ALUN-ALUN PANCASILA, SALATIGA PUNYA 2022-05-04 07:40

Tugu pahlawan di Alun-Alun Pancasila Salatiga

 

Kota Salatiga yang berada di Jawa Tengah, tepatnya di lereng Gunung Merbabu, berhasil menarik perhatian banyak orang. Kota yang terlihat damai dan bersih serta tertib ini mengalahkan sejumlah kota lainnya di Pulau Jawa dalam hal keindahan. Predikat sebagai kota terindah di Jawa Tengah pernah disandangnya pada zaman Kompeni, dengan julukan De Schoonste Stad van Midderi Java yang artinya kota terindah di Jawa Tengah. Belakangan, setelah Tol Trans Jawa rampung, Salatiga juga memiliki gerbang tol terindah di KM 459 dengan latar Gunung Merbabu.

 

Baca juga: “Daftar Rest Area dan Landmark Sepanjang Tol Trans Jawa

 

Faktor paling dominan yang menjadikan kota ini indah adalah nuansa alam yang begitu memesona, juga udara sejuk yang begitu terasa hampir di setiap sudut kota ini. Nah, pemandangan indah dan udara sejuk juga bisa dirasakan di alun-alun Kota Salatiga yang disebut dengan Alun-Alun Pancasila.

 

Baca juga: “Jelajah Salatiga, Salib Putih dan Bu Toha

 

Alun-alun ini mulai dibuka untuk umum pada 22 Januari 2020 --yap, baru dua tahun yang lalu. Selain nuansa alam yang kuat, Alun-Alun Pancasila juga memiliki desain yang begitu memukau dengan dilengkapi landmark atau penanda kota bertuliskan Pancasila Alun-Alun Salatiga yang berbahan lampu LED. Tak hanya itu, di sana terdapat pula tugu, monumen, taman rumput, tempat bermain anak-anak, dan jogging track.

 

Pancasila Alun-Alun Salatiga

 

Pemandangan serta suasana asri di Alun-Alun Pancasila tak hanya cocok dinikmati ketika pagi dan sore hari, malam hari pun tempat ini terlihat indah berkilau. Tak sekadar alun-alun, tempat ini sekaligus mengingatkan pengunjungnya tentang para pahlawan yang berasal dari Kota Salatiga, dengan dibangunnya tugu yang menampilkan tiga sosok pahlawan. Yakni Brigjen Sudiarto, Laksamana Madya Yosaphat Soedarso (Yos Soedarso), dan Marsekal Muda Agustinus Adisoetjipto yang merupakan bapak penerbangan pertama Indonesia. Wah, keren, ya…

 

Tunggu apa lagi, jangan lewatkan tempat indah ini jika Trippers sedang berkunjung ke Jawa Tengah. Trippers juga bisa menikmati aneka kuliner atau jajanan yang tersebar di sekeliling Alun-Alun Pancasila dengan ragam harga yang terjangkau. Tak diragukan lagi, menikmati suasana yang asri, memandang hijaunya rumput sambil bersantai ditemani camilan adalah hal yang disukai banyak orang untuk mengistirahatkan tubuh serta pikiran. Satu lagi, Alun-Alun Pancasila ini sangat cocok dijadikan spot foto yang Instagrammable, lho.

 

Taman rumput di Alun-Alun Pancasila

 

Nah, Alun-Alun Pancasila ini bisa ditemukan di Jalan Ahmad Yani No. 100, Kalicacing, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Berbatasan dengan Kantor Pemkot Salatiga dan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Salatiga di sisi timur, dan masjid serta kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

 

Baca juga: “Kali Kedua Salatiga: Melihat Atap Mansard dan Cicip Tempe Semangit

 

Kota Salatiga dapat dicapai dari Jakarta melalui jalan Tol Trans Jawa sepanjang kurang lebih 470 km, dengan durasi berkendara 6 jam jika kondisi lalu lintas lancar. 

 

 

Teks & Foto: Ira Wendah
Comment