TANZANIA SUDAH BUKA UNTUK TURIS. WISATA APA YANG MENARIK? 2021-05-26 16:20

Daya tarik utama Tanzania: game drive

 

Salah satu negara yang sejak Juni 2020 lalu sudah membebaskan wisatawan dari negara mana pun masuk ke negaranya tanpa tes PCR apalagi karantina adalah Tanzania. Syarat visanya juga mudah, cukup dengan visa on arrival, termasuk bagi kita, WNI. Bandara internasionalnya ada tiga dan nggak sulit mencari penerbangan connecting dari Jakarta ke tiga bandara itu. Jadi, terlepas dari kondisi pandemi Covid-19 di sana yang tidak ada update datanya di Worldometer, Tanzania menjadi salah satu pilihan liburan ideal. Tapi mungkin Trippers ada yang bertanya, apa menariknya Tanzania? Waaa… banyak lho… Menarik banget malah! Mau tahu? Yuk mari lanjut.

 

Baca juga: "Berita Gembira, Spanyol Akan Buka Lagi Bagi Wisatawan Juni 2021"

 

SERENGETI DAN GREAT MIGRATION-NYA

Tanzania punya Taman Nasional Serengeti yang terkenal sebagai lokasi great migration alias migrasi besar-besaran jutaan kawanan wildebeest (satwa sejenis antelope). Bayangkan melihat 2 juta ekor wildebeest dan satwa lainnya seperti zebra dan rusa berbondong-bondong dan berdesakan menyeberangi sungai dengan cepat di bawah intaian buaya-buaya kelaparan. Siapa coba yang tak termimpi-mimpi melihat langsung atraksi survival yang sangat epik ini?

 

Great migration di TN Serengeti

 

Memang sih atraksi yang terjadi setahun sekali itu belum tentu bisa disaksikan meskipun kita sudah datang di waktu dan lokasi yang tepat. Namanya juga alam, nggak bisa diatur. Tapi tenang aja, selain great migration, Serengeti dan taman nasional atau kawasan konservasi lainnya di Tanzania menawarkan banyak tontonan seru di alam liar. Sebut saja, ratusan gajah yang merumput di padang maha luas, yang sesekali melenggang santai di hadapan mobil safari yang kita tumpangi; atau dua jerapah yang sedang bertarung cantik; atau kawanan singa, hyena atau cheetah yang sedang mengejar mangsa; atau juga ribuan burung flamingo sedang bersantai dengan mengangkat satu kaki di danau dangkal. Itu hanya sebagian saja.

 

Melihat singa dari dekat di alam liar

 

Selain Serengeti, ada banyak lokasi lain di Tanzania untuk safari atau game drive. Di antaranya Tarangire National Park, Lake Manyara National Park, Ngorongoro Conservation Area, Arusha National Park, Katavi National Park, Mikumi National Park, dll. Dan ada banyak sekali variasi paket safari yang ditawarkan. Semuanya menghadirkan pengalaman alam liar yang tak terlupakan.

 

Tarangire National Park

 

KILIMANJARO, STANDING MOUNTAIN TERTINGGI DI DUNIA

Tanzania juga punya Gunung Kilimanjaro (5.895 mdpl) yang masuk dalam daftar 7 Puncak Dunia. Posisinya nomor 4 di bawah Puncak Everest (8.848 mdpl) di Tibet & Nepal, Aconcagua (6.959 mdpl) di Argentina, dan Denali (6.194 mdpl) di Alaska. Dan jangan salah lho, Kilimanjaro merupakan standing mountain tertinggi di dunia. Tiga puncak lainnya berada di pegunungan, bukan gunung tunggal seperti Kilimanjaro.

 

Gagahnya Gunung Kilimanjaro

 

Jutaan pendaki dari berbagai penjuru dunia tergoda untuk menjejakkan kakinya di Puncak Uhuru sebagai puncak tertinggi di Gunung Kilimanjaro. Selain Everest tentunya, Kilimanjaro memang diimpikan banyak pendaki karena termasuk yang paling mudah didaki ketimbang 7 Puncak Dunia lainnya. Sarana dan prasarana pendakiannya pun sudah sangat memadai.  

