6 RESTO & CAFE SEMI OUTDOOR DI SENTUL BUAT HEALING MAUPUN KUMPUL KELUARGA (Bagian 2-Tamat) 2022-05-09 00:15

Healing di tengah suasana yang bikin Jatuh Hati

 

Makin bertaburan sekarang ini restoran atau kafe semi outdoor yang selain menjual makanan dan minuman tentunya, juga “menjual” suasana. Di Sentul Bogor, terutama di daerah Bojong Koneng, hampir tiap beberapa ratus bahkan beberapa puluh meter saja kita akan menemukannya. Pemandangan ijo royo-royo ke arah Gunung Pancar dan jajarannya menjadi andalan. Ditambah interior dan “aksesoris” lainnya yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Beberapa tempat juga menyediakan wahana bermain anak walaupun dalam skala kecil.

 

MyTrip kembali lagi menyambangi beberapa resto sejak Agustus 2021 hingga April 2022 dengan semangat berbagi informasi nyata dari tempatnya langsung. Nggak ada endorsement. Pemilihannya random saja dan kebetulan semuanya memuaskan, layak direkomendasikan. Bolehlah ajak keluarga bersantai maupun untuk Anda healing, melepaskan diri sejenak dari penat. Kali ini 6 tempat dulu ya, khusus yang di Sentul, aksesnya dari exit tol Sentul Selatan.

 

Catatan: Menu-menu yang ditampilkan tentu hanya sebagian. Harga dan jam buka bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Bagian 1 bisa dibaca di sini.

 

 

4. PANCAR GARDEN

Resto yang satu ini sempat viral di awal mula kehadirannya. Pasalnya, tempatnya sungguh megah dan luas, serta tentunya menyajikan pemandangan perbukitan cantik yang terhampar tanpa halangan karena di lantai satu jendela kacanya besar-besar dan di lantai dua dinding kacanya full dibuka serta ada bagian outdoor-nya. Sayangnya, kala itu sempat beredar juga berita tentang lambannya pelayanan, terutama saat weekend dan jam-jam makan.

 

Restonya megah dan luas

 

Jendelanya besar-besar di lantai satu

 

Bagian outdoor di lantai dua

 

Bagian dalam di lantai dua

 

Maka saat mencobanya di suatu Jumat siang saat bulan puasa, MyTrip sudah menyiapkan sabar untuk menunggu. Ternyata di luar dugaan, penyajiannya super cepat! Baru saja duduk setelah meninggalkan meja kasir, eeh… Ice Lychee Tea pesanan sudah disorongkan pelayan. Tetap belum optimis Asam-Asam Iga akan hadir cepat juga. Tapi lagi-lagi salah, karena menu pesanan itu pun hadir tak lama setelah minumannya. Wowww… Entah ini hanya sebuah keberuntungan atau mereka memang sudah meningkatkan kecepatan pelayanannya.

 

Makan enak with a view

 

Alamat: Jl. Raya Bojong Koneng, Bojong Koneng, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Telp: 0855 1000 577.

Jenis tempatnya: Restoran modern dengan bangunan megah dua lantai dan area outdoor.

 

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di pintu Sentul Selatan, lalu belok kiri ke arah Sentul City. Setelah melewati Taman Budaya Sentul beberapa puluh meter ada belokan ke kanan, plang penandanya “Bali Hill”, nah masuk ke situ, tinggal ikuti jalan agak menanjak, berliku dan cukup sempit, hanya sekitar 5 menit. Posisinya di kiri jalan.

Jam buka: 10.00-21.00 (setiap hari).

Cara order: Begitu masuk disambut petugas registrasi, lalu ditanya mau ke resto di lantai tersebut atau kafe di lantai atas, tapi menunya sama. Lalu pesan dan bayar di meja kasir.

 

Meja kasir di lantai dua. Di sebelahnya ada etalase dengan pastry dan croissant yang menggoda

 

Menu utama: Western Food, Indonesian Food, pastry, croisssant, dessert, kopi.

Menu dan harga: Lamb Shank Curry Rp250.000, Nasi Yasa Rp75.000, Asam-Asam Iga Rp80.000, Nasi Goreng Pancar Garden Rp75.000, Korean Garlic Cheese Rp50.000, Red Velvet Croissant Rp44.000, Singkong Goreng Rp30.000, Kopi Tubruk Rp33.000, Orange Juice Rp29.000, Ice Lychee Tea Rp29.000.

