5 RESTO & CAFE SEMI OUTDOOR BERPEMANDANGAN CANTIK DI BOGOR 2022-05-17 22:35

Nice food, nice view. Damar Langit

 

Resto dan kafe dewasa ini nggak cukup hanya dengan menjual aneka makanan dan kopi enak saja, tapi juga harus menawarkan pemandangan cantik. Bisa ke arah barisan pegunungan maupun persawahan, dll. Tambah diminati lagi kalau menawarkan kegiatan yang bisa dilakukan sembari menunggu pesanan hadir di meja. Dan beruntungnya kita, resto ataupun kafe semacam itu sudah banyak sekali hadir di sekitar Jakarta. Kalau di artikel sebelumnya khusus dibahas yang di Sentul Bogor, kali ini yang di kecamatan lain, masih di Kabupaten Bogor. Ada Cisarua, Megamendung, Pancawati Caringin, Cigombong, dan Cijeruk.

 

Kelima resto ini MyTrip sambangi sejak Agustus 2021 hingga Mei 2022. Tujuannya tentu berbagi informasi nyata dari tempatnya langsung. Nggak ada endorsement. Pemilihannya random saja dan kebetulan semuanya memuaskan, layak direkomendasikan.

 

Baca juga: “14 Tempat Makan & Santai Semi Outdoor di Bodetabek, Cianjur, Bandung, & Sukabumi (Bagian 1)

 

Catatan: Menu-menu yang ditampilkan tentu hanya sebagian. Harga dan jam buka bisa berubah sewaktu-waktu.

 

1. DAMAR LANGIT

Dari beberapa resto yang menjual pemandangan, Damar Langit boleh dibilang salah satu yang unggul. Posisinya memang bagus banget, di ketinggian, tak terhalang, bisa melihat langsung panorama Gunung Salak maupun Gunung Gede-Pangrango. Dengan catatan pas cuaca cerah ya…

 

Mencapainya juga nggak sulit-sulit amat ternyata, nggak seperti yang pernah diviralkan. Memang jalanannya menanjak, lika-liku, sempit di beberapa ruas, tapi masih aman lah papasan dengan mobil lain. Ada beberapa ruas jalan aspalnya agak rusak, tapi mobil jenis sedan pun masih bisa lewat. Tanjakan dan tikungannya pun nggak ada yang ekstrem. Tiba di lokasi parkir, kita harus berganti naik mobil buggy dari pihak pengelola, gratis, nggak bayar lagi (sudah termasuk dalam tiket masuk). Menanjak jalannya, hanya sekitar 3 menit.

 

Ganti naik mobil buggy ke lokasinya

 

Area dining-nya luas, ada beberapa bagian. Ada Pangrango Area, Salak Area, Kencana Deck. Ada yang di gedung utama 2 lantai, ada yang di pinggiran tebing tanpa atap --hanya di bawah kerindangan pohon, ada yang ruang terbuka dengan atap. Pokoknya tinggal pilih mau duduk di mana kalau Trippers datang lebih awal saat belum banyak pengunjungnya. Kalau kira-kira cuacanya mendung, ya mending cari aman duduk di tempat yang ada atapnya.

 

Di pinggir tebing tanpa atap

 

Di bawah kerindangan pohon

 

Ruang terbuka beratap dan tak beratap, bebas pilih mau makan di mana

 

Alamat: Jl. Batu Sapi, Batu Layang, Cisarua, Kabupaten Bogor. Telp: 0251 8295404, 0251 8260424, 0857 7422 3392.

Jenis tempatnya: Resto di tengah kerimbunan pohon pinus dengan area dining indoor, outdoor dan semi outdoor. Terdiri dari Damar Langit Dining dan Damar Langit Resort.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di Taman Safari/Puncak/Bandung, ikuti Jl. Raya Puncak sepanjang 11 km. Belok kiri di Indomaret Cisarua 3, masuk Jl. Siliwangi. Dari situ beberapa kali belok kiri-kanan, ikuti saja Google Maps. Dari belokan Indomaret hingga sampai ke lokasi +/-3,5 km, ditempuh +/-20 menit.

Jam buka: 10.00-21.00 (Senin-Jumat), 10.00-22.00 (Sabtu-Minggu).

Tiket masuk: Rp15.000 (dewasa), anak <5 tahun gratis, mobil Rp15.000.

Cara order: Cari meja dulu, lalu pesan pada pelayan yang menghampiri dengan membawa buku menu.

Menu utama: Nusantara, International Cuisine, camilan, kopi, artisan tea, juice, mocktail.

Menu dan harga: Family Style Package (for 4 person) Rp540.000, Sop Iga Rp150.000, Ayam Taliwang Rp102.000, Ayam Cabai Ijo Rp102.000, Chicken Steak Rp108.000, Thai Beef Salad Rp72.000, Singkong Goreng Rp60.000, Damar Langit Club Sandwich Rp105.000, Tiramisu Cake Rp66.000, Americano Rp42.000, Es Kopi Kacang Hijau Rp54.000, Damar Bandrek Rp48.000, Klepon Latte Rp54.000, Vietnam Drip Rp42.000, Green Tea (artisan tea) Rp66.000, Orange Juice Rp48.000, Iced Tea Rp30.000.

