BERITA GEMBIRA, SPANYOL AKAN BUKA LAGI BAGI WISATAWAN JUNI 2021 2021-05-01 13:50

Park Guell di Kota Barcelona, salah satu destinasi wisata di Spanyol

 

Berita ter-update tentang negara mana lagi yang berencana membuka kembali perbatasannya untuk turis menjadi berita seksi yang sangat dinantikan banyak orang. Selain Yunani yang akan membuka negaranya bagi turis per 14 Mei 2021, ada lagi nih yang akan buka mulai Juni 2021: SPANYOL.

 

Pengumuman penting tersebut disampaikan pejabat Kementerian Pariwisata Spanyol, Fernando Valdes Verelst, pada kesempatan diskusi panel tanggal 27 April 2021 saat World Travel & Tourism Council’s (WTTC) Global Summit di Cancun, Meksiko, seperti diberitakan AFAR.com dan travelandleisure.com.

 

Ditegaskan, saat ini Spanyol sedang melakukan persiapan penerapan sertifikat kesehatan digital yang dalam masa uji coba di 46 bandara di seluruh Spanyol selama bulan Mei 2021 ini.

 

Baca juga: “Hal-Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Jalan-Jalan ke Spanyol (Bagian 1)

 

Bersama Yunani, Portugal, dan Italia, pemerintah Spanyol mendesak Uni Eropa untuk memberlakukan sistem sertifikat kesehatan digital yang akan mendorong pergerakan turis antarnegara-negara Uni Eropa selama pandemi yang masih berlangsung.

 

Awal Maret 2021 Komisi Uni Eropa memang telah mengajukan diberlakukannya Digital Green Certificate dengan tujuan memulihkan kegiatan perjalanan baik untuk bisnis maupun wisata di sesama negara Uni Eropa. Ini adalah sertifikat digital yang menyatakan si pemilik telah divaksin, atau hasil tes PCR-nya negatif, ataupun telah pulih dari Covid-19, dan sertifikat ini bisa menjadi salah satu syarat perjalanan. Bahkan usulannya berkembang untuk bisa diberlakukan bagi wisatawan di luar Uni Eropa. Sistemnya ditargetkan sudah siap pada musim panas atau Juni tahun 2021 ini.

 

Disadur dari beberapa media di Eropa, beberapa negara seperti Spanyol, Yunani, dan Islandia bahkan tak akan menunggu ketok palu dari Uni Eropa. Mereka benar-benar sudah bulat pada keputusan membuka kembali negaranya bagi kunjungan wisata dengan syarat sertifikat kesehatan digital. Dan hal ini berlaku bagi turis dari negara mana pun di seluruh dunia.

 

Baca juga: “Itinerary Eksplor Madrid-Seville-Cordoba-Granada (Spanyol) 7 Hari

 

Spanyol sendiri memiliki total kasus Covid-19 sebanyak 3,5 juta, dan hampir 78.000 kematian hingga 28 April 2021. Lebih dari 11 juta penduduk Spanyol telah menerima vaksin dosis pertama, dan 8% populasinya (sekitar  4 juta) telah lengkap vaksinasinya. Total populasi Spanyol +/-47 juta jiwa. Ditargetkan sebelum musim panas tahun ini yang divaksin sudah mencapai 70%.

 

Saat ini Spanyol hanya membuka perbatasannya untuk warga negara serta penduduk Uni Eropa, dan para turis dari negara-negara yang telah mendapat persetujuan dar Uni Eropa yakni Australia, New Zealand, Rwanda, Singapura, Korea Selatan, dan Thailand.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer), AFAR.com dan travelandleisure.com Foto: Daniel Corneschi (Unsplash)
Comment