PANDUAN BERWISATA AMAN DI FLOATING MARKET LEMBANG BANDUNG 2020-12-09 00:00

Menikmati perahu naga di Floating Market

 

Selain pasar terapungnya tentu saja, Floating Market di Lembang Bandung Jawa Barat mengandalkan Miniatur Kereta Api sebagai daya tariknya. Nggak cuma anak-anak, orang dewasa dan lansia pun akan suka melihat kereta-kereta mini yang bentuknya sungguhan itu mondar-mandir di atas rel dan lingkungan sekitarnya yang didesain seolah nyata.

 

Inilah kereta api mininya, dan perbandingannya dengan orang dewasa

 

Dari pintu masuk utama Floating Market, kalau mau langsung ke Miniatur Kereta Api langsung saja berjalan ke arah kanan sampai mentok. Rambu penunjuk lokasi wahana-wahana di Floating Market ini jelas terlihat begitu kita masuk. Ke arah kiri menuju area resto (terdapat beberapa resto), Floating Market, Wahana Air, toilet + mushola. Ke arah kanan ada Kota Mini, Swimming Pool, Rainbow Garden, Miniatur Kereta Api, Arena Bermain, Taman Kelinci, toilet + mushola.

 

Salah satu resto yang ada di dalam area Floating Market

 

Menempati area yang lumayan luas, taman miniatur ini ditata secara menarik. Seperti terlihat pada pemasangan jembatan besi yang sangat ikonik di Jawa Barat yang menggambarkan jembatan besi asli yang selalu dilewati kereta jurusan Jakarta-Bandung. Juga terowongan, lalu ada miniatur komplek kantor pos, komplek perumahan, pom bensin, menara radio, hingga komplek pasar malam. Pendeknya, taman miniatur ini menggambarkan kehidupan sebuah kota yang dilintasi jalur kereta api.

 

Mengasyikkan melihat kereta api melintas mondar-mandir dengan lansekap yang didesain seperti sungguhan, termasuk jembatan besinya

 

Kereta yang bergerak hilir-mudik juga bukan hanya satu lho… melainkan hampir 5 tipe kereta api, mulai dari kereta api penumpang, kereta api tangki pom bensin, kereta api PT. Pos, hingga kereta lokomotif saja. Kereta-kereta itu bergerak saling melintas, berpapasan laiknya perjalanan kereta api sungguhan. Miniatur-miniatur lokomotif kereta juga ada dipajang di area pintu masuk taman.

 

Miniatur lokomotif

 

Kalau mau berfoto dengan latar kereta api mini yang sedang melintas, pilihlah spot-spot yang ada jembatannya –akan terlihat lebih epik!

 

Berfoto dengan latar jembatan besi yang sangat ikonik di Jawa Barat dan tentu dengan kereta api yang melintas

 

Di depan sebelum masuk Miniatur Kereta Api, ada wahana 4D Rider Simulator. Ada juga aneka permainan anak-anak. Semua berbayar. Masuk Miniatur Kereta Api juga bayar lagi Rp20.000 per orang. Sedangkan tiket masuk Floating Market sendiri Rp30.000, yang bisa ditukar dengan minuman. Sayangnya petugas tiket kurang informatif. Kalau nggak membaca tulisan yang tertera di tiket, kita nggak bakal tahu.

 

Baca juga:Ini Dia 3 Kebun Teh Instagenic di Bandung

 

Baiknya datang ke Floating Market jam 2 atau 3 sore ke atas karena areanya mayoritas outdoor yang panas kalau siang hari walaupun beberapa sudut asri dan dirindangi pepohonan. Buat yang hobi berfoto, Kota Mini dan Rainbow Garden pastilah bikin betah. Ada jembatan, kolam, bunga-bunga, gerbang merah bergaya Jepang, dll.

 

Salah satu sudut cantik Kota Mini

 

Gerbang ala Jepang di Kota Mini

 

Kalau mau berfoto all out dengan gaya Jepang atau Korea mampirlah ke Kyotoku, ke arah kiri dari pintu masuk. Bisa sewa kimono Jepang ataupun baju khas Korea buat berfoto-foto dengan background Jepang atau Korea ala-ala.

 

Area Kyotoku

 

Yang membawa anak, Taman Kelinci bisa jadi pilihan berlama-lama, bisa ngasih makan kelinci di sini. Atau ajak anak-anak naik Kereta Air Jumbo, Kereta Air Mini, Kereta Air/Water Train, ataupun Perahu Naga untuk keliling danau. Rata-rata bayarnya Rp20.000 per orang.

 

Kereta air

 

Dan tentu pamungkasnya adalah mencobai aneka kuliner lokal di bagian utama Floating Market yang berupa pasar terapung dengan outlet-outlet kuliner yang berupa perahu. Perahunya statis, nyender di tepian, bukan bergerak seperti di pasar terapung sungguhan ya. Pilihan kulinernya sangat beragam, nggak cuma kuliner Sunda, tapi mie Aceh juga ada. Beli dulu koin di tempat yang disediakan, ada pecahan Rp5.000, 10.000, 50.000, 100.000 yang dibedakan warnanya. Harap diingat, koin yang sudah dibeli tak bisa diuangkan kembali, jadi belilah koin sesuai kebutuhan.

 

Outlet-outlet kuliner berupa perahu

 

Kursi meja tempat makan

 

Sambil makan bisa melihat pemandangan danau nan cantik

 

Outlet jajanan dan toko suvenir juga banyak berterbaran di seluruh area, terutama di dekat Kota Mini.

 

Floating Market berada di Jl. Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Buka setiap hari pkl. 09.00 –19.00. Untuk menghindari keramaian dan tetap nyaman berwisata di masa pandemi, dianjurkan datang ke sini tidak di akhir pekan atau tanggal merah. Pengalaman MyTrip baru-baru ini, datang di hari kerja suasananya kondusif, tidak terlalu ramai, dan sangat dimungkinkan menjaga jarak.

 

 

Selamat berwisata aman di Indonesia Aja!

 

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment