MENAKJUBKAN! ADA PELANGI DI ANTARA GEMURUH OMBAK DI PANTAI BATU PELANGI LEMBATA 2023-05-28 14:35

Pantai Batu Pelangi, Lembata, NTT

 

Tahukah Trippers, pelangi itu nggak hanya muncul di langit selepas hujan saja? Garis melengkung warna-warni ini bisa juga muncul di tebing pantai yang kena pecahan ombak. Fenomena menakjubkan ini bisa dilihat salah satunya di Pantai Batu Pelangi Pulau Lembata Nusa Tenggara Timur (NTT). Tepatnya di Desa Idalolong Kecamatan Naga Wutung. Berkendara +/-1 jam dari Kota Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata.

 

Sepintas melihat pantai ini, terbersit pikiran, apa menariknya ya? Hanya tanjung kecil dengan hamparan bebatuan berwarna abu-abu, coklat dan kemerahan. Lautnya biru tenang. Saat cuaca cerah, memang terlihat Gunung Ile Labalekang di hadapannya. Ini yang membuat berfoto di pantai ini menjadi Instagrammable.

 

Beginilah penampakan Pantai Batu Pelangi

 

Hanya tanjung kecil berbatu

 

Berfoto dengan latar Ile Labalekang

 

Berfoto dengan latar Ile Labalekang

 

Tapi daya tarik pantai ini bukan itu. Sesuai namanya, Pantai Batu Pelangi. Daya tariknya ya batu pelanginya. Tapi mana?

 

Jadi, Trippers harus mendekati salah satu ceruk di sebelah kanan tanjung kecil ini. Tunggulah sampai ombak membentur dinding tebing dan menyemburkan titik-titik air ke udara. Saat itulah sang pelangi nan cantik akan muncul. Hanya muncul sekejab-sekejab. Tidak bertahan lama seperti pelangi yang muncul di langit sehabis turun hujan. Kadang agak panjang, dan seperti berlari menjauhi bibir tebing, kadang pendek saja, langsung menghilang.

 

Pelanginya kadang panjang

 

Kadang seperti berlari

 

Kadang pendek tapi tegas warnanya

 

Penjelasan sederhananya bagaimana pelangi bisa muncul di antara percikan air ke udara, begini…. Pelangi atau lengkung spektrum warna di langit bisa muncul karena pembiasan sinar matahari oleh titik-titik air hujan atau embun, termasuk juga titik-titik air yang muncrat karena ombak kuat menerpa dinding tebing pantai.

 

Titik-titik air akibat semburan ombak ini yang menghasilkan pelangi

 

Dan tentu saja pelangi bisa muncul kalau ada sinar mataharinya. Jadi datanglah ke sini saat cuaca cerah dan sinar mentari menyorot. Siang sampai sore hari seperti rombongan MyTrip  yang datang ke sini Juni 2022 maupun Mei 2023.

 

Sebagian rombongan MyTrip Juni 2022

 

Sebagian rombongan MyTrip Mei 2023

 

Fasilitas yang ada di Pantai Batu Pelangi hanya gazebo terbuka tepat di depan tanjungnya. Trippers bisa duduk-duduk di sini sambil menanti debur ombak. Dari sini pelangi lamat-lamat terlihat. Tapi tentu lebih puas melihat pelanginya dari dekat.

 

Gazebo tepat di depan tanjungnya

 

Kalau melihat dari gazebo, hanya terlihat percikan ombak dan terkadang lamat-lamat pelanginya terlihat

 

Di belakang lapangan rumput tempat mobil bisa diparkir, terdapat rumah panggung yang terabaikan. Ya, hanya itu saja bangunan yang ada di Pantai Batu Pelangi. Tidak ada warung, tidak ada toilet. Dua kali MyTrip datang, kondisi rumput-rumputnya pun tak terurus. Tiket masuk tentu saja tak ada. MyTrip juga tak pernah bertemu pengunjung lain. Begitulah kebanyakan objek-objek wisata di Lembata, sepiii…. Padahal indaaaaahh….

 

Lapangan rumput dan rumah panggung yang terabaikan

 

Kamu mau ke sini? Yuk, ada kesempatan nih ikut open trip ke Lembata bersama MyTrip tanggal 13-20 Juli 2023. Hubungi 0811821006.

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Caroline Sutedja, Hendra Yuwono, Mayawati NH, Teo Liam Pheng, Vincent Halimaking
Comment