ALTERNATIF WEEKEND GETAWAY YANG SEMPURNA: KEDAI KOPI LIM DI PACET CIANJUR 2019-09-23 00:15

Suasana kedai yang menyenangkan

 

Apa yang diharapkan dari sebuah kedai kopi atau rumah makan? Selain rasa kopi dan masakannya enak dan harga terjangkau, orang zaman kini mengharapkan suasana yang nyaman, asyik buat nongkrong, dan bikin betah berlama-lama. Itu sebabnya makin banyak orang membuka kedai kopi dengan suasana cozy yang diciptakan dengan meletakkan ornamen atau barang-barang sesuai tema dan ditata dengan sangat apik. Dan juga dibangun di tengah suasana alam yang sejuk dengan pemandangan ijo royo-royo. Kalau tempat macam ini ada tak jauh dari Jakarta, tentu menjadi alternatif weekend getaway yang sempurna. Dan ya, untunglah tempat ini ada. Kedai Kopi Lim yang berada di dalam Villa Golden Phoenix di Jalan Perk, Maleber, Ciherang, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

 

Salah satu sudut kedai yang dipenuhi peralatan dapur tempo doeloe

 

Begitu kita memasuki gerbang Villa Golden Phoenix, yang terlihat pertama kali adalah bangunan kayu 2 lantai yang di depannya ada lapangan bulu tangkis. Itu bangunan utama vila yang disewakan. Arahkan kaki ke area sebelah kiri, naik tangga, di situlah letak kedai kopinya, dengan halaman rumput luas dan ada beberapa fasilitas permainan anak.

 

Halaman luas dan fasilitas permainan anak

 

Kedai sederhana yang didominasi kayu ini dibuat seperti warung zaman dulu, bahkan di bagian luar ada tungku. Bukan buat gaya-gayaan, tapi dipake beneran, buat masak air. Untuk masak menu lainnya dilakukan di dalam dapurnya yang sangat resik.

 

Gaya warung tempo doeloe

 

Masih ada tungku

 

Suasana makan yang asyik

 

Sedangkan kopi diracik langsung oleh sang pemilik, Ko Ahiap alias Petrus, dengan peralatan yang didatangkan langsung dari Pontianak. Bubuk kopinya juga dari Pontianak. Rasa kopinya, enaaak... Jamin deh!

 

Sang pemilik, Ko Ahiap, langsung terjun meracik kopi

 

Koki memasak kwetiau di dapur yang resik

 

Nah menu utamanya adalah kwetiau. Ada kwetiau goreng, kwetiau kuah, kwetiau jam. Isinya semua halal, ada ayam, seafood, telur. Harga Kwetiau Goreng Ayam Seafood Rp40.000, sedangkan Kwetiaw Jam  maupun Kwetiau Kuah Ayam Seafood Rp30.000. Di antara 3 menu kwetiau yang MyTrip coba, paling endeeess kwetiau gorengnya. Semuanya serba pas. Jangan lupa minta acarnya yang enak banget itu ya.

 

Kwetiau Goreng Ayam Seafood

 

Kwetiau Jam Ayam Seafood

 

Kwetiau Kuah Ayam Seafood

 

Menu lainnya yang MyTrip coba dua-duanya bikin nagih: Ikan Patin Asam Pedas. Kuah asam pedasnya sarat bumbu-bumbu, dan merah merona, tapi yang nggak doyan pedas juga bisa tahan kok asal nggak menggigit cabe rawit merahnya. Potongan nanas dan ketimunnya cukup generous, bikin segarrr....

 

Ikan Patin Asam Pedas

 

Nah yang satu lagi Kuah Tahu Baso Ikan. Tahunya lembut, baso ikannya dibuat tanpa campuran apa-apa, murni ikan saja. Kuah kaldunya yang dicemplungi kacang kedelai gurih dan maknyusss banget!

 

Kuah Tahu Baso Ikan

 

Menu lainnya masih banyak, tapi MyTrip dkk sudah tak sanggup lagi makan. Ada Nasi Ayam Goreng Komplit + Sayur Asem. Eh lupa, sempat juga deh nyicipin sayur asemnya. Tipe sayur asem yang kuahnya butek karena kemiri dan bumbu-bumbunya kaya. Yang nggak mau makan besar, ada pilihan roti bakar, french fries, pisang goreng Pontianak (aah, ini pasti yummy deh!), tempe goreng, pempek.

 

Kalau sudah kenyang makan, coba deh duduk-duduk di bagian belakang kedai, sambil menikmati pemandangan ke arah vila kayu yang di depannya ada jembatan. Cantik buat berfoto di situ. Di sebelahnya lagi ada jembatan lain, bergaya Jepang.

 

Sudah kenyang, duduk-duduk santai di sini

 

Berfoto di spot depan vila

 

O ya toilet juga berada di bagian belakang kedai. Di kiri kanannya terlihat rak kayu penuh diisi boneka warna-warni. Jadi mau masuk ke toilet saja mata kita dimanjakan penampakan boneka-boneka cute ini.

 

Toilet yang cute

 

Overall menyenangkan banget tempatnya. Tambahan lagi ada peralatan band lho... Rico dan Hiro, dua remaja ganteng anak Ko Ahiap siap mengiringi kalau Anda mau menyanyikan lagu-lagu nonjadoel. Kalau lagu jadoel minta Ko Ahiap aja yang ngiringin.

 

Hiro, anak kedua Ko Ahiap, ikut membantu melayani. Juga bisa main musik

 

Villa Golden Phoenix sendiri juga sangat menarik dengan aneka barang antik dan jadoel yang dipajang di terasnya. Recommended villa buat liburan keluarga. Pemesanan bisa ke: 0811176492. Yuk lah cuuss...

 

Ini lokasinya: https://maps.app.goo.gl/wc4xPFxmf8RBrub39

Teks & Foto: Mayawati NH
Comment