NGLANGGERAN TAK CUMA GUNUNG API PURBA LHO... ADA AIR TERJUN CANTIK BERTINGKAT-TINGKAT JUGA 2020-05-18 00:00

Pemandangan dari atas Air Terjun Kedung Kandang

 

Desa Wisata Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Munculnya desa wisata yang pernah mendapat predikat sebagai desa wisata terbaik ini kian memperkaya koleksi tujuan wisata di Gunungkidul. Siapa pun yang pernah menyambangi Desa Wisata Nglanggeran pasti familiar dengan tiga tempat wisata unggulannya. Ada Gunung Api Purba Nglanggeran, Air Terjun Kedung Kandang dan Embung Nglanggeran. Tak hanya itu, masih ada tiga tempat lagi yang memang jarang terekspos, Kampung Pitu, Air Terjun Talang Purba, serta pusat kuliner cokelat tradisional Griya Cokelat Nglanggeran.

 

RUTE MENUJU DESA WISATA NGLANGGERAN

Desa Nglanggeran bisa diakses dengan mudah melalui berbagai jalur. Jika melalui  Bandara Adisucipto Yogyakarta bisa menyewa sepeda motor atau mobil untuk menuju Desa Nglanggeran dengan jarak berkisar 20 km atau 45 menit berkendara.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN

Gunung Api Purba Nglanggeran adalah tempat wisata utama di kawasan ini dan merupakan satu dari tiga gunung purba di Pulau Jawa. Dua lainnya Gunung Api Purba di Kebumen Jawa Tengah dan Gunung Api Purba Kaldera Pasir Tengger di Jawa Timur. Gunung api yang sudah tidak aktif lagi ini tersusun dari material vulkanik tua yang membentuk pegunungan batu berukuran raksasa.

 

Gunung Api Purba Nglanggeran tampak dari jalan raya

 

Mengeksplornya dengan trekking, dari menaiki anak tangga permanen, jalan tanah berbatu, lorong sempit, dataran luas berpanorama indah, jalur hutan dengan pepohonan besar, jalan tanah setapak bersemak-semak, hingga terakhir untuk mencapai puncak di ketinggian 700 mdpl ini kita harus melewati sebuah tangga kayu. Total waktu yang dibutuhkan 45 menit sampai 1 jam.

 

Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

 

Setibanya di puncak terlihat batuan purba seolah mengelilingi, ditambah Embung Nglanggeran yang tampak dari kejauhan. Puncak ini lokasi favorit berkemah sekaligus menunggu momen sunrise maupun sunset.

 

KAMPUNG PITU

Masyarakat Kampung Pitu masih memegang teguh warisan budaya leluhur sejak ratusan tahun silam, yakni persyaratan yang mengharuskan Kampung Pitu hanya boleh dihuni 7 kepala keluarga. Itulah sebabnya dinamai Kampung Pitu, pitu dalam bahasa Jawa berarti tujuh.

 

Gunung Blencong yang terlihat dari Puncak Watu Bantal

 

Di sini kita bisa menikmati beberapa lokasi menarik, di antaranya Gunung Tugu, Gunung Blencong dan Puncak Watu Bantal. Gunung Tugu dan Gunung Blencong lebih sempurna bila diamati dari kejauhan yakni melalui Puncak Watu Bantal. Dari puncak ini juga bisa terlihat Embung Nglanggeran.

 

AIR TERJUN KEDUNG KANDANG

Air Terjun Kedung Kandang terletak 4 km dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Terdapat 6 tingkatan bebatuan vulkanik sebagai tempat aliran air. Lokasinya yang berada di tengah area persawahan, menambah kesan hijau, asri, sejuk dan tentunya sangat memanjakan mata.

 

Air Terjun Kedung Kandang

 

Mengingat air terjun ini musiman, sangat tepat dikunjungi saat musim hujan. Namun jangan lupa, begitu mulai mendung atau gerimis, segeralah bergegas dari lokasi. Sebab airnya bersumber dari aliran sungai. Hal ini memungkinkan terjadi banjir besar saat hujan.

 

AIR TERJUN TALANG PURBA

Air Terjun Talang Purba

 

Air terjun ini tetangga Air Terjun Kedung Kandang dengan karakteristik yang sama. Juga memiliki beberapa tingkatan batuan vulkanik tempat mengalirnya air yang diapit persawahan milik warga. Lokasinya mudah dijangkau tanpa harus trekking panjang. Tempat ini juga hanya bisa dinikmati saat musim hujan.

 

EMBUNG NGLANGGERAN

 

Terletak +/-4 km dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Merupakan danau buatan yang sangat romantis dan tepat untuk bersantai. Hijaunya air danau berlatar gugusan batuan purba menjadikan tempat wisata ini favorit. Tepat di ujung danau terdapat gardu pandang kayu untuk menangkap panorama Embung Nglanggeran secara utuh.

 

GRIYA COKELAT NGLANGGERAN

Di Desa Nglanggeran hampir seluruh warganya memiliki pohon kakao. Seiring berjalannya waktu, warga mampu mengembangkan kemampuannya mengolah kakao menjadi bahan jadi. Berbagai olahan berbahan cokelat tersebut telah memiliki brand dengan nama Chocomix.

 

 

Terdapat beragam produk Chocomix, di antaranya bubuk cokelat, minuman cokelat, permen cokelat, pisang salut cokelat dan bakpia cokelat. Tidak hanya itu, menyadari arti pentingnya cokelat bagi kesehatan kulit, Griya Cokelat Nglanggeran juga menyediakan lulur dan masker cokelat Purba Spa.

 

PENGINAPAN

Desa Wisata Nglanggeran belum menyediakan hotel berbintang. Namun beberapa rumah warga sering dimanfaatkan untuk penginapan dengan harga Rp75.000-150.000/malam/orang. Pengelola menyediakan paket live in di homestay mulai dari 2 hingga 7 hari.

 

Kalau ingin penginapan model homestay, tak jauh dari kawasan Desa Nglanggeran terdapat homestay bernama Kopilimo Cafe & Homestay, tepatnya di Desa Patuk Kecamatan Patuk.

 

Kopilimo Homestay

 

REKOMENDASI ITINERARY

Hari 1

- Gunung Api Purba Nglanggeran

- Kampung Pitu

 

Hari 2

- Air Terjun Kedung Kandang

- Air Terjun Talang Purba

- Embung Nglanggeran

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah & Clara Soca Atisomya
Comment
Autumn

I have been browsing online more than 4 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. Personally, if all webmasters and bloggers made good content as you did, the web will be a lot more useful than ever before. By the way, here is a link to excellent site for earnings - https://oddsfreeplay.com/au/politics

2021-11-01
Vodafone Espana

This is a topic that's near to my heart... Thank you! Where are your contact details though? https://pbase.com/vesaj28107/profile

2021-09-14
كود تشغيل كول تون فودافون

No matter if some one searches for his vital thing, so he/she desires to be available that in detail, thus that thing is maintained over here. http://classiccarsales.ie/author/vesaj28107/

2021-09-13
التسويق الإلكتروني

Inspiring quest there. What happened after? Good luck! http://forum.erickimphotography.com/thread/street-photography-from-caracas/12

2021-08-31