 

Ayam Taliwang

 

Sop Iga

 

Menu untuk vegetarian: Beberapa menu Starters, Salad, Dessert.

Parkir: Cukup luas. Untuk menuju restorannya kita ganti naik mobil buggy yang disediakan pengelola.

Fasilitas tambahan: Resor berupa bangunan serupa dome. Yang sudah beroperasi baru 2 unit. Sedang dibangun lagi beberapa unit. Kolam renang juga ada. Ada juga teras pohon untuk berfoto.

 

Resor berupa bangunan serupa dome dengan pemandangan cantik di depannya

 

Teras pohon

 

2. NGOPI DI SAWAH

Waktu MyTrip datang ke sini Agustus 2021, sekitar jam 10 lewat, sudah ada pengunjung lain yang datang. Kami semua menunggu di gazebo yang memang berfungsi sebagai ruang tunggu. Karena datang di hari kerja, MyTrip tidak melakukan reservasi. Jadi ketika petugas mulai mendata, MyTrip mendapatkan nomor antrean yang cukup jauh. Ya, kita harus menunggu dipanggil baru bisa masuk ke area diningnya. Oleh petugas diberi meja sesuai ketersediaan. Kami dapat tempat di bangunan utama berupa joglo, bukan di saung-saung yang mengelilingi sawah. Duduk di mana pun, kita bebas berfoto atau sekadar jalan-jalan di area sawahnya yang berada di tengah-tengah. Jadi nggak usah ngotot untuk dapetin saung di muka sawah.

 

Bangunan utama berupa joglo

 

Saung-saung di muka sawah

 

Jalan-jalan di area yang ada sawahnya

 

Cara penyajian makanannya yang unik patut diacungi jempol. Sop Buntut misalnya, disajikan dalam rantang susun warna merah bermotif bunga. Satu rantang isi daging dan kondimennya, satu rantang lagi isi kuah. Mie Tek Tek-nya pun hadir dengan gulungan mie yang membalut sumpit. Ongol-Ongol Singkongnya juga tampil seksi menggoda. Jangan lewatkan untuk memesan salah satu dari crafted iced drinks, selain namanya menarik dan penampilannya yang cantik, rasanya pun unik-enak-segar!

 

Sop Buntut disajikan dalam rantang

 

Mie Tek Tek

 

Alamat: Jl. Puri Cemara KM 72 No.90, Gadog, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor. Telp: 0811 1642 205.

Jenis tempatnya: Restoran outdoor dan semi outdoor dengan sawah di tengahnya. Tapi sawahnya nggak seluas yang diekspektasi banyak orang.

 

Saung di dekat sawah

 

Bagian outdoor-nya

 

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di Taman Safari/Puncak/Bandung, ikuti Jl. Raya Puncak sepanjang 2,3 km. Belok kanan masuk ke Jl. Puri Cemara. Jalannya cukup sempit dan menanjak, tapi hanya 260 m kok.

Jam buka: 11.00-21.00 (Senin-Jumat), 09.00-21.00 (Sabtu-Minggu).

Cara order: Antre di konter kasir, lihat menu, pilih dan langsung bayar. Cara ini membuat terjadi antrean panjang terutama saat jam sibuk, apalagi kalau ada banyak orang yang terlalu plintat-plintut saat memesan dan tidak memikirkan orang-orang yang antre di belakang.

Menu utama: Masakan Indonesia, camilan, kopi, aneka crafted iced drinks.

Menu dan harga: Sop Buntut Rp76.000, Nasi Gumbira (nasi liwet dan lauknya) Rp53.000, Mie Tek Tek Rp29.000, Nasi Goreng Sawah Rp29.000, Batagor Campur Rp26.000, Ongol-Ongol Singkong Rp16.000, Kopi Tubruk Rp19.000, Affogatto Puter Rp31.000, Timon Lemon (teh lemon) Rp27.000, Air Mata Kucing (jeruk nipis/gula aren/kelengkeng) Rp31.000, Kopi Putu Rp27.500.

 

Nasi Gumbira

 

Batagor Campur

 

Timon Lemon

 

Menu untuk vegetarian: Terbatas hanya camilan (di buku menu ada di bagian “Piring Kecil”).

Parkir: Cukup memadai.

 

3. LINGKUNG GUNUNG

Lingkung Gunung Adventure Camp terdiri dari adventure camp, cottage, glamping, camping area, campervan, dan Elji Cafe. Yang dibahas di sini tentu hanya kafenya. Makan di Elji Cafe, tentu saja bisa sambil melihat-lihat fasilitas lainnya. Yang paling menarik Glampcamp-nya yang berupa bangunan mungil berbentuk segitiga.

 

Glampcamp di Lingkung Gunung

 

Untuk mencapai tempat ini memang dibutuhkan usaha lebih. Lokasinya boleh dibilang berada paling atas dari deretan kafe dan resto di Pancawati Bogor. Sekitar 500 m ke atas lagi dari Kopi Daong. Siang hari pun di sini udara sejuk dengan pemandangan perbukitan di depannya.

