14 TEMPAT MAKAN & SANTAI SEMI OUTDOOR DI BODETABEK, CIANJUR, BANDUNG, & SUKABUMI (Bagian 2) 2021-04-05 00:00

Bale Bengong di Rumah Tanah Baru Depok

 

Selama pandemi kebanyakan dari kita masih takut makan di restoran ber-AC apalagi yang berada di dalam mal. Tapi hasrat menyantap makanan enak dan kerinduan untuk keluar rumah menikmati udara segar pastinya sudah tak terbendung. Pandemi ini sudah terlalu lama. Maka dengan semangat berbagi informasi, sejak November 2020, dengan menerapkan prokes, MyTrip pun mulai menyambangi beberapa resto, kedai kopi maupun tempat aktivitas santai yang semi outdoor.

 

Bukan hanya menawarkan pemandangan ijo royo-royo dan udara segar, beberapa tempat juga berdandan dengan apiknya. Memajang barang koleksi, menyediakan spot foto Instagrammable, menata taman cantik, bahkan ada yang membuat mini zoo. Betah deh bersantai bersama keluarga di tempat-tempat begini.

 

Cuma 14? Kenapa nggak bikin lebih banyak? MyTrip tak hanya sekadar menyajikan deretan daftar, melainkan berbagi informasi praktis dan terkini dari tempat-tempat yang memang MyTrip kunjungi dan cicipi makanannya. Pun dengan membayar. Nggak ada endorsement. Pemilihannya dilakukan secara acak tapi mewakili wilayah yang ada di sekitar Jakarta. Mariii…..

 

Catatan: Menu-menu yang ditampilkan tentu hanya sebagian. Harga dan jam buka bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Bagian 1 baca di sini.

 

CIBINONG, BOGOR

6. Saung Berkah Resto & Cafe

Posisinya di pinggir jalan raya, tapi menawarkan pemandangan danau dan angin semilir. Jadi pantas saja kalau tempat ini selalu ramai, bahkan di hari kerja sekalipun saat MyTrip datang di jam makan siang.

 

Resto yang menawarkan pemandangan danau dan kolam ikan

 

Meja kursi di bangunan utamanya jarang diminati tamu (kecuali kalau sudah penuh) karena pasti tamu akan langsung menuju ke kiri maupun kanan, tempat saung-saung berderet di atas kolam ikan. Saran MyTrip, kalau mau sebelah-menyebelahnya kosong, atau lebih lowong, mending ambil saung di deretan sebelah kanan. Karena semua tamu mengincar saung di kiri yang langsung menghadap danau. Selain saung, ada juga meja kursi di bawah naungan payung-payung, malah ada juga meja kursi tanpa dinaungi apa-apa tepat di tepi danau.

 

Saung-saung di sebelah kiri yang langsung menghadap danau lebih diminati

 

Satu hal yang patut dipujikan, waktu keluarnya makanan pesanan kita tergolong cepat dan datangnya sekaligus –kalaupun ada jeda antar satu pesanan dan lainnya, tapi nggak lama.

 

Semua menu keluarnya cepat dan nyaris berbarengan

 

Alamat: Jl.Mayor Oking Jaya Atmaja– Jl. HR Lukman No.2 Cirimekar, Cibinong, Kabupaten Bogor. Telp: 0811 9949 111, 021 83727490.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di pintu Citeureup/Cibinong, lalu belok kanan ke arah Cibinong (kalau kiri arah Citeureup). Itu sudah masuk Jl. Mayor Oking, +/-3,2 km restonya akan terlihat di kiri jalan. Alamatnya ditulis Jl. HR Lukman juga karena memang posisinya tepat di hook dua jalan itu.

Jenis tempatnya: Resto & Café tepi danau dengan saung-saung.

 

 

Jam buka: 10.00-21.00 (setiap hari).

Menu utamanya: Masakan Sunda, seafood, aneka kopi.

Menu dan harga: Gurame Terbang Rp102.000, Patin Mangut Rp75.000, Kepiting Jantan Saus Lada Hitam Rp149.000, Sup Tomyam Seafood Rp67.000, Ayam Goreng Rp30.000, Mie/Bihun Goreng Sapi Rp42.000, Kerang Bambu Rebus Rp30.000, Tahu Cabe Garam Rp18.000, Pisang Goreng Keju Rp18.000, Teh Tubruk Gula Batu Rp15.000, Americano Rp18.000, Es Kopi Pandan Rp25.000, Wedang Uwuh Rp30.000, Es Jeruk Rp19.000.

