yang berpasir kuning kecoklatan. Sampai di ujung pantai yang dibatasi batu karang menonjol seperti moncong buaya, lanjut memasuki hutan kecil yang cukup rimbun. Jalurnya yang tadinya tanah pasir rata berubah menjadi batu-batu karang yang tertutup semak. Tenang, nggak ada jalur terjal, hanya naik turun sedikit. Nggak sampai ngos-ngosan, tibalah kita di mulut goa.

 

Jalan kaki menyusuri pantai

 

Ujung pantainya

 

Lalu sambung masuk hutan, awalnya tanah berpasir

 

Trek selanjutnya bebatuan

 

Mulut goanya cukup lebar dan tinggi. Sudah dibuatkan tangga-tangga batu untuk turun ke dasar goa yang juga dekat saja. Hitungan 1-2 menit lah untuk sampai ke dasar goa. Dasar goanya yang berupa daratan bebatuan cukup luas. Trippers bisa meletakkan tas maupun melepas baju di situ. Nah, di depannya terhampar kolam berair biru. Ya, Goa Rangko adalah goa air asin yang airnya merembes dari laut. Kolam alaminya nggak luas-luas amat, tapi juga nggak kecil. Rombongan puluhan orang juga bisa berenang sekaligus di sini.

 

Turun ke dasar goa melewati tangga-tangga

 

Beginilah kondisi di dalam goa

 

Kolam alaminya berair biru

 

Kalau ditanya, bagus mana dengan Goa Kristal di Kupang Pulau Timor, luas mana, susahan mana ke sananya, jawabannya: sama bagus tapi karakter goanya berbeda. Goa Rangko stalaktitnya lebih kelihatan rapat dan runcing-runcing. Jernih dan biru airnya kurang lebih sama. Area daratan di samping kolamnya, Goa Rangko lebih luas. Tapi kalau luas kolamnya, Goa Rangko lebih melebar, Goa Kristal memanjang. Turun dari mulut goa sampai dasar goa, Goa Rangko lebih mudah karena sudah ada tangga-tangganya.

 

Stalaktit runcing-runcing di Goa Rangko

 

Untuk best time kunjungan, sama dengan Goa Kristal, yakni saat matahari berada di atas, jadi antara jam 11 siang hingga jam 2 atau 3 sore. Karena memang warna biru kolamnya lebih terlihat saat ada sinar matahari masuk dari mulut goa.

 

Warna birunya muncul kalau ada sinar matahari dari atas

 

Kolam di Goa Rangko cukup dalam, jadi yang nggak bisa berenang tapi mau main air, pakailah jaket pelampung yang disediakan pihak perahu. Sayangnya, kamar bilas atau toilet yang ada di luar goa bangunannya bagus tapi kurang terawat, juga nggak ada airnya untuk bilas. Setidaknya begitulah yang MyTrip dapati saat berkunjung Desember 2021 lalu. Tapi kalau sudah ke sini, rugi rasanya kalau nggak berenang dan merasakan sensasi segarnya.

 

Rugi kalau nggak berenang di sini

 

Yuk, kapan Trippers ke Goa Rangko? Untuk private trip ke Labuan Bajo, Trippers bisa hubungi MyTrip di 0811821006.  

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Ifam Teddy, Mayawati NH
Comment