APA SAJA YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM SAFARI DI AFRIKA? PALING BAGUS DI MANA? (Bagian 1) 2021-06-01 15:15

Game drive di Tanzania

 

Bersafari di Afrika untuk melihat langsung beragam binatang di alam liar boleh jadi merupakan mimpi para pejalan terutama yang suka petualangan. Dengan melakukan safari yang istilah lainnya game drive, kita bukan cuma bisa melihat kawanan satwa dari dekat melintas bahkan menghadang mobil safari yang kita tumpangi, tapi sekaligus juga mendengar suara derap kaki-kaki mereka memenuhi udara. Semua ini tentu nggak afdol kalau hanya dilihat lewat layar televisi, harus dialami langsung!

 

DI MANA TEMPAT TERBAIK UNTUK SAFARI?

Safari di Afrika bisa dilakukan di banyak negara, di antaranya Tanzania, Kenya, Afrika Selatan, Botswana, Ethiopia, Zambia, Zimbabwe, Namibia, Kongo. Total ada lebih dari 50 taman nasional dan kawasan konservasi yang bisa dijadikan lokasi game drive di Afrika.

 

Nah dari sekian banyak itu, yang paling populer dan layak untuk didatangi adalah Tanzania. Kenapa? Karena ada Taman Nasional Serengeti yang menjadi lokasi great migration alias migrasi besar-besaran kawanan wildebeest (satwa sejenis antelope) yang berdesakan menyeberangi sungai. Untuk melihat pemandangan epik inilah orang berbondong-bondong ke Tanzania.

 

Great migration di Serengeti

 

Dan selain Serengeti, ada tiga lagi taman nasional maupun kawasan konservasi yang bisa sekaligus dieksplor karena masih berada di satu wilayah, kurang lebih di barat laut atau utara Tanzania. Tiga tempat itu adalah Tarangire National Park, Lake Manyara National Park, dan Ngorongoro Conservation Area.

 

Baca juga: “Tanzania Sudah Buka untuk Turis. Wisata Apa yang Menarik?

 

BERAPA HARI IDEALNYA SAFARI DI TANZANIA?

Kalau Trippers hanya mau merasakan kayak apa sih safari itu, cukup ke empat tempat yang disebutkan di atas, yang bisa dilakukan dalam 3-4 hari. Ini durasi ideal, Trippers bisa puas melihat aneka satwa, migrasi kecil wildebeest di padang rumput luas, dan punya cukup kesempatan bertemu Big Five of Africa. Apa itu? Lima binatang yang paling favorit dan paling ingin dilihat para wisatawan yang bersafari di Afrika yaitu singa, macan tutul, gajah, kerbau Afrika, dan badak.

 

Singa, salah satu Big 5

 

Apa dasar pemilihan 5 satwa ini? Bukan berdasarkan ukuran badan, tapi lebih kepada tingkat kesulitan untuk diburu. Jadi zaman musim perburuan, para pemburu sangat bangga bila berhasil membawa pulang ke lima jenis hewan ini. Itulah mengapa, para ‘pemburu’ safari juga bisa pulang dengan bangga kalau berhasil bertemu Big 5.

 

O ya, durasi 3-4 hari juga MyTrip anggap tidak akan membosankan bahkan bagi orang-orang yang nggak terlalu serius mengamati kehidupan satwa liar. Tapi durasi ini tentu saja kurang bagi yang gemar mengamati satwa liar, apalagi punya target mendapatkan hasil foto maupun video yang bagus. Kalau tujuannya itu, 7 hari pun akan kurang.

 

TERBANG KE KOTA/BANDARA MANA YANG PALING DEKAT?

Untuk safari ke Serengti dan sekitarnya paling dekat masuk dari Arusha Airport. Tapi ini bukan bandara internasional, jadi agak sulit mencari tiket pesawat dari Jakarta yang connecting. Bisa sih, dan ada, tapi jatuhnya jadi lebih lama durasinya, dan lebih mahal harganya.

 

Jadi pilihlah penerbangan ke Kilimanjaro International Airport (JRO) dengan maskapai Qatar Airways. Transit di Hamad International Airport di Doha Qatar dan Dar Es Salaam di Tanzania (total penerbangan termasuk transit 23-30 jam). Atau kalau hanya transit sekali di Doha total penerbangan termasuk transit 17-19 jam. Harga tiket pesawat normal Jakarta-Kilimanjaro PP sekitar Rp17-25 juta.

 

Kilimanjaro International Airport

 

DARI KILIMANJARO AIRPORT LALU KE MANA?

Dari Kilimanjaro International Airport (JRO) ke lokasi-lokasi safari ada beberapa pilihan:

1. Langsung naik mobil ke Tarangire National Park ataupun Lake Manyara National Park, salah dua lokasi game drive yang dekat dari JRO.

- JRO ke Tarangire: 4 jam, 199 km.

- JRO ke Lake Manyara: 3 jam 20 menit, 184 km.

2. Dari JRO naik pesawat lagi ke Arusha Airport 15 menit kalau direct, sedangkan kalau naik mobil 1 jam 20 menit, dengan jarak 59 km. Dari Arusha baru sambung naik mobil.

- Arusha ke Tarangire: 2 jam 50 menit, 132 km.

- Arusha ke Lake Manyara: 2 jam, 117 km.

3. Dari JRO naik pesawat lagi ke Arusha Airport 15 menit. Dan dari Arusha Airport naik pesawat lagi ke airstrip masing-masing taman nasional. Jadi memang, hampir setiap taman nasional di Tanzania punya airstrip atau landasan pesawat terbang untuk pesawat kecil.

 

Kalau Trippers punya alokasi waktu paling tidak 5-7 hari, masih keburu banget kalau semuanya dilakukan dengan perjalanan darat dari JRO. Malah kita bisa sambil menikmati wilayah-wilayah pedesaan dan kota kecil di antara taman nasional.

 

Pintu Gerbang Serengeti National Park

 

Tapi kalau Trippers ke Tanzania cuma mampir sebentar, terbatas waktu, boleh dipertimbangkan untuk masuk ke Serengeti atau taman nasional lain dengan pesawat. Atau masuk dulu ke Tarangire atau Lake Manyara atau Ngorongoro dengan mobil, lalu lanjut ke Serengeti. Pulangnya baru naik pesawat dari Serengeti ke Arusha.

 

MENGINAP DI MANA?

Salah satu lodge di Serengeti

 

Banyak sekali lodge sederhana maupun resor mewah yang berada di dalam taman nasional, terutama di Serengeti. Tidak cuma terpusat di satu area, tapi di banyak tempat, cukup menyebar. Mau camping biasa atau glamping juga bisa. Atau ada juga penginapan berbentuk tenda tapi didirikan di atas rumah panggung.

 

Bersambung ke sini

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, www.africasafariexperts.com.au
Comment
Carmine

free online sex free porn online

2021-09-21