30 BATU UNIK DI RAJA AMPAT. DARI PENGANTIN SAMPAI KELAMIN (Bagian 3-Tamat) 2021-01-22 21:05

Batu Lapis di Misool

 

Di Raja Ampat Papua Barat Trippers bisa menemukan ragam bentuk batu atau pulau karst yang unik-unik. Ada yang menyerupai wajah, binatang, pengantin, sampai alat kelamin pria. Nggak semua pulau atau batu unik itu punya nama. Kalaupun ada, ya dinamai belakangan. Saya mencoba mengumpulkan foto-foto dari belasan kali kunjungan ke Raja Ampat termasuk Misool (kawasan selatan Raja Ampat), dan terkumpulah 30 foto batu unik. Ada beberapa yang saya namai sendiri berdasarkan bentuknya karena memang nggak ada namanya. Nomor 1 sampai 5 berada di Raja Ampat kawasan utara, sisanya semua di Misool yang memang gudangnya batu unik. Ini dia….

 

Cara ke Raja Ampat baca di sini.

 

21. BATU WANITA MURUNG

 

Batu berwarna dominan putih dan tingginya sekitar 2 kali tinggi orang dewasa ini berada di dalam sebuah gua yang berada di Misool. Penampakannya seperti seorang wanita yang sedang duduk murung, termenung. Makanya guanya dinamakan Gua Wanita Murung atau Gua Putri Termenung. Untuk masuk ke dalam gua ini nggak susah dan nggak jauh, hitungan menit aja, tapi harus bawa senter karena gelap.

 

22. BATU WASTAFEL

 

Masih di dalam Gua Wanita Murung, ada batu lain yang menarik perhatian. Bentuknya di mata saya sih seperti wastafel. Jadi ini namanya dari saya aja, hehe. Seingat saya, nggak ada penjelasan khusus soal batu ini.

 

Baca juga: "Udah ke Raja Ampat? Belum Sah Kalau Belum ke Misool (Bagian 1)"

 

23. BATU KASTIL

 

Batu ini juga, saya aja sih yang namain Batu Kastil, soalnya lihat deh 3 bentuk meruncing di pucuk batu seperti kastil kuno ‘kan... Batu ini juga berada di sekitaran Laguna Yapap dan Sunmalelen di Misool.

 

 

24. BATU PATAH

Ini spot baru di Misool, lokasinya di area Gamfi. Namanya sesuai penampakannya, seperti batu yang patah, miring dan bersender pada dinding pulau di sebelahnya. Kita bisa melihat posisi batu yang ‘patah’ ini dari atas speedboat saat melewatinya, dari dua sisi yang berbeda.

 

Penampakan Batu Patah dari arah dalam

 

Penampakan Batu Patah dari arah luar

 

MyTrip merekomendasi untuk naik ke sini karena bagus banget pemandangan di sini maupun melihat pemandangan dari sini. Spot foto menariknya juga banyak, keren lah pokoknya. Naiknya memang butuh usaha, dan harus saat ombak tenang tapi air agak tinggi. Speedboat harus pelan-pelan merapat ke batu ini, dan kita harus langsung melompat naik. Nggak ada pantainya, juga nggak ada fasilitas dermaga ataupun tangga.

 

Salah satu spot menarik di Batu Patah, di depan celah batu yang patah

 

Baca juga: “Spot Instagrammable Baru di Misool Raja Ampat: Batu Patah

 

25. BATU LAPIS

 

Pulau karang mungil yang tak jauh dari Pulau Panun di Misool ini belum ada namanya, saya namain aja Pulau Batu Lapis ya. Belum jadi objek wisata, belum viral, dan mungkin yang sadar akan keberadaaanya hanya yang menginap di Panun Paradise. Padahal kecil-kecil cakep banget ini pulau dengan batu utamanya yang seperti berlapis-lapis. Selengkapnya baca di sini.

 

26. BATU BADAK PAKAI TOPI MINI

 

Batu ini dan batu-batu selanjutnya sampai no. 30 semua berada di Misool, belum ada nama, dan belum jadi tujuan wisata. Hanya akan terlihat kalau mata kita jelalatan sepanjang island hopping di Misool. Nah yang satu ini mirip kepala badak ya…  Dan di ujungnya ada bentuk seperti topi mini. Lucuu…

 

 

27. BATU KAPAL PINISI

 

Nggak persis seperti kapal pinisi, tapi lumayan mirip lah ya. Lokasinya di depan Gua Putri Termenung menuju ke arah Puncak Love Dafalen.

 

28. BATU POHON NATAL ATAU PURA (?)

 

Saya galau mau menamakannya Batu Pohon Natal atau Batu Pura? Lebih mirip mana menurut Trippers? Lokasinya di sekitaran Yapap dan Sunmalelen.

 

 

 

Baca juga: "Memilih Paket Trip ke Raja Ampat, Ini Hal-Hal yang Harus Ditanyakan"

 

29. BATU NANGKRING 1

 

Takjub ya melihat batu seperti ini? Bisa nangkring begitu batunya, dan nggak jatuh. Entah bagaimana proses terjadinya. Kalau Trippers ke Laguna Yapap coba tengok-tengok, cari batu ini deh!

 

30. BATU NANGKRING 2

 

Batu ini nangkring juga tapi dengan posisi yang berbeda dari yang no. 29. Dan saya lupa ini persisnya di mana, yang jelas terlihat dalam perjalanan island hopping di Misool.

 

 

Kalau mau diamati dengan lebih seksama tentu ada banyak lagi pulau-pulau batu unik yang bertebaran di perairan Raja Ampat, khususnya Misool. Trippers juga bisa hunting dan mengumpulkan foto-fotonya versi kalian sendiri. Yuk, kapan ke Raja Ampat? Hubungi saya, Maya The Dreamer di 0811821006 untuk trip ke Raja Ampat yang mengesankan.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Buntoro Sabariman, Hendra Yuwono, Ijul Baso, Indra Franzpower, Mayawati NH, Novindra Christian, Priyo Tri Handoyo, Susanto Ongkowidjaja
Comment
Schimb Parbriz

Oh my goodness! Amazing article dude! Thanks, However I am going through troubles with your RSS. I don't know why I am unable to subscribe to it. Is there anybody having identical RSS issues? Anyone that knows the solution can you kindly respond? Thanks!! https://vanzari-parbrize.ro/

2022-06-03
Vodafone 81 Roam Free Destinations

Why viewers still use to read news papers when in this technological globe all is presented on net? https://telegra.ph/كود-تحويل-رصيد-كاش-09-09

2021-09-10