MAU MELIHAT GUNUNG MERAPI DARI DEKAT TANPA MENDAKI? KE BUKIT KLANGON AJA… 2023-08-27 00:45

View Merapi di Bukit Klangon, Cangkringan, Sleman

 

Pemandangan Gunung Merapi dengan bagian puncaknya yang menganga lebar sering hilir-mudik di media sosial, mengundang decak kagum sekaligus rasa penasaran. Bisa dilihat dari manakah pemandangan itu? Apakah kita harus mendaki untuk bisa mendapatkan best view Merapi tersebut? Jawabannya sangat melegakan: tidak perlu mendaki, cukup naik mobil, turun di parkiran, dan pemandangan Merapi mangap itu pun sudah tersaji di depan mata. Adalah Bukit Klangon, salah satu tempat untuk melihatnya. Berada di Dusun Kalitengah Lor Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

 

Gunung Merapi menganga

 

DARI SELATAN MELIHAT KE UTARA

Taman Nasional Gunung Merapi secara geografis berada di empat kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dan DIY yaitu Kabupaten Magelang (di barat), Boyolali (di utara), Klaten (di timur), dan Sleman di selatan. Untuk melihat Gunung Merapi dengan rekahannya yang epik haruslah dari wilayah selatan gunung setinggi 2.978 mdpl itu. Tepatnya di beberapa desa di Kecamatan Pakem dan Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Provinsi DIY.

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor Taman Nasional Gunung Merapi

 

Jadi Bukit Klangon bukanlah satu-satunya tempat untuk bisa melihat best view Gunung Merapi. Tapi boleh dibilang, Bukit Klangonlah yang paling dekat ke arah Gunung Merapi dan punya sudut yang paling sempurna untuk melihat rekahannya. Bukit Klangon berada di ketinggian 1.100-1.200 mdpl.

 

Bukit Klangon, paling dekat ke Gunung Merapi

 

TEMPAT-TEMPAT LAIN DI SELATAN UNTUK MELIHAT MERAPI

Tempat-tempat lain untuk melihat Gunung Merapi yang ada di bagian selatan antara lain:

- Wisata Teras Merapi di Dusun Kalitengah Kidul Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Tempat wisata ini akan dilewati saat menuju Bukit Klangon.

- Wisata Lava Merapi & Batu Alien atau sering disebut Batu Alien Cangkringan di Dusun Jambu Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman.

- Tebing Gendol Merapi di Kaliadem Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Sebelum sampai ke sini, kita akan melewati Batu Alien.

- Plunyon Kalikuning di Desa Umbulharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman.

- Bungker Kaliadem Merapi di Dusun Kinahrejo Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman.

- Gardu Pandang Merapi di Kaliurang Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman.

- Taman Gardu Pandang Kaliurang di Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman. Dekat sekali dengan Gardu Pandang Merapi.

- Ekowisata Kali Talang di Dusun Sambangrejo Desa Balerante Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah.

 

Baca juga: “Yogyakarta Special Trip: Gowes & VW Tour View Merapi Plus Aktivitas Budaya & Kuliner Khas

 

APA SAJA AKTIVITAS & FASILITAS DI BUKIT KLANGON?

Aktivitas wajib dan utama di Bukit Klangon tentulah naik ke jembatan maupun gardu pandang untuk menikmati pemandangan ke arah Gunung Merapi. Masuklah dari gapura bambu bertuliskan “Sugeng Rawuh”.

 

Gapura bambu bertuliskan “Sugeng Rawuh”

 

Jembatan

 

Gardu pandang

 

Memandang Merapi dari gardu pandang

 

Pemandangan ke arah Gunung Merapi, masih tertutup awan

 

Awan sudah terkuak, terlihat jelas rekahannya

 

Jangan hanya sibuk berfoto, tapi resapilah suasana asri dan hiruplah udara segar pegunungan. Duduk santai sambil memandang puncak gunung yang kadang kala tertutup awan dan sesaat kemudian terbuka kembali. Tak akan bosan!

 

Duduk santai sambil memandang puncak gunung

 

Menghirup udara segar pegunungan

 

Tak akan bosan!

 

Di Bukit Klangon juga ada penyewaan ATV untuk berkeliling di sekitar. Bagi yang mau berkemah, camping ground juga tersedia. Saat MyTrip berkunjung ke Bukit Klangon 12 Mei 2023 lalu sedang tidak ada yang berkemah, dan sepi pengunjung. Terlihat beberapa pengunjung dengan sepeda gunungnya. Ya, Bukit Klangon favorit untuk bersepeda gunung downhill. Gowesers yang menyukai tantangan bahkan mengambil rute menanjak menuju Bukit Klangon.

 

Fasilitas lainnya di Bukit Klangon: tempat parkir yang luas, deretan warung-warung, toilet, mushola, beberapa gardu pandang maupun gazebo.

 

Gazebo-gazebo

 

Tempat parkir luas

 

Datang ke Bukit Klangon disarankan pagi hari, setidaknya sebelum jam 11, supaya lebih besar kemungkinan dapat cuaca cerah yang memungkinkan Gunung Merapi terlihat utuh.

 

Merapi terlihat utuh

 

CARA KE BUKIT KLANGON

Dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Bukit Klangon jaraknya 32 km ke arah utara, ditempuh berkendara +/-1 jam 15 menit. Kalau dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta 28 km, 45 menit. Dari Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, 75 km, 2 jam.

 

Baca juga: “Beberapa Fakta tentang Gunung Merapi yang Perlu Kita Tahu

 

Jalanan mendekati lokasinya makin menanjak dan lurus, lebarnya hanya satu badan mobil lebih sedikit. Tapi masih aman bila berpapasan karena ada bahu jalan berupa tanah atau semak-semak. Mobil sejenis sedan juga bisa menanjak hingga ke sini asal kondisinya sehat.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Wynne Yaptianto
Comment