 

Asam-Asam Iga

 

Menu untuk vegetarian: Nasi Broccoli Jamur, aneka pastry, croissant dan dessert.  

Parkir: Sangat luas. Dan memakai sistem secure parking.

Fasilitas tambahan: Ada lapangan rumput dan taman. Juga sedang dibangun penginapan.  

 

Lapangan rumput di samping bangunan utama, anak-anak bisa bermain di sini

 

5. JATUH HATI CAFE & RESTO

Banyak orang memang jatuh hati pada tempat yang mengklasifikasikan dirinya sebagai cafe |artspace | leisure ini. Suasananya adem asri dan bikin betah, dengan hamparan sawah yang memanjakan mata. Makanan dan minumannya, termasuk kopinya, patut dipoedjiken.

 

Suasananya adem asri, dengan hamparan sawah di depannya

 

Begitu masuk kita dihadapkan pada ruang lobi mungil tempat meja kasir dan konter minuman berada, dan di sisi lainnya ditempatkan sofa serta lukisan-lukisan --buat spot foto. Area dining berada di belakangnya, semuanya outdoor. Ada meja-meja berpayung, dan lebih banyak lagi meja kursi tanpa atap sama sekali, hanya berlindung di bawah keteduhan pepohonan dan jaring-jaring. Di bagian sebelah kiri ada juga sih meja kursi di bawah atap transparan. Di bagian tengah ada panggung live music.

 

Lobi mungil tempat meja kasir dan konter minuman/bartender

 

Ada meja-meja berpayung dan meja kursi di tempat terbuka

 

Untuk meneduhkan dipasang jaring-jaring

 

Di salah satu bagian halaman rumputnya terdapat wahana permainan anak. Tapi anak-anak yang suka alam pasti akan memilih berlarian ke pematang sawah di depannya. Kalau waktunya pas bisa melihat ibu-ibu tani bekerja.  

 

Anak-anak bisa bermain di sawah

 

Alamat: Jl. Karang Tengah, Karang Tengah, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Telp: 0852 1060 7688, 0813 1717 1081.

Jenis tempatnya: Kafe yang seluruh area diningnya outdoor, dengan payung-payung, serta pohon dan jaring-jaring lebar sebagai peneduh, serta pemandangan sawah di depannya.

 

Hamparan sawah di depannya

 

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di pintu Sentul Selatan, lalu belok kiri ke arah Sentul City. Ikuti arah ke Jungle Land. Sebelum jalan masuk menuju Jungle Land, ada jalan kecil di sebelah kanan, arah ke Gunung Pancar, nah masuk ke situ. Melewati jalan yang lumayan menanjak dan berlika-liku, hanya sekitar 10 menit. Posisinya di kiri jalan.

Jam buka: 10.00-20.00 (weekdays), 09.00-20.00 (weekend/libur nasional)

Cara order: Lihat menu dan pesan di meja kasir di lobi depan.

Menu utama: Kebanyakan Western Food, ada juga Indonesian Food, aneka kopi, juice, shake, mojito.

Menu dan harga: Signature Pizza Rp80.000, Spaghetti Carbonara Rp48.000, Chicken Cordon Bleu Rp56.000, Nasi Goreng Jatuh Hati Rp56.000, Brownies with Ice Cream Rp34.000, Bitter Ballen Rp33.000, Pisang Goreng Keju Rp34.000, Affogato Rp34.000, Capugatto Rp40.000, Es Kopi Susu Jatuh Hati Rp37.500, Fresh Kedondong Rp32.000, Lemon Tea Ice/Hot Rp23.000.

 

Chicken Cordon Bleu

 

Brownies with Ice Cream

 

Menu untuk vegetarian: Terbatas hanya camilan.

Parkir: Cukup memadai, ada di depan restonya dan ada lahan parkir lagi di seberang jalan.

Fasilitas tambahan: Menawarkan paket trekking. Tempatnya bisa dibuking untuk gathering  maupun wedding.

 

Baca juga: “14 Tempat Makan & Santai Semi Outdoor di Bodetabek, Cianjur, Bandung, & Sukabumi (Bagian 2)

 

6. PENDOPO CIHERANG

Menjual pemandangan dan suasana di samping sungai, sesuai klasifikasi yang dicantumkan di Instagramnya: riverside cafe, resto & villa. Suara gemericik air menemani kita bersantap di area dining yang sebagian besar terbuka dengan peneduh payung-payung. Ada juga bagian pendopo atau gazebonya.

