INGIN TRAVELING TAPI BUDGET PAS-PASAN? INI DIA 7 TIPS MENGAKALINYA 2021-04-16 10:35

 

Ingin traveling namun terhadang budget yang pas-pasan? Asal tahu caranya, Trippers bisa kok traveling low budget dengan mengakali beberapa hal agar pengeluaran tidak membengkak. Nah, Trippers membaca artikel yang tepat nih. Kita akan membahas mengenai apa saja yang bisa dilakukan agar traveling nyaman namun tetap tidak mengeluarkan uang banyak. Yuk simak sama-sama.

 

1. Rencanakan dengan matang

Tips pertama adalah merencanakan jauh-jauh hari untuk segala sesuatunya sebelum kita traveling.  Lakukan riset kecil-kecilan terkait tujuan wisata yang akan dikunjungi. Sekarang sangat mudah mendapatkan segala informasi. Trippers bisa menggunakan internet atau bertanya kepada teman yang pernah ke tempat yang ingin didatangi. Dengan begini Trippers tahu apa saja yang perlu dipersiapkan dan yang nantinya dibutuhkan di sana. Trippers bisa membuat catatan secara rinci misalnya saja jadwal check in dan check out, moda transportasi yang dipakai, sampai kepada kegiatan inti saat di sana, serta gambaran itinerary. Perlu diingat juga, selalu persiapkan rencana cadangan untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan saat liburan.

 

Baca juga: “Panduan Menyusun Itinerary Plus Trik Khusus yang Nggak Semua Orang Tahu

 

2. Berlibur tapi tidak di musim liburan

Cara berikutnya adalah berangkat traveling tapi tidak di musim liburan. Kenapa? Karena di musim bukan liburan Trippers bisa mendapatkan tiket pesawat dan akomodasi yang lebih murah.

 

3. Mengatur keuangan ketika akan berlibur

Tips berikutnya juga sangat penting, terutama untuk keuangan Trippers. Aturlah keuangan yang dipakai berlibur dengan baik. Bisa dimulai dengan menentukan budget untuk berlibur dari mulai budget minimal hingga maksimal. Dengan begitu Trippers bisa tahu batasan pengeluaran jika ada pengeluaran yang tak terduga.

 

 

4. Sering-sering cek promo

Agar traveling menjadi lebih hemat lagi, salah satu strateginya adalah Trippers harus sering cek promo. Cek secara berkala harga tiket pesawat di situs-situs pemesanan online. Terkadang beberapa situs pemesanan tersebut memberikan promo tiket pesawat maupun promo lainnya. Dengan selalu mengecek secara berkala Trippers bisa mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah dibandingkan ketika tidak ada promo. Selain itu, Trippers juga bisa membandingkan harga tiket yang satu dengan lainnya. Dengan cara ini Trippers bisa mendapatkan gambaran berapa selisih harganya.

 

5. Mencatat pengeluaran

Selalulah catat pengeluaran selama liburan. Memang ini agak sedikit merepotkan tapi cara ini bisa mengatur keuangan Trippers dengan baik. Gunakan buku kecil untuk mencatat setiap pengeluaran atau bisa juga gunakan aplikasi di smartphone. Cara ini bertujuan untuk mengetahui apakah masih on track atau tidak sesuai budget yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

 

6. Memilih penginapan yang sesuai budget

Carilah penginapan yang murah tapi tetap nyaman dan juga aman. Sekarang ini sudah banyak yang mengulas berbagai tempat menginap ya. Dengan kemudahan informasi ini Trippers tidak akan kesulitan lagi mencari penginapan.

 

Oh iya, abaikan saja penginapan yang memberikan fasilitas yang tidak akan terlalu berguna untuk Trippers ya. Misalnya saja kolam renang dan televisi. Karena terkadang kita menginap hanya untuk sekadar melepas lelah dan tidur saja. Jadi, yang kita butuhkan adalah tempat yang nyaman dan tempat untuk mengisi daya barang-barang elektronik kita saja.

 

 

7. Membawa botol minuman sendiri dari rumah

Perjalanan yang kita tempuh bisa saja sangat jauh dan membutuhkan air minum yang tidak sedikit ‘kan? Kalau terus menerus membeli air mineral kemasan Trippers perlu mengeluarkan uang yang lumayan. Nah, agar lebih hemat bawalah botol minuman atau tumbler sendiri dari rumah ya. Memang untuk sebagian orang membawa botol minuman sendiri sangat merepotkan. Tapi  ini akan membantu menghemat pengeluaran cukup signifikan saat traveling. Trippers bisa isi ulang air di tempat menginap. Hemat bukan? Lagipula ini membantu mengurangi sampah plastik.

 

Bagaimana tips yang sudah dijelaskan di atas? Semoga bisa membantu Trippers agar bisa traveling hemat tapi tetap menyenangkan ya.

 

 

Teks: Istimewa Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment