ITINERARY EKSPLOR SARANGAN-TAWANGMANGU-BAWEN-SEMARANG 4 HARI (Bagian 2-Tamat) 2023-02-15 21:40

Wahana foto andalan di Eling Bening di Bawen

 

Adanya Tol Trans Jawa benar-benar membuat jarak doesn’t matter. Dari Jakarta ke perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur, tepatnya Magetan, misalnya, ditempuh hanya 10 jam, sudah termasuk berhenti untuk sarapan, toilet rest, makan siang dan ngopi-ngopi cantik. Jalan-jalan eksplor Jawa jadi menyenangkan. Liburan keluarga murah-meriah menjadi banyak pilihan. Ya karena banyak sekali tempat menarik di Jawa. Yang sudah lama ada maupun yang baru bermunculan.

 

Awal Februari 2023 lalu MyTrip kembali melakukan perjalanan 4 hari eksplor Jawa. Rutenya: Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan, Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar, Bawen di Kabupaten Semarang dan Kota Semarang. Rute ini sudah mempertimbangkan efisiensi dari segi jarak satu dan lainnya. Silakan dicoba dan dimodifikasi sesuai kesukaan Trippers.

 

Bagian 1 baca di sini.

 

HARI 3. TAWANGMANGU-BAWEN

- Cari sarapan pecel di sekitar pasar Tawangmangu, ada yang jual di pinggir jalan. Jangan kesiangan karena cepat habis.

- Hari ini tujuannya ke beberapa objek wisata di Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang, yang berdekatan dengan Kota Salatiga.

- Masuk tol ke arah Semarang tapi keluar di Bawen/Ambarawa/Magelang.

- Tujuan pertama: Dusun Semilir. Total perjalanan dari Tawangmangu ke sini 2 jam. Ini adalah theme park yang menyediakan banyak sekali outlet jajanan. Wahana buat main-mainnya antara lain Prosotan Pelangi, ATV, Dusun Salju. Ada juga animal feeding. Mau foto-foto dengan ‘bintang Korea’ di Gangnam Street, atau foto serasa di Eropa di Alun Eropa. Tiket masuk: Rp30.000 (Senin-Jumat), Rp40.000 (Sabtu-Minggu). Kalau mau puas sih, 2 jam juga belum tentu cukup.

 

Prosotan Pelangi di Dusun Semilir

 

Alun Eropa di Dusun Semilir

 

- Tak jauh dari Dusun Semilir ada Eling Bening. Hanya berjarak 10 menit berkendara. Begitu masuk, bayar tiket masuk Rp30.000 plus untuk mobil Rp10.000, Trippers akan lebih dulu melihat restorannya yang megah, bergaya Eropa. Makan siang dulu di sini sambil memandang Rawa Pening. Atau sebelum sampai di Eling Bening, mampir dulu di Bebek Goreng Pak Eko Bawen.

- Eling Bening memiliki wahana foto andalan berbentuk perahu naga berwarna putih dengan latar pemandangan Rawa Pening. Kalau cuaca pas cerah beberapa gunung terlihat dari sini. Kolam renang juga ada. Wahana foto lainnya di antaranya sayap bidadari, tangga-tangga, ayunan, dll. Udaranya sejuk, asyik untuk bersantai.

 

Kolam renang di Eling Bening, menghadap Rawa Pening

 

Tangga-tangga buat berfoto

 

- Kalau masih ada waktu sebelum sore, bisa mampir lagi ke Saloka Theme Park, sudah masuk Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Atau Goa Rong View.

- Atau bosan kalau ke theme park lagi, pilihan lainnya yang satu rute adalah Kampoeng Kopi Banaran dan Banaran Sky View (restoran with a view).

- Malam ini menginap di Paradijs van Java di Dusun Lopait Kecamatan Tuntang. Laksana vila pribadi dengan kolam renang di bagian tengahnya. Pilihan vilanya: Cottage Joglo, Deluxe Room, Family Room yang jumlahnya sangat terbatas. Suasananya homey dan sangat menyenangkan. Dari sini terlihat Rawa Pening dan Gunung Merbabu.

 

Paradijs van Java, suasana kamar Cottage Joglo

 

Paradijs van Java di waktu malam

 

Baca juga: “Jelajah Salatiga, Salib Putih dan Bu Toha

 

HARI 4. BAWEN-SEMARANG-JAKARTA

- Jangan buru-buru check out dari Paradijs van Java. Pertama, sarapannya enak dan lengkap sampai ada ragam camilan. Kedua, sayang kalau tempat secantik ini ditinggal cepat-cepat.

 

Suasana homey di Paradijs van Java

 

- Jam 11 barulah check out. Dari Paradijs van Java ke Kota Salatiga sebenarnya cukup dekat, maksimal 30 menit berkendara sudah sampai, tapi jadi menjauh lagi. Di Salatiga bisa makan siang Ayam Goreng Bu Toha, Soto Seger Boyolali, Sate Sapi Suruh, dan banyak lagi.

- MyTrip memilih tidak ke Salatiga tapi langsung menuju Kota Lama Semarang, lewat tol tentunya. Keluar di Ps. Johar/Kota Lama/St.Tawang/Poncol. Dari exit tol, Kota Lama Semarang sudah dekat. Total durasi dari Paradijs van Java +/-45 menit.

- Puas melihat-lihat dan berfoto-foto di Kota Lama Semarang (highlight-nya: Spiegel Bar & Bistro, Gereja Blenduk, KM 0 Semarang, kami lanjut makan siang di Soto Bokoran Jl. Plampitan.

 

Spiegel Bar & Bistro

 

Gereja Blenduk

 

KM 0 Semarang

 

Soto Bokoran

 

- Hari masih panjang, tapi kami memilih langsung menuju Jakarta (tepatnya Bekasi) usai makan siang, masuk tol.

- Jangan lupa mampir di Rest Area Heritage KM 260 Banjaratma di Brebes. Beli telur aisn sebagai oleh-oleh. Ada varian rebus, bakar, oven, pindang, bawang. Telur asinnya memang top.

 

Rest Area Heritage KM 260 Banjaratma 

 

- Kalau Trippers masih belum puas, tentu dalam perjalanan pulang masih bisa mampir misalnya di Brebes atau Cirebon. Terserah, diatur saja sesuai preferensi.

 

Selamat mengeksplor Jawa nan indah permai….

 

Baca juga: “Pengalaman ‘Gocapan’ di Kota Semarang

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Bodinanda NH, Mayawati NH
Comment