SIAPA BILANG PATTAYA HANYA COCOK BUAT YANG MENCARI HIBURAN DEWASA? (Bagian 1) 2016-03-28 00:00

Sanctuary of Truth

 

 

Apa yang pertama tebersit begitu mendengar “liburan ke Pattaya”? Pasti lady boy show dan show khusus dewasa ya? Jadi Pattaya dianggap nggak cocok buat liburan keluarga. Padahal banyak obyek wisata di Pattaya yang cocok bagi semua anggota keluarga lho!

Pattaya yang terletak 150 km di tenggara Bangkok, di pesisir Teluk Thailand dapat dicapai dari Jakarta dengan terbang dulu ke Bangkok. Harga tiket pesawat Jakarta-Bangkok PP mulai Rp 3 jutaan. Durasi terbang: 3,5 jam. Bisa naik Garuda Indonesia, AirAsia, Thai Airways.

Catatan: AirAsia mendarat di Bandara Don Mueang, bukan Suvarnabhumi. Dari Don Mueang ke Suvarnabhumi tersedia shuttlebus gratis.

 

Cara ke Pattaya dari Bangkok:

  • Dari Bandara Suvarnabhumi: naik bus umum +/-THB 150 atau sewa mobil +/-THB 2.000.
  • Dari Bangkok Eastern Bus Terminal (Ekamai): naik bus umum nonstop +-THB 130 atau naik van umum +/-THB 150.

Waktu tempuh Bangkok-Pattaya: 1,5-2 jam.

 

Mata uang: Thailand Baht (THB). THB 1=-/+Rp 400.

 

Cara Keliling Pattaya:

Pattaya nggak punya MRT dan BTS seperti di Bangkok. Adanya songthaew, sejenis angkot, tarif sekali naik THB 10-30 tergantung jarak. Jadi untuk keliling, apalagi sampai ke luar Pattaya seperti Rayong, paling nyaman sewa mobil, sehari THB 1.500-2.000. Atau sewa songthaew +/-THB 200. Ojek juga ada. Harga bisa dinego.

 

Tempat-tempat yang bisa dieksplor:

PATTAYA FLOATING MARKET

 

Penjual sate buaya di Pattaya Floating Market

 

Di: Sukhumvit Road.

Ke sini: Sewa songthaew. Atau naik bus dengan tarif THB 20.

Buka: Pkl.09.00-20.00

Tiket: THB 200.

Di pasar terapung yang menempati area seluas 100.000 m2 ini ada >100 toko dibangun di atas atau tepi danau, dihubungkan dengan jembatan dan kanal-kanal. Tokonya mayoritas menjual baju dan kerajinan khas Thailand. Sedangkan tukang jajanan menjajakan dagangannya dari atas perahu. Variatif banget jajanannya, termasuk ada sate buaya. Kalau mau keliling dengan perahu, harganya THB 100/orang.

 

SANCTUARY OF TRUTH

 

Sanctuary of Truth di waktu malam terlihat dari Naklua Kitchen

 

Di: Laem (Cape) Rachvate, Na Klua Road, North Pattaya.

Ke sini: Kalau nggak sewa mobil, bisa sewa ojek, THB 50-100.

Buka: Pkl.08.00-17.00 (ada pertunjukan Thai cultural dance pkl.11.30 dan 15.30).

Tiket: THB 500.

Bangunan mirip candi setinggi 105 m yang seluruhnya terbuat dari kayu ini bukan candi peninggalan zaman dulu lho! Ini murni hasil buah pikir dan kreasi seni seorang miliuner Thailand bernama Lek Viriyaphant yang memimpikan sebuah sanctuary. Mulai dibangun tahun 1981 dan hingga kini belum rampung, sampai penggagasnya telah meninggal. Ukiran kayunya detil banget! Bangunan ini bisa dinikmati dari luar saja, juga bisa dimasuki. Masih satu area, ada Naklua Kitchen, restoran di mana kita bisa melihat Sanctuary of Truth dari atas.

 

ART IN PARADISE

Seolah-olah berada di tempat aslinya, padahal cuma lukisan

 

Di: 78/34 Moo 9 Pattaya 2nd Road, North Pattaya.
Buka: Pkl.09.00-21.00

Tiket: THB 300 (dewasa), 200 (anak-anak).
Museum atau galeri seni ini memajang lukisan ilusi 3 dimensi. Mirip Trick Eye Museum. Buat yang hobi banget narsis, bisa lama menghabiskan waktu di sini, karena pasti akan rela ngantre di tiap lukisan, dari mulai yang underwater, alam liar, sampai lukisan klasik dan surealis. Kalau punya waktu singkat, jangan kelamaan di bagian depan, karena di bagian akhir ada ilusi-ilusi yang lebih seru lagi. O ya, masuk museum ini kudu buka alas kaki ya.

(Bersambung)

Teks: Mayawati NH ; Foto: Dok.Sheraton Pattaya Resort, Hartadi, Mayawati NH, Shutterstock
Comment
Lia

HAlo mau tanya...sewa song thaew sehari atau ke 5 tempat gitu itungannya brapa duit biasanya ya...

2016-11-26