14 TEMPAT MAKAN & SANTAI SEMI OUTDOOR DI BODETABEK, CIANJUR, BANDUNG, & SUKABUMI (Bagian 3-Tamat) 2021-04-05 07:00

Paket Nasi Liwet di Kebon Babeh yang menggugah selera

 

Selama pandemi kebanyakan dari kita masih takut makan di restoran ber-AC apalagi yang berada di dalam mal. Tapi hasrat menyantap makanan enak dan kerinduan untuk keluar rumah menikmati udara segar pastinya sudah tak terbendung. Pandemi ini sudah terlalu lama. Maka dengan semangat berbagi informasi, sejak November 2020, dengan menerapkan prokes, MyTrip pun mulai menyambangi beberapa resto, kedai kopi maupun tempat aktivitas santai yang semi outdoor.

 

Bukan hanya menawarkan pemandangan ijo royo-royo dan udara segar, beberapa tempat juga berdandan dengan apiknya. Memajang barang koleksi, menyediakan spot foto Instagrammable, menata taman cantik, bahkan ada yang membuat mini zoo. Betah deh bersantai bersama keluarga di tempat-tempat begini.

 

Cuma 14? Kenapa nggak bikin lebih banyak? MyTrip tak hanya sekadar menyajikan deretan daftar, melainkan berbagi informasi praktis dan terkini dari tempat-tempat yang memang MyTrip kunjungi dan cicipi makanannya. Pun dengan membayar. Nggak ada endorsement. Pemilihannya dilakukan secara acak tapi mewakili wilayah yang ada di sekitar Jakarta. Mariii…..

 

Catatan: Menu-menu yang ditampilkan tentu hanya sebagian. Harga dan jam buka bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Bagian 2 baca di sini.

 

TANGERANG SELATAN

11. Marthom Corner

Marthom Corner adalah kedai kopi sekaligus tempat untuk berkreasi bagi semua kalangan. Untuk kopinya sendiri Marthom Corner menjagokan Special House Blend Coffee Indonesia Banget.

 

Marthom Corner dengan ciri khas green house-nya

 

Dibangun di atas tanah seluas 1.000 m2, tempat ini asyik buat nongki-nongki. Coffee bar-nya berada di dalam kontainer ala-ala dari bahan spandex, dilengkapi AC. Di dalam sini hanya ada 2 meja lesehan. Di depan dan samping ruang kontainer disediakan beberapa meja kursi kayu beratap payung pantai. Yang menjadi favorit pengunjung adalah green house yang disulap menjadi ruang dine-in. Jarak antarmeja cukup jauh, atapnya tinggi banget, mengandalkan ‘AC’ alam.

 

Coffee bar-nya berada di dalam kontainer

 

Meja kursi kayu beratap payung pantai

 

Untuk makanan, Marthom menggandeng beberapa tenant. Menunya beragam dan harga cocok dengan kantong pasar menengah ke bawah (berkisar Rp15.000 hingga Rp27.000). Ada “Temen Ngopi” seperti dimsum, singkong goreng, kentang goreng, mendoan. Ada “Makanan Bikin Kenyang” seperti beragam menu masakan Jepang, juga menu populer seperti nasi goreng jawa, mie goreng jawa, spaghetti, beef burger. Juga ada “Tambahan Iseng” seperti kerupuk kulit, emping, rempeyek.  

 

Ada live music juga yang boleh diisi oleh siapa pun yang mau mempersembahkan suara emasnya. Boleh bawa peralatan musik sendiri, pihak Marthom hanya menyediakan gitar dan cajon. 

 

Persembahan live music spontan di Marthom Corner 

 

Alamat: Jl.Masjid, Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Telp: 0896 3580 1276.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol JORR ke arah Serpong, keluar di Pamulang/Ciputat/BSD City. Selanjutnya ikuti Google Maps.

Jenis tempatnya: Kedai kopi yang memanfaatkan green house sebagai ruang utamanya.

Begini suasana di dalam green house

 

Jam buka: 15.00-22.00 (hari kerja), 15.00-23.00 (wiken).

Menu utamanya: Kopi dan minuman kekinian lainnya.

Menu dan harga: Hot Americano Rp12.000, Espresso Rp14.000, Iced Kopi Susu Aren Rp17.000, Vietnam Drip Rp17.000, Iced Taro Latte Rp17.000, Hot Wedang Uwuh Rp15.000, Italiano Gelato 1 Scoop Rp19.000, Dimsum Mozza Rp23.000, Tori Ramen Rp27.000, Nasi Goreng Jawa Rp27.000.

