INI DIA CARA GAMPANG MENGEKSPLOR CHIANG MAI 2023 2023-12-11 22:35

Wat Chai Mongkhon, salah satu kuil cantik di Chiang Mai

 

Selain Bangkok, Pattaya, dan Phuket, Provinsi Chiang Mai yang berada di Thailand bagian utara juga menjadi tempat liburan favorit banyak orang. Kota Chiang Mai, ibu kotanya, mudah dijangkau dari dari Jakarta, walaupun belum ada penerbangan langsung. Dari Bangkok, ibu kota Thailand, Chiang Mai bisa dijangkau dengan bus, kereta, maupun pesawat. Untuk mengeksplornya pun, gampang. Segampang apa? MyTrip bagikan nih pengalaman mengunjungi Chiang Mai akhir Oktober 2023 lalu.

 

Baca juga: “Mau Dipijat Narapidana? Datanglah ke Chiang Mai!

 

PERLUKAH BOOKING TUR SEBELUM TIBA DI CHIANG MAI?

Kalau cuma liburan keluarga ber-4 atau liburan bersama teman-teman sejumlah 10 orang pun, tidak perlu online booking paket tur jauh-jauh hari. Pertama, harga paket tur yang ditawarkan di internet lebih mahal dibanding jika Trippers booking langsung ketika sudah berada di Chiang Mai. Kedua, tawaran paket tur bertebaran di resepsionis hotel dan di jalan-jalan di hampir semua sudut keramaian Kota Chiang Mai dengan harga yang nyaris seragam (boleh aja nawar, tapi nggak bakal dapat diskon banyak, sudah harga sejuta umat). Tur yang ditawarkan ada join tour maupun private tour. Untuk private tour Trippers juga bisa memilih beli paket atau hanya sewa mobil. Ketiga, Trippers baru booking dan bayar malam ini, besok pagi sudah siap berangkat. Begitu mudah!

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor Thailand (Bagian 1)

 

PERLUKAH BOOKING HOTEL SEBELUMNYA?

Untuk meminimalkan kerepotan memilih dan mengecek langsung hotel-hotel yang ada, MyTrip sarankan booking hotel sebelumnya. Minimal untuk malam pertama. Jadi dari bandara, Trippers sudah tahu hotel mana yang dituju.

 

Ada beberapa pilihan area. Yang favorit tentu saja area Old Town atau Old City. Untuk lebih merasakan atmosfer Chiang Mai sebagai kota yang sarat sejarah, pilihlah area Old Town. Tapi kalau mau suasana yang lebih modern, pilih area Nimman yang penuh dengan kafe, resto dan hotel modern. Ini boleh dibilang Seminyak-nya Chiang Mai.

 

MyTrip menginap di Lannatree Boutique Hotel di area Old Town. Per malamnya +/-Rp500.000 (tanpa sarapan). Selain bersih, ukuran kamarnya cukup luas, pelayanannya juga memuaskan, keramahan khas Thailand. Mereka tidak agresif menawarkan sewa mobil maupun tur, tapi begitu kami bertanya, mereka punya penawaran beragam dan sangat informatif. MyTrip memesan paket tur dari Lannatree.

 

Kamar di Lannatree Boutique Hotel, cukup luas dan bersih

 

GAMPANGKAH CARI SARAPAN DAN TEMPAT MAKAN MALAM?

Kami sengaja memesan kamar hotel tanpa sarapan karena ingin menjajal aneka sarapan lokal yang banyak dijajakan di pinggir jalan. Di sekitar Lannatree Boutique Hotel ada beberapa gerobak penjual sarapan, juga warung yang menjual pad thai maupun mie kuah. MyTrip juga sempat berjalan kaki beberapa blok,dan menemukan penjaja-penjaja makanan lainnya di pinggir jalan.

 

Pad thai

 

Persis di sebelah Lannatree ada kedai Coffee Kiss yang menjual es kopi susu, Thai tea dan minuman lainnya dengan harga hanya THB30 (+/-Rp15.000). Ukuran gelasnya jumbo! Rasanya enak!

 

Menu kedai Coffee Kiss

 

Untuk makan malam juga aman terkendali. Hanya selemparan batu dari Lannatree ada Lanna Square, outdoor food court yang selain menjual ragam makanan khas Thailand, juga memiliki panggung hiburan.

 

Lanna Square

 

Sunday market yang dikenal dengan nama Tha Phae Walking Street juga bisa dicapai dengan 10-15 menit jalan kaki dari Lannatree. Ada area food court terbuka yang riuh rendah, dan di sepanjang jalan maupun gang-gang penuh penjual aneka produk fashion dan barang-barang unik lainnya. Bisa kalap belanja di sini. Juga ada sentra pijat outdoor yang ramai sekali peminat. Hanya ada hari Minggu ya…

 

Fashion di Sunday Market

 

Barang-barang unik

 

Salah satu penjaja makanan di Sunday Market

 

BAGAIMANA TRANSPORTASI UNTUK KELILING DALAM KOTA CHIANG MAI?

Taksi meter atau taksi resmi berargo memang nggak banyak kelihatan berseliweran di jalan. Tapi jangan khawatir, taksi online tentunya ada, yakni Grab dan Bolt. Selain itu, Trippers bisa menyetop songtheaw berwarna merah yang banyak beredar di jalan-jalan. Songthaew yang bisa memuat 10 penumpang lebih ini sebenarnya punya rute, tapi bisa juga dicarter sesuai tujuan kita dengan bayaran per orang THB 30 (+/-Rp15.000). Kalau Trippers hanya berdua atau bertiga bisa menyetop tuktuk dengan tarif yang bersahabat dan bisa ditawar. Sewa motor atau sewa sepeda juga mudah. Resepsionis hotel bisa bantu mencarikan.

 

Baca juga: "Panduan ke Ayutthaya Mudah dan Murah dari Bangkok"

 

NAIK PESAWAT APA DARI JAKARTA KE CHIANG MAI?

Ada AirAsia Berhad (Malaysia) yang transit di Kuala Lumpur, Thai Lion Air transit di Bangkok Don Mueang, Garuda Indonesia yang bekerja sama dengan Bangkok Airways transit di Bangkok Suvarnabhumi. Maskapai lainnya yakni Bangkok Airways hanya punya jadwal yang mengharuskan kita menginap dulu di Bangkok, dan baru terbang lagi esok harinya.

 

APA AJA YANG BISA DIKUNJUNGI DI CHIANG MAI?

Lanjut ke artikel selanjutnya ya…. Baca di sini

 

Baca juga: "Eksplor Chiang Mai 2 Hari Full, Bisa ke Mana Aja? (Bagian 1)"

 

 

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment