14 TEMPAT MAKAN & SANTAI SEMI OUTDOOR DI BODETABEK, CIANJUR, BANDUNG, & SUKABUMI (Bagian 1) 2021-04-04 20:00

Spot foto epik di Villa Aman D’Sini

 

Selama pandemi kebanyakan dari kita masih takut makan di restoran ber-AC apalagi yang berada di dalam mal. Tapi hasrat menyantap makanan enak dan kerinduan untuk keluar rumah menikmati udara segar pastinya sudah tak terbendung. Pandemi ini sudah terlalu lama. Maka dengan semangat berbagi informasi, sejak November 2020, dengan menerapkan prokes, MyTrip pun mulai menyambangi beberapa resto, kedai kopi maupun tempat aktivitas santai yang semi outdoor.

 

Bukan hanya menawarkan pemandangan ijo royo-royo dan udara segar, beberapa tempat juga berdandan dengan apiknya. Memajang barang koleksi, menyediakan spot foto Instagrammable, menata taman cantik, bahkan ada yang membuat mini zoo. Betah deh bersantai bersama keluarga di tempat-tempat begini.

 

Cuma 14? Kenapa nggak bikin lebih banyak? MyTrip tak hanya sekadar menyajikan deretan daftar, melainkan berbagi informasi praktis dan terkini dari tempat-tempat yang memang MyTrip kunjungi dan cicipi makanannya. Pun dengan membayar. Nggak ada endorsement. Pemilihannya dilakukan secara acak tapi mewakili wilayah yang ada di sekitar Jakarta. Mariii…..

 

Catatan: Menu-menu yang ditampilkan tentu hanya sebagian. Harga dan jam buka bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Baca juga: "Ini Dia Rute Trekking di Sentul yang Bukan Kaleng-Kaleng"

 

SENTUL, BOGOR

1. Kampung Koneng

Di website resminya disebutkan, Resto Alam Keluarga Kampung Koneng ini menyajikan menu masakan khas kampung, dan memposisikan diri sebagai restoran keluarga yang bersuasana asri. Beberapa menu andalannya disajikan lengkap bersama sambal merah dan hijau.

 

Selain bangunan utama dengan meja kursi, juga ada gazebo besar maupun kecil dengan sistem lesehan, juga gazebo depan dengan bean bag chairs. Semua bangunan terbuat dari kayu dan bambu. Juga ada outlet khusus kopi dan ice cream gelato. Dan saat pas musimnya juga menjual duren.

 

Gazebo depan dengan bean bag chairs

 

Di bagian belakang bangunan utama terhampar pemandangan lembah. Sementara di bagian depan dekat pintu masuk disediakan beberapa spot foto di antaranya becak dan pondokan kecil berjembatan.

 

Alamat: Jl.Tapos RT 03 RW 04 Bojong Koneng, Sentul Selatan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Telp: 0858 0054 2111, 0858 0059 2111.

Jenis tempatnya: Resto kebun bernuansa kampung dengan gazebo-gazebo.

Salah satu gazebo lesehan di Kampung Koneng

 

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di pintu Sentul Selatan, lalu belok kiri ke arah Sentul City. Setelah melewati Taman Budaya Sentul beberapa puluh meter ada belokan ke kanan, nah masuk ke situ, tinggal ikuti jalan agak menanjak, berliku dan cukup sempit. Posisinya di kanan jalan.

Jam buka: 09.00-17.00 (Senin-Jumat), 09.00-19.00 (Sabtu-Minggu).

Menu utama: Masakan Sunda.

Menu dan harga: Sate Tulang Rp40.000, Nasi Liwet Komplit Rp60.000, Nasi Goreng Kampung Komplit Rp40.000, Ayam Cemong Rp35.000, Tumis Genjer Rp30.000, Karedok Rp35.000, aneka pepesan per porsi Rp25.000, aneka camilan per porsi Rp25.000, Teh Poci Rp35.000, Kelapa Batok Rp30.000, Jus Durian Rp40.000.  

 

Sate Tulang

 

Menu untuk vegetarian: Jajaburan (rebusan singkong, ubi, pisang, kacang tanah), tahu, tempe, roti bakar, urab, aneka tumis sayuran, jengkol, gado-gado, karedok.