Menu untuk vegetarian: Tahu, tempe, jamur, pisang, singkong, aneka tumis sayuran, karedok.

Parkir: Sangat luas.

Don’t miss it!: Gurame Terbangnya, dan berfoto-foto di tepi danau.

Ada spot berfoto di tepi danau

 

Fasilitas tambahan: Kolam ikan di bawah saung-saung. Bisa beli pakan ikan Rp5.000 per bungkus untuk memberi makan ikan. Anak-anak pasti suka. Tapi tetap diawasi ya saat anak-anak beraktivitas di sekitar kolam ikan.

Anak-anak bisa memberi makan ikan. Harus diawasi ya….

 

Baca juga: "Alternatif Wisata di Jakarta: Kampung Tugu dengan Tradisi Unik, Musik Keroncong dan Kuliner Khasnya"

 

MEGAMENDUNG, BOGOR

7. Alasse Coffee Kitchen Gallery

Lokasinya jauh dari keramaian jalan raya dan banyak pohon besar di dalam kompleknya sehingga menghasilkan suasana teduh dan damai. Coffee bar di dalam bangunan utamanya rapi dan cantik, dengan bagian bawahnya terbuat dari batang-batang kayu tua yang sudah boncel-boncel --tampak kontras dengan suasana ruang yang modern minimalis.

 

Bagian bawah coffee bar berupa batang kayu tua. Di dindingnya ada deretan jendela kayu jadoel

 

Dinding belakang coffee bar juga tak mau kalah, menampilkan deretan jendela kayu jadoel warna-warni. Panjang kalau mau disebutkan ada ornamen apa lagi di ruang utamanya ini. Yang jelas bikin betah, dengan langit-langit miring yang tinggi dan jendela kaca besar-besar serta kursi-kursi bergaya klasik.

 

Suasana seperti ini bikin betah ya….

 

Mau duduk di area outdoor juga bisa, turun ke bawah dari halaman depan. Ada kursi-kursi berundak, maupun meja-kursi lainnya di bawah rindang pohon.

 

Kursi-kursi berundak di outdoor

 

Alamat: Jl.Raya Pasir Angin No.124, Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Telp: 0887 2999 945.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di pintu Taman Safari/Puncak/Bandung. Ikuti Jalan Raya Puncak, tak sampai 10 menit, melewati Warung Goemati, lalu persis setelah jembatan belok kiri tajam ke bawah. Setelah itu lanjut ikuti Google Maps.

Jenis tempatnya: Coffee shop dengan pemandangan hutan, sungai, dan air terjun mini.

 

 

Jam buka: 09.00-21.00 (Senin-Jumat), 08.00-21.00 (Sabtu-Minggu).

Menu utama: Kopi tentunya, juga ada minuman nonkopi dan main course (makanan berat) serta camilan.

Menu dan harga: Es Kopi Alasse Rp28.000, Espresso Long Black Rp25.000, Cappuccino Rp30.000, Artisan Tea Rp30.000, Green Tea Latte Rp28.000, Nasi Goreng Kecombrang Rp38.000, Ayam Betutu Rp38.000, Pisang Goreng Keju Rp25.000, Donat Klasik Rp8.000.

Secangkir kopi dan donat. Slurrrrp

 

Menu untuk vegetarian: Aneka camilan manis maupun asin.

Parkir: Cukup luas.

Don’t miss it!: Duduk atau sekadar berfoto di ruang belakang yang dijadikan tempat makan/minum juga. Suasananya cozy dan asyik di sini.

Ruang di belakang yang nyaman

 

Fasilitas tambahan: Galeri keramik di lantai dua, dan bengkel/workshop keramik.

 

Baca juga: "Beginilah Pengalaman Gowes di KM 0 Sentul Bogor Kala Pandemi"

 

CISARUA, BOGOR

8. The Lake House – Pesona Alam Sedayu Resort & Spa

Begitu kendaraan kita memasuki kawasan Pesona Alam, maka akan terlihat bangunan

berlantai tiga yang berdinding bata merah, mengesankan gaya natural. Mobil bisa diparkir di tepi jalan di sini, dan Trippers bisa memotret dulu The Lake House dari atas sini. Yang terlihat adalah halaman belakangnya dengan kolam atau danau buatan yang dilengkapi beberapa meja kursi yang dibuat seolah-olah nyaris tenggelam. Sementara keteduhan pohon pinus menaungi di sekelilingnya.

 

 

Kalau ingin bersantap sambil bersantai di tengah danau dikenakan minimum bill sebesar Rp500.000 selama 2 jam. Untuk meja lainnya tidak dikenakan minimum pemesanan.

 

Makan di area ini, minimum bill Rp500.000

 

Alamat: Jl.Taman Safari No.101, Tugu Selatan, Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Telp: 0857 7022 7209.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di pintu Taman Safari/Puncak/Bandung. Ikuti Jalan Raya Puncak, baru kemudian belok kanan ke Jl. Taman Safari. Lokasinya di dalam Pesona Alam Sedayu Resort & Spa.

Jenis tempatnya: Restoran di tengah hutan pinus dan ada danau buatannya.

Jam buka: 10.00-20.00 (setiap hari).

Menu utamanya:  Kebanyakan western food, tapi ada menu lokal juga.

Menu dan harga: Beef Burger Rp 55.000, Pepperoni Pizza reguler Rp70.000, Pasta Carbonara Rp 55.000, Fish n Chips Rp50.000, Nasi Bakar Rp 55.000, Ayam Geprek Rp45.000, Mie Bakso Rp45.000, Hot Americano Rp25.000, Cold Cappuccino Rp40.000, Cold Green Tea Rp38.000, aneka juice buah Rp40.000, dessert Rp20.000-35.000.

Menu untuk vegetarian: Pizza Veggie, Egg Sandwich, aneka baked potato, aneka salad.

Parkir: Memadai.

Don’t miss it!: Berfoto dengan latar The Lake House dan danau buatannya, serta berjalan-jalan dan berfoto di tengah rimbunnya pohon pinus.

 

Fasilitas tambahan: Ada resor dan spanya.

 

DEPOK

9. Galeri Keramik F. Widayanto (Rumah Tanah Baru)

Sesuai namanya, galeri ini menjadi ruang pamer keramik-keramik karya F. Widayanto, pematung dengan media keramik. Dan tentunya ada workshop keramiknya yang bisa diikuti siapa pun dengan reservasi terlebih dahulu.

 

Ini tempat workshop keramiknya

 

Tak cuma itu, di komplek seluas 1 hektar yang asri ini terdapat juga penginapan yang disewakan. Ada Rumah Model dua lantai yang interiornya ditata dengan sangat artistik dan apik, dengan kamar tidur cantik dan kamar mandinya pun berseni. Juga ada dapur, ruang makan, ruang tengah, teras, dan bale bengong yang sungguh bikin betah, yang di tiap sudutnya dipajang karya-karya F. Widayanto. Ada juga penginapan berbentuk Lumbung Padi.

 

Ruang-ruang di Rumah Model penuh karya F.Widayanto

 

Menu di Dapur RTB (Rumah Tanah Baru)-nya pun cukup beragam, harganya terjangkau dan rasanya enak. Untuk tempat yang core business-nya bukan F&B, apa yang disajikan di restonya ini melebihi ekspektasi.

 

Dapur RTB

 

Alamat: Jl. Curug Agung No.1, Tanah Baru, Beji, Depok. Telp: 021 7757685.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi lalu lanjut Tol Cijago, keluar di Kukusan Depok, belok kiri sedikit dan langsung menyeberang jalan raya untuk masuk ke Jl. Bungur Raya. Setelah itu ikuti Google Maps.

Jenis tempatnya: Galeri & workshop keramik, penginapan, restoran.

Jam buka: 08.00-16.00 (setiap hari). Jika tempatnya dibuking untuk resepsi, ditutup untuk umum.

Tiket masuk: Rp15.000.

Tarif membuat keramik: Rp50.000 (hanya mendapatkan 1 blok tanah liat untuk dibuat keramik aneka bentuk), Rp145.000 (dapat 1 blok tanah liat, plus karya kita dibakar dan dihias).

 

Kalau bayar Rp50.000 hasil karya kita hanya sampai seperti ini, tidak dibakar dan diwarnai

 

Kalau bayar paket yang Rp145.000 hasil karya kita dibakar dan diwarnai, bisa diambil sekitar 2 minggu setelahnya

 

Menu & harga di Dapur RTB: Nasi Rempah Rp35.000, Pisang Goreng Kalimantan Rp7.500

Es Teh Sereh Rp15.000, Cappuccino Rp15.000.

Parkir: Cukup luas.

Don’t miss it!: Berfoto di Rumah Model terutama di Bale Bengong-nya.

Fasilitas tambahan: Halaman luas untuk pesta kebun.

 

JATISAMPURNA, BEKASI

10. The Joglo Garden

Menu makanannya mengusung konsep The Heritage of Best Indonesian Food. Pilihannya sangat banyak, aneka ikan, seafood, ayam, bebek, burung, sate, mie, camilan, dan juga aneka sambal. Dan surpraisnya, waktu penyajiannya tergolong sangat cepat. Memang sih MyTrip datang saat jam makan siang hari biasa, bukan wiken.

 

 

Bangunan utama komplek restoran yang sangat luas ini berbentuk joglo, dan di halaman sampingnya yang teduh rimbun tersedia beberapa gazebo, meja kursi berpayung dan meja kursi lain yang hanya ‘berpayung’ rindang pepohonan.

 

Suasana tempat makan outdoor

 

Ada juga joglo yang lebih kecil dari joglo utama yang berisi meja kursi kayu besar-besar, yang merupakan ruang VIP berkapasitas sekitar 35-40 orang. Masih ada juga tempat makan unik, yakni rumah pohon berbentuk dome transparan yang berdiri di atas tiang setinggi +/-3 m dari tanah.

 

Rumah pohon berbentuk dome transparan

 

Dan kalau Trippers melihat ada perahu-perahu, itu adalah meja saji yang dipakai kalau ada acara yang menyajikan prasmanan. Ya, resto ini bisa disewa untuk resepsi. Ada perangkat live music juga. Yang utama tentu, tersedia wastafel di beberapa tempat, cukup banyak.

 

Alamat: Jl.Pertamina B No.25, Jatiraden, Jatisampurna, Kota Bekasi. Telp: 021 28672384.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol JORR, keluar di Jatiwarna, lalu belok kanan (exit ketiga di bundaran), menyusuri Jalan Raya Hankam ke arah Ujung Aspal. Sekitar 4,6 km di kiri jalan ada Jl. Pertamina B, masuk ke situ, tinggal ikuti Google Maps, tak sampai 1 km, tempatnya ada di sebelah kanan.

Jenis tempatnya: Resto kebun + kafe + taman bermain anak + mini zoo.

Jam buka: 09.00-21.00 (setiap hari).

Menu dan harga: Nasi Liwet Joglo Rp45.000, Sop Dengkul Sapi Rp49.000, Sate Maranggi Rp50.000, Burung Puyuh Goreng Rp25.000, Karedok Rp22.000, Tempe Mendoan Rp12.000, Jus Pawon Ijo Rp20.000.

 

Nasi Liwet Joglo

 

Sate Maranggi

 

Menu untuk vegetarian: Gado-gado, sayur asem, pete, jengkol, aneka tumis sayuran.

Parkir: Cukup luas, tapi kemungkinan akan sangat padat di hari ramai.

Don’t miss it!: Minuman sehat Jus Pawon Ijo yang terdiri dari campuran sayur pakcoy dan nanas madu, tanpa gula. Juga burung puyuh gorengnya yang gurih.

Jus Pawon Ijo

 

Fasilitas tambahan: Kolam ikan koi, Zoo Café, Mini Zoo (anak-anak bisa naik kuda, melihat rusa tutul, dan mengendarai mobil listrik), Joglo Garden, koleksi motor, rumah singgah berbentuk rumah Betawi.

Joglo Garden yang luas, ramai pengunjung duduk-duduk di sini kalau malam

 

Bersambung ke sini.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Edy Santoso, Mayawati NH, Priyo Tri Handoyo,Wilson Yaptianto
Comment