LEMBATA NTT JUGA PUNYA AIR TERJUN YANG ASRI LHO, LODOVAVO NAMANYA 2023-09-25 23:00

Air Terjun Lodovavo di Lembata

 

Mungkin banyak yang mengira Pulau Lembata di Nusa Tenggara Timur (NTT) hanya punya tradisi perburuan paus, pantai-pantai, gunung-gunung api, dan sabana-sabana yang kering. Salah besar! Lembata juga punya air terjun yang bukan kaleng-kaleng lho... Tinggi, gagah, asri, airnya hijau susu, sangat mengundang. Namanya Air Terjun Lodovavo. Terletak di Dusun Atawuwur yang berada di kaki Gunung Labalekan, Desa Atawai Kecamatan Nagawutung Kabupaten Lembata NTT. Air terjun ini baru dibuka untuk wisatawan tahun 2020.

 

Air Terjun Lodovavo di Lembata, tinggi, gagah, airnya hijau susu

 

Berkendara dari Kota Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata, ke Air Terjun Lodovavo butuh waktu 2,5-3 jam, menempuh jarak +/-80 km. Menyusuri pesisir barat Pulau Lembata ke arah selatan, lalu berbelok ke utara masuk ke dalam hutan. Kendaraan akan melewati jalanan rusak sekitar 20 menit. Dianjurkan naik mobil 4WD ke sini. Setidaknya sampai Juli 2023 lalu saat MyTrip membawa rombongan ke sini, jalanannya masih rusak, tanah merah yang bergelombang dan berbatu-batu. Saat kali pertama membawa rombongan pada Mei 2023 malah beberapa puluh meter menjelang lokasi parkir ada jalanan rusak terpotong aliran air. Untung mobil 4WD kami berhasil melaluinya. Dan syukurnya, bagian jalanan rusak yang terpotong itu sudah diperbaiki waktu MyTrip datang lagi Juli 2023.

 

Dari Lewoleba sekitar 2,5 jam

 

Jalanan rusak terpotong air

 

Air Terjun Lodovavo ini cukup dekat dengan beberapa objek wisata indah lainnya di Lembata. Dari Pantai Lamalera ke sini 1,5 jam. Dari Pantai Batu Pelangi 30 menit. Dari Pantai Mingar 30 menit. Juga tak jauh dari Pantai Tapobali dan Pasar Barter Wulandoni.

 

Baca juga: “Belum Lengkap ke Lembata NTT Kalau Belum ke Pantai Pahang Waq

 

Tiba di parkiran yang belum ditata, di bawah kerindangan pohon-pohon besar, Trippers akan melihat teras kayu yang merupakan awalan untuk turun ke bawah, ke lokasi air terjunnya. Ada 78 anak tangga kayu dan disambung 157 anak tangga beton, total 235 anak tangga. Selepas tangga beton masih ada turunan lagi, melewati batu-batu besar. Suasananya rindang dan asri karena banyak pohon. Hanya butuh sekitar 10 menit untuk turun. Malah kalau jalan cepat bisa 5-7 menit saja. Naik kembalinya pun kurang lebih sama. Hanya saja naik memang sedikit ngos-ngosan terutama bagi yang jarang olahraga. Jadi kalau banyak website yang menyebut butuh trekking 45-60 menit itu sangat menyesatkan, apalagi artikel tahun 2023. Duluuu, sebelum dibangun tangga, mungkin butuh waktu lebih lama.

 

Lokasi parkirannya

 

Menuruni anak tangga kayu

 

Tangga beton, naiknya cukup bikin ngos-ngosan

 

Di akhir tangga, dua aliran air terjunnya sudah terlihat, dibingkai juntaian daun-daun pohon di depannya. Menciptakan suasana asri yang sureal. Dan begitu air terjunnya kelihatan utuh, hanya decak kagum yang terlontar. Air terjunnya tinggi, sekitar 35 m. Tebing air terjunnya yang lebar diselimuti lumut dan tanaman hijau. Batu-batu besar menghalangi pandangan ke kolam alami di bawahnya. Namun ada air mengalir keluar dari celah batu-batu besar itu, membentuk sungai kecil.

 

Dua aliran air terjunnya sudah terlihat, dibingkai juntaian daun-daun pohon di depannya

 

Suasananya asri dan sureal

 

Air Terjun Lodovavo, dengan batu-batu besar di depannya dan aliran airnya

 

Bagi yang nggak mau repot melompati batu-batu besar untuk sampai ke kolam alami di bawah air terjunnya, cukup duduk dan bermain di sungai kecil di depan batu-batu besar itu.

 

Bermain dan duduk-duduk di sini saja

 

Tapi tentu lebih afdol kalau sampai ke kolam alaminya dong. Lebih afdol lagi berenang di kolamnya yang airnya hijau susu karena pengaruh batu kapur. Ketika MyTrip datang kedalaman airnya hanya sekitar sepinggang sampai sedada orang dewasa. Tapi tetap harus hati-hati melangkah saat mendekati air terjunnya karena dasar pijakannya tak terlihat.

 

Air Terjun Lodovavo, batu-batu dan kolam alami di bawahnya

 

Lebih afdol kalau berenang di sini

 

Kedalaman airnya sekitar sepinggang sampai sedada orang dewasa

 

Berfoto di dekat air terjunnya

 

Batu di depan air terjun merupakan salah satu spot terbaik untuk berfoto dari berbagai angle. Tidak sulit menaikinya karena batunya bukan jenis yang licin, tapi di beberapa bagian ya licin juga.

 

Spot terbaik berfoto, di atas batu

 

Spot terbaik berfoto, di atas batu

 

Spot terbaik berfoto, di atas batu

 

Sementara kerindangan pohon-pohon di sekitarnya juga membuat air terjun ini tambah cantik difoto.

 

Di sekitar air terjunnya sangat rindang

 

Yuk, kapan kalian ke sini?

 

Jadi kapan kalian ke Air Terjun Lodovavo di Pulau Lembata NTT? Hubungi MyTrip di 0811821006 untuk trip ke Lembata.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Vincent Halimaking, Yolanda Tanzil
Comment