Parkir: Tidak terlalu luas, mungkin agak padat di jam-jam ramai.

Don’t miss it!: Sate Tulang (basisnya daging ayam, bukan sapi seperti yang diduga banyak orang).

Fasilitas tambahan: Wahana bermain anak di halaman tengah, ada ayunan, jungkat-jungkit, perosotan.

Wahana bermain anak di Kampung Koneng

 

2. Villa Aman D’Sini

Tempat satu ini sangat nge-hype di kalangan pehobi foto selfie karena memang dari terasnya kita bisa memandang Gunung Pancar, Gunung Salak dan Curug Bidadari. Ditambah framing berupa dua pohon kamboja di sekitar infinity pool yang mempercantik hasil foto.

 

Terdapat bangunan dominan kaca yang bernuansa modern, di sisi kanan kolam renang, itu penginapannya. Sedangkan restonya sendiri baik indoor maupun teras terbuka ada di sayap kiri kolam renang. Tapi kalau nggak hujan dan cuaca bersahabat, pengunjung biasanya lebih suka menempati meja-kursi yang ada di teras terbuka depan kolam renang.

 

Teras terbuka dengan view Gunung Pancar

 

Alamat: Kp. Garungsang Pasir RT 01/07 No.64 Bojong Koneng, Sentul Selatan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Telp: 0816 1113 964.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar tol Sentul Selatan, lalu belok kiri ke arah Sentul City. Setelah melewati Taman Budaya Sentul beberapa puluh meter ada belokan ke kanan, nah masuk ke situ, tinggal ikuti jalan agak menanjak, berliku dan cukup sempit. Posisinya di kiri jalan.

Jenis tempatnya: Objek wisata dengan konsep resto kebun + vila + infinity pool + view lembah & gunung.

Jam buka: 08.00-18.00 (setiap hari).

Tiket masuk: Rp50.000 (dapat digunakan untuk membeli makanan/minuman di sini).

Menu dan harga: Paket Sop Buntut Rp105.000, Nasi Daun Jeruk Rp115.000, Paket Ayam Rp99.500, Oseng Toge Ikan Asin Rp40.000, Pisang goreng Rp38.000, aneka juice buah Rp32.000, Hot Coffee Rp32.000, Iced Coffee Rp35.000.

 

 

Menu untuk vegetarian: Oseng Kangkung, Oseng Oncom Leunca, Karedok, Fench Fries, aneka gorengan.

Parkir: Cukup luas dan memadai.

Don’t miss it!: Berfoto di angle epik sejuta umat di depan kolam renang dengan latar gunung dan framing dua pohon kamboja melengkung yang saling bertemu plus dua tempayan di kiri-kanan.

Fasilitas tambahan: Villa yang terdiri dari 4 kamar tidur terpisah satu dan lainnya. Serta lapangan rumput luas yang bisa dijadikan tempat pesta kebun ataupun team building.

 

Baca juga: "11 Curug di Bogor Beserta Tingkat Kesulitannya"

 

DRAMAGA, BOGOR

3. Rumah Kopi Ranin

“Setiap Seduhan Merayakan Persahabatan” tertulis besar-besar di konter pemesanan dan kasir di pendopo utama bergaya Jawa yang tak berdinding alias terbuka. Tempat ini berkomitmen menyajikan aneka kopi Nusantara grade speciality dan terus berinovasi. Biji kopi dibeli langsung dari petani di daerah, lalu diolah dan diracik sendiri.

 

Tempat dine in di pendopo utamanya

 

Jangan khawatir soal urusan perut, karena selain kopi, Rumah Kopi Ranin juga menyediakan menu makanan, nggak banyak macamnya memang, tapi memuaskan. Paket Nasi Sayur Lodeh-nya misalnya, yang terdiri dari sayur lodeh di mangkuk kecil, ayam goreng, ikan asin, sambal matah dan gado-gado, bener-bener bikin gemes, karena enak dan porsinya nggak banyak. Camilan juga ada.

 

Bangunan utamanya berupa pendopo di tengah lahan terbuka kebun kopi dan persawahan. Meja kursi selain di pendopo, juga digelar di halamannya, terbuka tanpa atap. Menciptakan suasana seperti di rumah dan desa penghasil kopi.