Parkir: Untuk motor di depannya, untuk mobil di lahan kosong di sampingnya.

Don’t miss it!: Iced Kopi Susu Aren-nya mantul!

Fasilitas tambahan: Taman Baca PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Blandongan. Marthom Corner juga bisa direservasi untuk acara ultah, meeting kantor, family gathering dan kegiatan lainnya.

Taman Baca PKBM  Blandongan

 

Baca juga: "Ada Machu Picchu di Cianjur"

 

CIANJUR

12. Kedai Kopi Lim

Kedai ini dibuat seperti warung zaman dulu, bahkan ada tungku. Bukan buat gaya-gayaan, tapi dipake beneran, buat masak air. Untuk masak menu lainnya dilakukan di dalam dapurnya yang sangat resik.

 

Suasana warung zaman dulu yang ditata rapi dan bersih

 

Selain kopi yang diracik sendiri, aneka menu makanan di sini benar-benar menggugah selera karena sangat berani bumbu, memakai bahan-bahan pilihan, dan porsinya besar. Jadi wajar kalau harganya cukup premium karena yang disajikan juga istimewa. Semua menu halal, ada ayam, seafood, telur, kwetiau, mie, bihun.

 

Gazebo-gazebo dan taman bermain anak

 

Tempat makannya juga ada beberapa area. Ada ruang terbuka di bawah bangunan kayu dua lantai yang atasnya penginapan yang disewakan, ada gazebo-gazebo, ada meja kursi di halaman rumput yang ditata apik.

 

Tempat makan di bawah bangunan kayu yang berfungsi sebagai penginapan

 

Alamat: Jl.Perkebunan Maleber, Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Telp: 0811176492.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi , keluar di pintu Taman Safari/Puncak/Bandung. Ikuti Jalan Raya Puncak. Melewati Puncak Pass, lalu Istana Cipanas, Kompas, Perumahan Cipendawa, Perumahan Ciherang, semua di sebelah kanan jalan. Persis setelah itu ada gapura bertuliskan Maleber di sebelah kanan jalan, masuk ke situ. Lalu gang kedua masuk kiri, selanjutnya ketemu gang pertama masuk kanan. Ikuti saja, sudah tak jauh, posisinya ada di sebelah kanan.

Jenis tempatnya: Kedai kopi dan makanan di tengah taman dan kesejukan udara pegunungan.

Jam buka: 09.00-20.00 (setiap hari kecuali Senin tutup).

Menu utama: Chinese food Pontianak style dan aneka kopi.

Menu dan harga: Paket Keluarga (4-5 orang) Rp 495.000-790.000, Ayam Khas Kedai Kopi Lim Rp130.000, Sup Ikan Kakap Asam Pedas Rp295.000, Tahu Jepang Cah Ebi Rp115.000, Sambal Teri Ala Pontianak Rp95.000, Americano Rp40.000, Kopi Pandan Rp45.000, Kopi Klepon Rp45.000, dan ragam minuman nonkopi serta camilan.

 

Sup Ikan Kakap Asam Pedas

 

Menu untuk vegetarian: Aneka cah sayur, telur, lalapan.

Parkir: Tidak terlalu luas tapi memadai.

Don’t miss it!: Sup Ikan Kakap Asam Pedas yang sarat bumbu, merah merona, dengan potongan nanas dan ketimun yang sangat generous dan porsinya juga besar.

Fasilitas tambahan: Villa Golden Phoenix dan kamar-kamar bungalow yang disewakan, kolam renang, sauna, jacuzi, deretan koleksi barang-barang jadoel, taman bermain anak, spot foto Instagrammable.

 

Koleksi barang-barang jadoel, salah satunya pesawat telepon

 

LEMBANG, BANDUNG

13. Pagerwangi Dome

Tempat yang berciri khas bangunan berbentuk dome di tengah hutan ini bukanlah camping ground bagi hardcore campers, tapi lebih didesain sebagai tempat orang piknik dan camping yang dipadukan dengan program-program edukatif dan seni. Di Instagramnya tertulis: Recreation Spot. Picnic/Camp/Chill/Creative Space. Families and creative people welcomed!!

 

Bangunan utama Pagerwangi Dome

 

Tempat seluas 3.000 hektar ini didominasi hamparan rumput luas yang terpelihara serta pohon-pohon pinus, damar, mahoni, surian yang menjulang. Dome-nya difungsikan sebagai perpustakaan.

 

Datang ke sini wajib reservasi dulu karena memang dibatasi jumlah pengunjungnya. Jadi cocok sebagai alternatif tempat pelesir yang tanpa keramaian.

 

Alamat: Jl.Sukanagara, Kampung Gg. Sukatinggal, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Telp: 082216932351 atau 0817611099.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Purbaleunyi/Bandung, keluar di Pasteur. Terus mengarah ke Jl.Dago/Jl.Ir.H. Juanda. Selanjutnya ikuti Google Maps.

Jenis tempatnya: Camping &picnic ground di tengah hutan.

 

Jam buka: 07.00-17.30 (setiap hari).

Tarif untuk piknik:

- HTM: Rp25.000/orang (atau Rp10.000/orang jika <2 jam).

- Parkir: Rp2.000 (motor), Rp10.000 (mobil).

- Parkir khusus di area camping: Rp50.000 (mobil).

Tarif untuk camping:

- HTM: Rp50.000/orang/malam (balita gratis, anak 5-15 tahun diskon 50%).

- Parkir: Rp25.000/mobil/malam.

- Parkir khusus di area camping: Rp100.000/mobil/malam.

Parkir: Cukup memadai.

Don’t miss it!: Bersantai di dalam dome sambil melihat-lihat koleksi bukunya. Juga berjalan hingga ke tepi tebing untuk melihat pemandangan.

Perpustakaan di dalam dome

 

Fasilitas tambahan:

- Vila yang disewakan berupa rumah panggung kayu berkapasitas 4-6 orang. Tarifnya Rp2.500.000/malam.

Rumah panggung yang disewakan

 

- Warung makan yang menjual aneka minuman dan snack kemasan, serta minuman hangat dan menu sederhana yang bisa dipesan.

 

Baca juga: "Panduan Berwisata Aman di Floating Market Lembang Bandung"

 

SUKABUMI

14. Kebon Babeh

Secara resmi sih tempat ini belum dibuka karena masih terus dilakukan pembangunan sarana-sarananya. Posisinya yang agak di atas dari jalanan menawarkan pemandangan luas tak terhalang di depannya. Kalau cerah bisa melihat Gunung Salak, dan Gede-Pangrango sambil duduk di bangunan utama di tengah kebun yang dilengkapi kursi-kursi besi jadoel-nya.

 

Ini bangunan utamanya

 

Untuk ke sini harus reservasi minimal H-2. Menu yang disediakan yakni paket nasi liwet. Jika sedang musimnya, Trippers bisa saja menunggu durian jatuh karena di kebun ini ada pohon duriannya.

 

Sambil makan bisa melihat pemandangan

 

Alamat: Cimonyet, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Sukabumi. Telp: 0812 1899 2000.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, lanjut ke Tol Bocimi, keluar di pintu Cigombong (kalau pintu Cibadak sudah rampung sih keluar di Cibadak). Terus ikuti Jalan Raya Sukabumi sampai Cibadak. Di pertigaan Cibadak belok kanan menuju Jalan Raya Palabuhan Ratu. Kurang lebih 500 m ada Gang Ojek Albayan belok kiri, ikuti saja jalan itu, belok di belokan kiri pertama setelah tanjakan. Ikuti saja sampai ketemu Kebon Babeh di sebelah kanan.

Jenis tempatnya: Kedai kopi + makan di tengah kebun.

Jam buka: 09.00-21.00 (setiap hari).

Menu utama: Paket nasi liwet, kopi, teh, kelapa muda.

Paket nasi liwet

 

Menu untuk vegetarian: Bisa direkues.

Parkir: Terbatas tapi memadai.

Don’t miss it!: Tentu nasi liwetnya yang maknyusss!! Dijamin bakal nambah deh makannya. Dan cobalah menyeberang ke arah persawahan dan berfoto dengan latar pegunungan di belakangnya.

Sepiring nasi liwet dan aneka lauknya

 

Berfoto di persawahan di seberang Kebon Babeh

 

Fasilitas tambahan: Camping ground, kolam ikan, dan tentunya kebon kopi.

 

Baca juga: "7 Objek Wisata Wajib di Geopark Ciletuh Sukabumi"

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, PriyoTri Handoyo, Yuliana Rijanto
Comment