KULINER DI KOTA JAMBI DALAM 3 HARI, BISA KE MANA SAJA? (Bagian 2-Tamat) 2023-09-27 10:15

Pindang belido di RM Sarinande

 

Bicara tentang kuliner di Jambi, sama dengan kuliner di kota-kota lainnya, pilihan dan ragamnya sangatlah banyak. Dan nggak selalu juga rekomendasinya adalah makanan khas daerah atau kota tersebut. Pindang ataupun mie celor yang terkenal di Palembang, ataupun rumah makan padang, bisa juga menjadi andalan kuliner di Jambi.

 

Artikel ini akan menampilkan beberapa rumah makan, warung kopi bahkan tempat jual durian yang sempat MyTrip singgahi saat eksplor Jambi selama 3 hari bulan Februari 2023 lalu. Beberapa adalah rekomendasi Harry Nazarudin, kontributor MyTrip, seorang penulis kuliner dan pendiri komunitas Jalansutra, sebagian lagi rekomendasi dari supir yang mengantar kami keliling Jambi. Tentu saja yang ditampilkan ini hanya mewakili sebagian kecil kuliner yang must try di Kota Jambi Provinsi Jambi ya…

 

Bagian 1 baca di sini.

 

AA (ANGGA ALDI) DURIAAN

Penggemar durian kalau ke Jambi wajib ke sini. AA Duriaan di Jl. Mayor A. Marzuki No.6, Paal Lima, Kecamatan Kota Baru Kota Jambi. Duriannya tersedia sepanjang tahun. Yang istimewa adalah durian premium Jambi, dijamin punel, legit, dijualnya per kg Rp100.000. Satu buah durian biasanya 2 kg lebih.

 

AA Duriaan, yang premium di rak yang sebelah kiri

 

Mereka menjual juga durian kupas, daging durian yang sudah dikemas, tempoyak, aneka olahan berbasis durian seperti pie, puff, cake, talam, kebab, pancake. Penjualnya adalah dua anak muda ganteng bernama Angga dan Aldi. Buka setiap hari pukul 09.00-23.00. Disediakan tempat duduk di ruangan luas yang nyaman.

 

Tersedia ruang duduk yang luas dan nyaman

 

RUMAH KACA COFFEE & EATERY

Akhirnya mampir juga di kafe kekinian yang bolak-balik kami lewati ini. Rumah Kaca Coffee & Eatery di Jl. H. Agus Salim No.5 Kecamatan Kota Baru Kota Jambi. Buka setiap hari pukul 10.00-23.00. Menunya cukup beragam dari camilan seperti roti bakar sampai aneka nasi goreng, nasi bakar, nasi kari ayam, sop iga, soto, hingga beberapa menu makanan Korea. Menu minumannya pun cukup beragam. Kami hanya pesan minum dan menghabiskan waktu saja di sini.

 

Bagian dalam Rumah Kaca Coffee & Eatery

 

Aneka minuman di Rumah Kaca Coffee & Eatery

 

KWETIAW HANCE

Karena makan siangnya agak telat, jadi saat jam makan malam hari kedua kami belum terlalu lapar. Jadi pilihannya adalah bakmie atau kwetiaw. Supir mengarahkan kami ke Kwetiaw Hance di Jl. Orang Kayo Hitam No.58, Sulanjana, Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi. Buka pukul 16.00-22.00 (Kamis tutup). Kwetiawnya tebal-tebal dengan topping yang generous dan variatif. Ini nonhalal ya.

 

Kwetiaw Hance, nonhalal

 

WARUNG KOPI AHOK

Berlokasi di Simpang Ahok, tepatnya di Jl. Hayam Wuruk, Talang Jauh, Kecamatan Jelutung Kota Jambi. Ke sinilah kami sarapan di hari ketiga atau hari terakhir kami di Jambi. Menempati bangunan ruko, jadi nggak luas. Varian menu yang dijual kurang lebih sama dengan kopitiam pada umumnya.

 

Warung Kopi Ahok di Simpang Ahok

 

Suasana sarapan di Warung Kopi Ahok

 

Kami memesan martabak telur Rp20.000, nasi gemuk Rp18.000, tekwan model Rp25.000, soto betawi Rp27.000, kopi susu Rp15.000, teh tarik Rp15.000. Ada juga tersaji beberapa camilan di meja di antaranya cakwe, kue onde-onde, getuk singkong.

 

Martabak telur dengan pendamping kuah kari

 

RUMAH MAKAN SARINANDE 1956, KHAS PALEMBANG

Sesuai namanya, rumah makan khas Palembang ini sudah ada sejak tahun 1956 di Palembang. Nah yang di Palembang pernah didatangi Presiden Joko Widodo. Kami makan siang hari terakhir (ke-3) di Jambi di RM Sarinande di Jl. Soekarno Hatta No.1 RT 04 Kel. Pasir Putih Kec. Jambi Selatan Kota Jambi. Buka setiap hari pukul 10.00-17.00.

 

Pindang berkuah merah mlekoh disajikan dalam piring saji stainless yang ada api di bawahnya supaya tetap hangat/panas. Walaupun sama-sama khas Palembang tapi citarasanya agak berbeda dari Pindang Cik Nah. Keduanya sama-sama endesss, must try!

 

Pindang di RM Sarinande

 

Kami memesan pindang belido Rp80.000, pindang patin/baung Rp40.000, lalapan Rp25.000. Disajikan juga aneka makanan pendamping seperti sate ikan, sate pentol, sambel teri, udang sambel pete, lalapan, dibayar yang dimakan saja. Menu lain di antaranya brengkes tempoyak ikan, gulai ikan patin, belida kongseng.

 

Aneka makanan pendamping di RM Sarinande

 

 

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment