17 SPOT YANG BISA DIKUNJUNGI TN KOMODO, BUKAN CUMA PULAU KOMODO DAN PADAR (Bagian 2) 2022-07-29 00:00

Taka Makassar, pasir timbul di TN Komodo

 

Menurut berita yang beredar, tiket masuk ke Pulau Komodo dan Pulau Padar tetap dinaikkan menjadi Rp3,75 juta per 1 Agustus 2022 meskipun ada penolakan dari para pelaku wisata di Labuan Bajo sebagai kota gerbang masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK). Entahlah bagaimana kelanjutannya. Tapi bagaimanapun, Trippers tetap bisa menikmati TNK karena terrdapat cukup banyak spot menarik selain Pulau Komodo dan Pulau Padar. Berikut 17 spot yang pernah MyTrip kunjungi.

 

Baca bagian 1 di sini.

 

5. PULAU KANAWA

 

Di Pulau Kanawa ada sebuah resor, dan dari atas salah satu bukitnya kita bisa menyaksikan sunrise. Tapi mayoritas wisatawan datang ke sini hanya untuk snorkeling di sekitar dermaganya. Tak perlu jauh-jauh ke tengah snorkeling-nya, karena ikan-ikan banyak berkumpul di bawah dermaga. Apalagi para pemandu biasa membawa roti untuk memancing kerumunan ikan warna-warni di sini. Kalau sudah puas snorkeling dan memberi makan ikan sampai telapak tangan kita dipatuk-patuk ikan, cobalah lompat ke air dari dermaganya. Tapi hanya bisa dilakukan oleh yang bisa berenang ya….

 

 

Baca juga: “Suka Snorkeling? Jangan Lewatkan Pulau Kanawa!

 

6. TAKA MAKASSAR

Inilah Pasir Timbul-nya TN Komodo. Datang ke sini harus ketika air surut. Kalau pasang, pulau pasir yang tak seberapa luas ini tenggelam. Warna pasirnya putih kepink-pink-an. Airnya super jernih! Membuat siapa pun betah berendam lama-lama meskipun matahari sedang terik bersinar.

 

Pasir Timbul Taka Makassar

 

Selain main goler-goleran di pasir dan air, Trippers juga bisa snorkeling di sekitar Taka Makassar. Kalau turunnya di spot yang tepat, Trippers akan melihat terumbu karang yang sehat dan rapat, serta warna-warni. Bikin betah deh!

 

Snorkeling di Taka Makassar

 

Baca juga: “Ngurtafur di Kepulauan Kei: Pasir Timbul Terpanjang dan Bonus Kawanan Pelikan

 

7. MANTA POINT

 

Tak jauh dari Taka Makassar ada spot bernama Manta Point. Yep, sesuai namanya, di sini banyak ikan pari manta atau manta ray. Tapi kalau lagi nggak musim, tak ada seekor pun manta ray yang terlihat. Sebaliknya kalau datang pas musimnya manta, dari atas kapal pun Trippers bisa melihat kawanan manta ray melenggak-lenggok di antara riak gelombang. Lebih afdol tentu nyemplung dan ikut “menari” bersama mereka. Bisa snorkeling, bisa juga diving. Tapi harap diingat, arus di sini cenderung kuat.

 

Baca juga: “Ke Raja Ampat, Cukup dengan Snorkeling, Bisa Melihat Ikan Pari Manta dari Dekat!

 

8. GILI LAWA DARAT

 

Letaknya di sebelah utara Pulau Komodo. Kalah moncer dibandingkan Pulau Padar, padahal keindahannya tak perlu diragukan. Waktu favorit datang ke sini saat sunset maupun sunrise. Untuk melihat kedua atraksi alam tersebut secara paripurna Trippers harus mendaki ke bukitnya. Yang kuat bisa naik hingga ke puncak bukitnya, hiking sekitar 1 jam one way. Tapi jangan kecil hati kalau kalian hanya bisa naik sampai setengah bahkan seperempatnya. Karena pemandangan indah tetap bisa kalian nikmati.

 

Baca juga: “Kalau ke TN Komodo Jangan Cuma ke Pulau Padar, ke Gili Lawa Darat Juga Dong!

 

Bersambung ke sini

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Rafi “Phinisi Helena”
Comment