 

ZANZIBAR, SALAH SATU PULAU LIBURAN TERBAIK

Safari di padang rumput dan hutan sudah, gunung juga sudah, jangan sedih… Tanzania masih punya kepulauan cantik di pesisir timurnya, di Samudera Hindia, yakni Kepulauan Zanzibar. Kepulauan Zanzibar yang terdiri dari dua pulau utama, Unguja/Zanzibar dan Pemba, menjadi destinasi favorit wisatawan dunia yang merindukan suasana liburan di pantai tropis berpasir putih, dengan ragam tawaran pesta pantai.

 

Pantai pasir putih di Zanzibar

 

MASIH ADA AIR TERJUN DAN DANAU

Tiga hal itu saja --Serengeti, Kilimanjaro, Zanzibar-- sudah menjadi magnet yang menyedot banyak wisatawan mancanegara datang berkunjung ke Tanzania. Masih ditambah lagi adanya Kalambo Falls (235 m), di perbatasan dengan Zambia, yang merupakan air terjun kedua tertinggi di Afrika, setelah Tugela Falls (948 m) di Afrika Selatan.

 

Kalambo Falls

 

Tiga dari danau terbesar di Afrika juga sebagian berada di Tanzania: Lake Victoria, Lake Tanganyika, Lake Malawi. Kurang apa lagi coba daya tarik Tanzania?

 

TENTANG TANZANIA

Tanzania berbatasan dengan Uganda, Kenya, Mozambik, Malawi, Zambia, Rwanda, Burundi, Kongo, serta Samudera Hindia dan Comoro Island di sebelah timurnya.

 

Peta Tanzania di Afrika

 

Wilayahnya sangat luas, 945.000 km2. Masih lebih luas dari Pulau Papua termasuk Papua Nugini (786.000 km2). Tanzania menjadi negara kedua terluas di Afrika Timur di bawah Ethiopia. Tapi kalau se-Afrika sih Tanzania nggak masuk 10 besar. Area seluas itu dihuni populasi sekitar 57 juta.

 

Sejak tahun 1996 ibu kotanya dipindahkan ke Dodoma. Tapi kota terbesarnya dan pusat bisnisnya tetap di Dar es Salaam, yang menjadi ibu kota sebelumnya.

 

Tanzania tidak punya bahasa resmi nasional secara de jure, walaupun bahasa Swahili dipakai secara nasional.

 

Zona waktunya GMT+3, yang berarti 4 jam lebih lambat dr WIB. Sedangkan mata uangnya Tanzanian Shilling (TS). 1 TS = +/-Rp6. 1 USD = +/-2.300 TS.

 

Selain mengurus visa on arrival atau e-visa yang masa berlakunya 90 hari dengan membayar USD 50-100, wisatawan yang masuk Tanzania juga wajib menunjukkan buku kuning berisi bukti vaksin yellow fever.

 

CARA KE TANZANIA

Meskipun jauh, Tanzania bukan negara yang sulit dijangkau dari Jakarta karena ada 3 bandara internasionalnya.

1. Julius Nyerere International Airport (DAR) di Kota Dar es Salaam, merupakan bandara terbesar di Tanzania, dan salah satu yang terbesar di Afrika Timur. Julius Nyerere adalah nama presiden pertama Tanzania.

2.Kilimanjaro International Airport (JRO). Bandara internasional terdekat bagi yang hendak ke Kilimanjaro dan safari. Berada di antara kota gerbang Kilimanjaro yaitu Moshi dan Arusha, awalan untuk safari.

3. Abeid Amani Karume International Airport (ZNZ) di Kepulauan Zanzibar.

 

Jakarta-Doha-Kilimanjaro (JRO)

 

Jadi kalau hendak safari atau mendaki Kilimanjaro, pilihlah penerbangan ke Kilimanjaro International Airport. Paling favorit dengan Qatar Airways, transit di Hamad International Airport di Doha dan Dar Es Salaam (total penerbangan termasuk transit 23-30 jam), atau kalau hanya transit sekali di Doha total penerbangan termasuk transit 17-19 jam. Jakarta – Doha: 8 jam. Doha- Kilimanjaro: 6 jam. Harga tiket pesawat normal Jakarta-Kilimanjaro PP sekitar Rp17-25 juta.

 

Bagaimana, menarik ‘kan Tanzania?

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, www.africaoracle.com, www.africasafariexperts.com.au, www.britannica.com, Zambia Tourism Agency
Comment