 

Resto di tepi sungai

 

Tempat ini memposisikan diri bukan hanya sebagai tempat makan tapi juga objek wisata, makanya memberlakukan tiket masuk. Senilai Rp5.000 dari tiket masuk bisa dijadikan voucher potongan makan-minum. Terdapat beberapa wahana dan spot foto seperti jembatan merah maupun jembatan kayu yang membujur di sepanjang tepi sungai. Ada gerbang batu yang mengesankan seperti gerbang candi, patung Garuda Pancasila, menara flying fox (flying fox-nya beroperasi hanya setiap weekend).

 

Menara flying fox

 

Berfoto di jembatan kayu yang membujur di sepanjang tepi sungai

 

Yang tak kalah menarik adalah pendopo yang berfungsi sebagai lobi utama dengan meja kasir dan sekaligus dining area. Di tengahnya ada meja yang terbuat dari kaki mesin jahit, dialasi taplak kain tradisional dan patung kayu dipajang di atasnya. Salah satu dindingnya berupa ukiran kayu. Di depannya dipajang becak, sepeda ontel, wayang kulit.

 

Meja dari mesin jahit

 

Kain tradisional dan patung kayu

 

Becak dan sepeda ontel

 

Sebelum masuk ke area kolam renang, kita akan menjumpai satu ruang kaca yang di dalamnya dipajang foto-foto para Presiden RI dari Soekarno sampai Joko Widodo, juga ada beberapa replika pesawat tempur. Di belakang ruang ini ada patung kereta kuda. Pokoknya ada sangat banyak wahana atau objek untuk berfoto.

 

“Ruang presiden”

 

Saat air surut di musim kemarau, pengunjung bisa bermain air di badan sungainya. Namun saat MyTrip datang airnya sedang deras, tapi untunglah ada pembatas batu-batu besar sehingga bagian tepi sungai tetap dangkal dan aman buat dipakai bermain anak-anak asal diawasi.

 

Bisa bermain di bagian sungai yang dangkal

 

Alamat: Jl. Karang Tengah, Karang Tengah, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Telp: 0813 8597 7651, 0812 1108 1813.

Jenis tempatnya: Resto tepi sungai dengan saung-saung ala joglo dan area outdoor dengan payung-payung.

 

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di pintu Sentul Selatan, lalu belok kiri ke arah Sentul City. Ikuti arah ke Jungle Land. Sebelum jalan masuk menuju Jungle Land, ada jalan kecil di sebelah kanan, arah ke Gunung Pancar, nah masuk ke situ. Melewati jalan yang lumayan menanjak dan berlika-liku, sekitar 20 menit. Posisinya di kanan jalan. Ada penanda cukup besar “Pendopo Ciherang”, tapi itu lokasi parkirnya. Pintu masuk restonya ada di sebelahnya, dipisahkan oleh aliran sungai.

Jam buka: 08.00-19.00 (setiap hari)

Tiket masuk: Rp30.000 (dewasa), Rp25.000 (anak-anak), Rp100.000 (keluarga), Rp15.000 (berenang)

Cara order: Cari meja saja dulu, lalu minta menu dan order pada pelayan.

 

Meja-meja favorit

 

Menu utama: Indonesian Food, kopi, fresh juice, camilan.

Menu dan harga: Nasi Liwet Pendopo Rp50.000, Ayam Goreng Rp23.000, Soto Daging Pendopo Rp40.000, Udang Goreng Telur Asin Rp35.000, Genjer Cah Eby Rp20.000, Singkong Goreng Rp23.000, Siomay Rp23.000, Black Coffee Hot/Ice Rp18.000, Lemon Tea Hot/Ice Rp23.000, Fresh Juice Kedondong Rp20.000.

 

Nasi Liwet Pendopo

 

Fresh juice

 

Menu untuk vegetarian: Tahu, tempe, aneka sayuran, aneka camilan.

Parkir: Luas, di seberang sungai. Tapi kalau Trippers datang paling dulu, bisa parkir di bagian depan restonya.

 

Fasilitas tambahan: Tersedia penginapan berupa rumah kayu sebanyak 5 unit.

Rumah kayu yang disewakan

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Dok. MyTrip, Mayawati NH
Comment