 

Pendopo di tengah lahan terbuka kebun kopi dan persawahan

 

Alamat: Jl.Alternatif IPB KM.6, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Telp: 0251 8473223.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, pilih pintu Sentul Selatan/Lingkar Bogor/Kedung Halang tapi jangan keluar, melainkan sambung ke Tol Lingkar Luar Bogor, keluar di Yasmin/Dramaga. Setelah itu ikuti Maps aja ya…  Ancer-ancer lokasinya nggak jauh dari Situgede dan Hutan Cifor Bogor Barat. Dari Cifor masih masuk lagi sekitar 1,6 km melewati jalan kecil yang hanya ngepas jika dua mobil saling berpapasan.

Jenis tempatnya: Kafe kebun.

Jam buka: 11.00-18.00 (Senin-Jumat), 09.00-18.00 (Sabtu-Minggu).

Menu utama: Aneka kopi + paket nasi.

Menu dan harga: Iced Coffee Latte Rp40.000, Kopi Susu Drip Hot/Cold Rp30.000, Cappucinno Hot/Cold Rp35.000, Teh Hijau Rp30.000, Nasi Sayur Lodeh Rp40.000, Nasi Ayam Geprek Rp40.000, Bubur Sumsum Rp25.000.

 

Paket Nasi Sayur Lodeh

 

Menu untuk vegetarian: Tempe Mendoan, Tahu Gejrot, Pisang Goreng, Singkong Goreng.

Parkir: Cukup luas, ada tanah kosong di sebelahnya untuk parkir mobil. Untuk motor parkir di bagian depan.

Don’t miss it!: Masuk ke Galeri Rasa di sebelah konter kasir yang memajang dan menjual aneka kopi kemasan 250 gr. Dengarkan penjelasan dan cerita-cerita dari ahlinya kopi di situ.

Aneka kopi di Galeri Rasa

 

Fasilitas tambahan: Perlengkapan pengolahan kopi, dan pengunjung bisa melihat prosesnya, bahkan mencobanya.

 

4. Pintu Rasa

Yang ‘dijual’ di sini adalah pemandangan ke arah Gunung Salak terutama jam 3 sore ke atas saat cuaca cerah. Pemandangan ini bisa dilihat dari area utama resto yang setengah terbuka. Atau ada pilihan duduk di teras depannya yang ditata apik.

 

Ruang dine in utama, setengah terbuka

 

Duduk di teras depan sambil menikmati pemandangan

 

Interiornya dipenuhi aneka koleksi barang jadoel termasuk bangku sekolah, pesawat telepon, payung kertas, lampu petromax dan banyak lagi. Tempatnya bikin betah, apalagi ditambah lantunan musik pilihan yang diperdengarkan dengan volume yang bersahabat di telinga. Banyak banget lah pokoknya sudut cantik buat berfoto. Makanya datanglah sebelum jam makan supaya belum banyak orang dan bisa leluasa berfoto. Sekaligus juga supaya perut tetap tenang saat menunggu makanan pesanan kita muncul yang memang memakan waktu agak lama. Porsi makanannya tergolong kecil, jadi bersiaplah nambah pesanan camilan.

 

Salah satu sudut Instagrammable

 

Alamat: Jl.Cilubang Mekar No.8 RT 01 RW 08 Situgede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Telp: 0882 98636917.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, pilih pintu Sentul Selatan/Lingkar Bogor/Kedung Halang tapi jangan keluar, melainkan sambung ke Tol Lingkar Luar Bogor, keluar di Yasmin/Dramaga. Setelah itu ikuti Maps aja ya… Lokasinya masih satu jalur dengan Rumah Kopi Ranin. Jadi dari Cifor sekitar 600 m ketemu Pintu Rasa dulu, maju terus +/-1 km barulah ketemu Kopi Ranin.

Jenis tempatnya: Restoran bertema vintage klasik yang punya teras dan halaman tengah yang teduh untuk tempat makan juga.

Nuansa vintage sudah terasa dari sebelum masuk

 

Jam buka: 10.00-20.00 (setiap hari, kecuali Senin tutup).

Menu utama: Masakan Sunda + kopi.

