KULINER DI KOTA JAMBI DALAM 3 HARI, BISA KE MANA SAJA? (Bagian 1) 2023-09-27 10:00

Sarapan mie celor di Kopitiam Ancol Kota Jambi

 

Bicara tentang kuliner di Jambi, sama dengan kuliner di kota-kota lainnya, pilihan dan ragamnya sangatlah banyak. Dan nggak selalu juga rekomendasinya adalah makanan khas daerah atau kota tersebut. Pindang ataupun mie celor yang terkenal di Palembang, ataupun rumah makan padang, bisa juga menjadi andalan kuliner di Jambi.

 

Artikel ini akan menampilkan beberapa rumah makan, warung kopi bahkan tempat jual durian yang sempat MyTrip singgahi saat eksplor Jambi selama 3 hari bulan Februari 2023 lalu. Beberapa adalah rekomendasi Harry Nazarudin, kontributor MyTrip, seorang penulis kuliner dan pendiri komunitas Jalansutra, sebagian lagi rekomendasi dari supir yang mengantar kami keliling Jambi. Tentu saja yang ditampilkan ini hanya mewakili sebagian kecil kuliner yang must try di Kota Jambi Provinsi Jambi ya…

 

Baca juga: “Panduan Lengkap & Terkini Eksplor Candi Muaro Jambi

 

RUMAH MAKAN GATOT

Pilihan makan siang kami di hari pertama di Jambi jatuh ke RM Gatot, sebuah restoran padang yang beralamat di Jl. K.H. Hasyim Ashari No.83, Rajawali, Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi. Rumah makan ini terkenal dengan pepes patin bumbu tempoyaknya. Tapi kami memilih aneka menu lain yang dihidangkan di meja, standar restoran padang, seperti rendang daging, rendang ayam, ikan kuah santan, ikan bakar, dsb. Buka pukul 09.00-20.30 setiap hari.

 

Sajian di RM Gatot

 

Baca juga: "Eksplor Kota Jambi, Bisa ke Mana Saja? (Bagian 1)"

 

RUMAH MAKAN AROMA CEMPAKA (AC ANDOENK) 

Supir mengantar kami ke rumah makan padang versi mewah AC Andoenk ini untuk makan malam di hari pertama. Alamatnya di Jl. H.Moh. Bafadhal RT 06 RW 03, Cempaka Putih, Kecamatan Jelutung Kota Jambi. Buka setiap hari pukul 08.00-21.00. Ruangannya luas dan terang.

 

Sajian di RM AC Andoenk

 

Layaknya restoran padang, kita bisa minta dihidangkan aneka menu di meja. Tapi khusus untuk menu andalannya, yakni ayam goreng dan udang goreng harus pesan dan akan disajikan panas-panas, baru saja digoreng. Ayam goreng dibanderol Rp18.500 per potong, udang goreng Rp72.500 per porsi (isi 3 ekor udang yang cukup besar). Nggak salah jadi andalan, enaknya minta ampun! Menu khas lainnya adalah jengkol balado, gulai jengkol, kerupuk kulit disiram kuah gulai. Rendang dagingnya juga enak, harga Rp16.500. Aneka sayur per piring Rp8.000. Puas pangkat ceban deh makan di sini.

 

Ayam goreng AC Andoenk

 

Udang goreng AC Andoenk

 

Baca juga: "Eksplor Kota Jambi, Bisa ke Mana Saja? (Bagian 2-Tamat)"

 

KOPITIAM ANCOL

Nah, sarapan hari kedua, sudah tak sabar saya ingin menjajal Kopitiam Ancol di Jl. Sultan Thaha No.7 Kecamatan Pasar Jambi Kota Jambi. Buka setiap hari pukul 07.30-17.00. Menempati bangunan kayu luas dengan warna cat putih dan banyak jendela besar yang dibiarkan terbuka semua, Kopitiam Ancol terasa sejuk. Dan khas kopitiam banget karena di dalamnya berjejer kios-kios makanan! Walaupun favorit buat sarapan, tapi ragam menunya variatif dan cocok juga buat makan siang. Tersedia nasi gemuk, mie celor, aneka varian pempek, lontong medan, pindang, nasi timbel, gado-gado, sop buntut, tongseng, bahkan coto makassar, bubur manado, rice bowl chicken teriyaki, dan masih banyak lagi!  

 

Begini bangunan Kopitiam Ancol

 

Suasana sarapan di Kopitiam Ancol. Luas dan sejuk

 

Kami memesan nasi gemuk Rp18.000, nasi gemuk campur Rp20.000, mie celor Rp20.000, kopi susu Rp10.000, teh susu Rp10.000, kopi hitam Rp8.000. Semua memuaskan dan mengenyangkan. Kami pun siap mengeksplor Candi Muaro Jambi hingga siang.

 

Nasi gemuk di Kopitiam Ancol

 

Mie celor dan kopi susu di Kopitiam Ancol

 

POJOK KOPI DUSUN

Warung kopi atau kafe ini berada di dalam komplek Candi Muaro Jambi. Buka pukul 08.00-17.00 (hari kerja), 06.00-17.00 (hari libur). Terdiri dari beberapa unit pondokan kayu bergaya jadoel di tengah-tengah rimbunnya pepohonan. Suasananya sangat asri dan banyak spot fotonya. Warung utamanya paling favorit buat berfoto, di mana kita bisa berpose seolah-olah jadi penjaga warung. 

 

Berpose jadi penjaga warung di Pojok Kopi Dusun

 

Harganya sangat bersahabat. Kopi Susu Gulo Aren, Kopi Hitam Gulo Aren, Kopi Tanpa Gulo semua sama Rp10.000. Kalau pakai es jadi Rp12.000. Gorengannya semua dibanderol Rp10.000: pisang goreng, tahu goreng isi, ubi goreng, bakwan jagung. Makanannya hanya Indomie goreng dan rebus Rp13.000.

 

Pisang goreng dan Kopi Hitam Gulo Aren di Pojok Kopi Dusun

 

RUMAH MAKAN PINDANG CIK NAH

Ya, di Jambi pindang juga menjadi sajian andalan, meskipun orang lebih mengenalnya sebagai menu khas Palembang. Rumah makan yang selalu ramai dan parkirnya meluber di pinggir jalan ini menjadi tujuan makan siang kami hari kedua setelah kembali dari Candi Muaro Jambi. Berada di Jl. Kol. Pol M. Taher Persijam Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi. No HP: 0823 7462 5323. Buka setiap hari pukul 11.00-22.00.

 

Kami memesan pindang ikan patin Rp30.000, pindang tulang Rp33.000, pindang udang Rp110.000. Menu lain: pindang ikan baung, pindang ikan toman, pindang ayam, tempoyak ikan, soto ayam/tulang, sop ayam/tulang. Jangan takut dengan kuah yang merah menantang, karena rasanya tidak sepedas yang dibayangkan. Maknyusss!

 

Pindang ikan patin Cik Nah

 

Pindang tulang Cik Nah

 

Bersambung ke sini.

 

 

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment