INI DIA TEMPAT TERBAIK MENIKMATI SUNSET DENGAN LATAR GUNUNG DI LEMBATA NTT 2023-03-19 00:00

Pantai Hadakewa di Lembata, berlatar Gunung/Ile Lewotolok

 

Kabupaten Lembata yang berada di Pulau Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki banyak sekali pantai cantik dan unik, salah satunya Pantai Hadakewa di Desa Hadakewa Kecamatan Lebatukan. Jaraknya yang cukup dekat dari Kota Lewoleba (ibu kota Kabupaten Lembata), yakni 16 km ke arah timur dengan waktu tempuh berkendara 25-30 menit saja, membuatnya jadi tujuan piknik favorit warga Lembata. Apalagi posisinya di Teluk Hadakewa, diapit sebelah kiri oleh Gunung/Ile Lewotolok dan sebelah kanan oleh Perbukitan Nuhanera, menjadikannya tempat terbaik memandangi Ile Lewotolok, salah satu gunung berapi di Lembata.

 

Tempat terbaik memandangi Ile Lewotolok

 

Baca juga: “Segeralah ke Lembata Sebelum Viral

 

Tadinya Pantai Hadakewa ya hanya pantai saja, tapi sejak diresmikan pada tanggal 7 Maret 2021 dan dikelola dengan baik oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pantai ini menawarkan aneka fasilitas, salah satunya wahana outbond. Area parkirnya juga sangat luas, di seberang jalan. Begitu memasuki area pantainya, Trippers akan melewati gerbang kayu yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk lorong cantik. Tambah cantik saat lampu-lampu sudah dinyalakan. Pastilah semua pengunjung akan berhenti dan berpose-pose dulu di sini.

 

Lorong cantik untuk masuk ke Pantai Hadakewa

 

Lorongnya tambah cantik saat lampu-lampunya menyala

 

Pantai Hadakewa cocok dikunjungi menjelang senja. Sebelum gelap menyapa, Trippers bisa snorkeling di depan bibir pantai. Alat snorkeling dan life jacket disewakan. Terumbu karangnya cukup sehat dan cantik, ada juga kawanan ikan-ikan kecil. Kamar bilas disediakan, jangan khawatir.

 

Snorkeling di Pantai Hadakewa

 

Rombongan MyTrip saat snorkeling di Pantai Hadakewa

 

Baca juga: "Serunya Ikutan Bertransaksi di Pasar Barter Wulandoni di Lembata NTT"

 

Tapi bagi yang nggak mau basah-basahan, cukup duduk-duduk santai di kursi-kursi kayu yang disediakan pihak kafe yang ada di pantai ini. Pesan teh, kopi, makanan kecil maupun makanan berat yang harganya sangat bersahabat, sambil mengobrol dan menunggu matahari terbenam dari sisi barat yang ada di sebelah kiri pantai. Sementara perlahan Ile Lewotolok nan gagah mulai menggelap, disapu semburat jingga dari sinar matahari.

 

Duduk santai menikmati senja di Pantai Hadakewa

 

Ile Lewotolok saat masih terang

 

Matahari sudah bersiap menghilang di balik cakrawala dan Ile Lewotolok menggelap

 

Baca juga: "Ada BCL di Lembata? Iya, Bukit Cinta Lembata"

 

Di sebelah kanan ada dermaga yang cukup panjang, bisa dijadikan sarana berfoto dengan latar matahari terbenam dan Ile Lewotolok. Saat rombongan MyTrip datang Juni 2022, tengah bersandar perahu milik BUMDes yang memiliki bilah-bilah kayu penyeimbang di kanan-kirinya juga tali-tali yang disimpul di kedua tiang perahu. Menjadi latar yang sangat cantik untuk berfoto. Apalagi posenya melompat ke air!

 

Dermaga panjang di sisi kanan pantai

 

Berpose-pose di dermaga

 

Melompat ke air

 

Spot foto lainnya berada di sebelah kiri pantai, berupa teras bertuliskan HADAKEWA besar-besar. Di belakangnya tepat berdiri gagah Ile Lewotolok. Yang suka memotret pasti betah berlama-lama di Pantai Hadakewa.

 

Teras bertuliskan HADAKEWA

 

Teras bertuliskan HADAKEWA

 

Teras bertuliskan HADAKEWA

 

Baca juga: "Yuk Mengenal Tradisi Perburuan Paus di Lamalera Lembata"

 

Ingin menikmati sore yang menyenangkan di Pantai Hadakewa? Yuk ikut open trip ke Lembata bersama MyTrip tanggal 29 April-6 Mei 2023. Hubungi 0811821006 untuk info lebih detail.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Hendra Yuwono, Mayawati NH, Suhari, Teo Liam Pheng, Dok. MyTrip
Comment