Menu dan harga: Paket Ngariung 4 Rp240.000, Nasi Kerucut Ayam Goreng Rp35.000, Karedok Rp20.000, Ikan Nila Goreng Rp20.000, Bakso Kuah Rp30.000, Pisang Goreng Rp25.000, Jeruk Peras Rp23.000, Es Kopi Susu Aren Rp25.000, Es Cappuccino Rp25.000.

 

Pisang goreng dan pemandangan ijo royo-royo

 

Menu untuk vegetarian: Nasi Telor Ceplok, Nasi Karedok, Sayur Asem, Donat Mini.

Parkir: Luas, sangat memadai.

Don’t miss it!: Wajib banget melihat-lihat seluruh area, kecuali bagian penginapan yang hanya diperuntukkan bagi yang menginap.

Fasilitas tambahan: Restoran ini bangunannya 3 lantai, bagian atas difungsikan sebagai penginapan.

 

PANCAWATI, BOGOR

5. Kopi Daong

Tempat ini terdiri dari 5 bagian: paling depan adalah Daong Express yang buka lebih dulu yakni jam 8 pagi, lalu Kopi Daong yang menjual hanya kopi dan minuman lain, berikutnya Piring Daong yang menjual makanan berat, terus lagi ke belakang ada Pasar Daong yakni deretan gerobak/outlet yang menjual camilan (penjualnya berkeliling menawarkan, jadi Trippers bisa pesan saat duduk-duduk menyeruput kopi maupun sedang makan), dan yang paling belakang adalah Daong Signature yang merupakan pojok VIP yang mesti direservasi sebelumnya.

 

Piring Daong, di depannya ada gardu pandang berbentuk kastil mini

 

Daong Signature menempati area agak ke belakang

 

Semua bagian menyediakan meja-kursi di indoor, setengah indoor maupun outdoor dengan kerindangan pohon pinus yang meneduhkan. Di bagian Kopi Daong malah ada area berkarpet hijau dengan beberapa meja pendek untuk lesehan, dan tentunya masuk ke sini harus melepas alas kaki. Pokoknya areanya luas, meja-kursinya banyak.

 

Area dine in setengah indoor maupun outdoor

 

Alamat: Jl.Caringin-Cileungsi, Kampung Cipare, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Telp: 0251 8292636, 0878 3506 7370.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di pintu Ciawi/Lido/Sukabumi bisa. Tapi berhubung sudah ada Tol Bocimi, jangan keluar di Ciawi, lanjut  aja, dan keluar di Caringin/Cikereteg/Cijeruk. Setelah itu belok kiri ke jalan raya, lalu belok kanan masuk ke Jl. Pasar Cikereteg, tinggal ikuti saja Google Maps ya.

Jenis tempatnya: Resto & kafe di tengah hutan pinus plus ecopark.

 

 

Jam buka: 09.00-21.00 (setiap hari).

Menu utama: Kopi tentunya di bagian Kopi Daong, dan paket nasi serta western food di bagian Piring Daong dan Daong Signature.

Menu dan harga: Es Kopi Daong Rp31.000, Es Kopi Beuh Rp31.000, Paket Hemat (nasi, 1 lauk, 1 sayur, sambal) Rp38.000, Ayam Geprek Sambal Matah Rp45.000, aneka roti bakar/goreng Rp18.000.

Paket Hemat

 

Menu untuk vegetarian: Aneka pancake, aneka roti bakar/goreng, aneka waffle, pisang goreng.

Parkir: Sangat luas.

Don’t miss it!: Berfoto-foto cantik dengan latar deretan pohon pinus.

 

 

Fasilitas tambahan: Gardu pandang berbentuk kastil mini yang bisa menjadi tempat foto Instagrammable, Tempat Bermain Anak, Photo Booth, Wahana Berkuda Daong Ecopark, Ruang Meeting, Rumah Gadang Kopi Daong.

 

Bersambung ke sini.

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Edy Santoso, Lillyana Dewi, Mayawati NH, Wilson Yaptianto
Comment
Lupe

free slot game with bonus feature - https://www.facebook.com/Instant-Withdrawal-Casinos-Online-Deposit-No-Download-Casinos-104505482039208 - deposit golden arch casino Search Tags: High roller online casino free poker games online cirrus casino deposit bonus codes 2021 vegas villa free money

2021-11-03