17 SPOT YANG BISA DIKUNJUNGI TN KOMODO, BUKAN CUMA PULAU KOMODO DAN PADAR (Bagian 3) 2022-07-30 00:00

Main kayak di Long Beach Pulau Padar

 

Menurut berita yang beredar, tiket masuk ke Pulau Komodo dan Pulau Padar tetap dinaikkan menjadi Rp3,75 juta per 1 Agustus 2022 meskipun ada penolakan dari para pelaku wisata di Labuan Bajo sebagai kota gerbang masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK). Entahlah bagaimana kelanjutannya. Tapi bagaimanapun, Trippers tetap bisa menikmati TNK karena terrdapat cukup banyak spot menarik selain Pulau Komodo dan Pulau Padar. Berikut 17 spot yang pernah MyTrip kunjungi.

 

Baca bagian 1 di sini dan bagian 2 di sini.

 

9. LONG BEACH

 

Pantai ini sejak akhir 2018 menggantikan kedudukan Pink Beach di Pulau Komodo yang warna pinknya sudah mulai berkurang. Long Beach sendiri berada di Pulau Padar, di balik pantai yang menjadi dermaga masuk ke puncak Padar, naik speedboat lagi dari situ sekitar 15 menit. Pasir Long Beach memang lebih kentara warna pinknya. Garis pantainya panjang dan landai, sangat nyaman buat goler-goler main air.

 

Pasir pantainya pink, garis pantainya panjang dan landai. Enak buat goler-goler

 

Kalau phinisi yang Trippers sewa punya peralatan kayaking, bisa juga dijajal di sini. Tapi harus hati-hati karena banyak speedboat hilir-mudik. Kalau sudah lelah bermain, tinggal pilih salah satu warung yang berjejer di muka pantai untuk minum air kelapa muda.

 

Kayaking di Long Beach

 

10. PULAU MAWAN

 

Jarang wisatawan yang tahu pulau ini. Memang hampir tidak pernah masuk dalam itinerary island hopping. Padahal, layaknya beberapa pantai di TN Komodo, pasirnya juga agak berwarna pink. Pantainya landai, asyik buat berenang-renang cantik. Bukitnya juga bisa dinaiki untuk melihat pemandangan lekukan pulau dari ketinggian. MyTrip mampir ke pulau ini pada 2012.

 

11. PULAU BIDADARI

 

Pulau Bidadari sempat viral bertahun-tahun lalu karena kabar yang beredar pulau ini dimiliki warga negara asing yang membelinya dari warga lokal. Well, ya padahal orang asing ini hanya mengantongi sertifikat Hak Guna Bangunan, dan memang sah. Dia memanfaatkan tanah yang dibelinya untuk dibangun resor. Wisatawan juga bebas datang ke pulau ini untuk berenang-renang di pantai pasir putihnya ataupun snorkeling. Terumbu karangnya cukup bagus. Pulau ini tak jauh dari Pulau Kelor maupun Labuan Bajo, sekitar 15 menit.

 

12. PULAU SEBAYUR

 

Pulau yang letaknya tak jauh dari Pulau Kanawa ini ada dua, Pulau Sebayur Kecil dan Sebayur Besar. Salah satu yang membuat tambah cantik adalah keberadaan Komodo Resort di sisi selatan Sebayur Besar. MyTrip pernah mampir melihat-lihat resor ini pada April 2017. Kamar-kamarnya berupa bungalow dengan bentuk tradisional dan fasilitas yang cukup mewah. Mengintip tarif kamarnya di online, mulai sekitar Rp4 juta per malam.

 

 

 

Bersambung ke sini

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Agus Widodo, Mayawati NH, Rafi “Phinisi Helena”
Comment