 

Kursi-kursinya tanpa sandaran ataupun dengan sandaran pendek, yang memang bukan ditujukan buat berlama-lama. Ada juga bagian lesehannya yang dialasi karpet hijau. Hanya pemandangan memang yang dijual kafe ini, karena interiornya ya begitu aja. Makanan pun standar saja, tapi sebanding dengan harga yang tak dibanderol mahal seperti kafe lain yang menjual pemandangan.

 

Kursi-kursi dengan sandaran pendek

 

Alamat: Jl. Caringin-Cilengsi, Perkebunan Pancawati, Cimande, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor. Telp: 0251 8291453, 08111516727.

Jenis tempatnya: Kafe semi outdoor dengan pemandangan ke arah perbukitan dan berada di komplek resor yang sangat luas.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, lalu lanjut Tol Bocimi, keluar di Caringin/Cijeruk/Cikereteg. Setelah itu belok kiri ke jalan raya, susuri sepanjang 2,8 km, lalu belok kanan masuk ke Jl. Pasar Cikereteg. Tinggal ikuti saja Google Maps ya. Dari mulut Jl. Pasar Cikereteg sampai lokasi jaraknya 6,2 km, menanjak terus. Beberapa ratus meter menjelang lokasi, jalanannya sudah bukan aspal lagi melainkan makadam, beton rusak, jalan berbatu, dan jalan tanah merah.

Jam buka: 09.00-20.00 (Senin-Jumat), 09.00-21.00 (Sabtu-Minggu).

Cara order: Antre di konter kasir, lihat menu, pilih dan langsung bayar. Makanan ambil sendiri di loket di depan dapur.

Menu utama: Masakan Indonesia, ada juga burger, sandwich, spaghetti, dan rice bowl; untuk minumannya ada kopi, milkshake, juice, mocktail. Selain itu, terdapat juga stand-stand jajanan.

Menu dan harga: Sup Iga Rp55.000, Paket Nasi Bakar Rp38.000, Nasi Goreng Elji Rp30.000, Soto Bogor Rp35.000, Korean Chicken Spicy Rp40.000, Spaghetti Bolognaise Rp33.000, Beef Burger Elji Rp28.000, Nacos Rp23.000, Pisang Goreng Original Rp18.000, Americano Rp15.000, Strawbery Milkshake Rp21.000, Juice Lingkung Gunung Rp22.000, Lemon Tea Rp18.000.

 

Paket Nasi Bakar

 

Menu untuk vegetarian: Salad, roti bakar, tumisan sayur, camilan.

Parkir: Sangat luas.

Fasilitas tambahan: Resort yang terdiri dari Glampcamp, Villa Sunset, Camping Ceria, Camping Site. Tersedia juga program Outbond, Paintball, Rafting, Horse Riding.

 

Deretan Glampcamp yang tersedia dengan pemandangan cantik

 

Villa Sunset

 

4. KOPI SALACCA

Anak-anak bisa bermain dan memberi makan domba, inilah kelebihan Kopi Salacca --nggak cuma menjual kopi serta pemandangan dan penataan dining area yang bikin betah. Kandang dombanya ada di sebelah bangunan utama. Rumput segar untuk makanan dombanya bisa kita beli di meja kasir seharga Rp10.000 seikat. Dijamin anak-anak pasti betah. Dan jangan khawatir karena ada petugas yang menjaga kawanan domba tersebut. Asal ajarkan anak-anak untuk memperlakukan domba-domba dengan baik dan tidak mengejar-ngejarnya.

 

Anak-anak bisa bermain dengan kawanan domba

 

Dining area utamanya ada di bangunan utama beratap tinggi dan sepenuhnya tak berdinding, hanya dilindungi kerai dari kayu. Di sebelahnya ada sejumlah meja dan bean bag di bawah kerindangan pohon pinus  --favorit buat berfoto maupun bersantai. Di sebelah satunya lagi, dekat kandang domba ada meja kursi yang berada di outdoor. Di depannya sawah mengampar berpagar deretan perbukitan.

 

Bangunan utama beratap tinggi

 

Bean bag di bawah kerindangan pohon pinus

 

Meja kursi outdoor with a view!

 

Alamat: Jl. Loji, Ciburayut, Cigombong, Kabupaten Bogor. Telp: 0895 3595 11334.

Jenis tempatnya: Kafe semi outdoor dan outdoor dengan atraksi kawanan domba.

 

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, lalu lanjut Tol Bocimi, keluar di Caringin/Cijeruk/Cikereteg. Setelah itu belok kanan ke jalan raya. Hanya 550 m, kita akan menemukan belokan ke kanan, ke Jl. Kolonel Bustomi, beloklah ke sini. Ikuti jalanan ini, cukup menanjak dan lika-liku, sepanjang 3,6 km. Lalu di pertigaan, belok kiri, ke Jl. Raya Cijeruk. Susuri jalan ini sepanjang 1,8 km, lalu di sebelah kanan ada belokan dengan petunjuk “Loji”, belok ke sini. Dari situ hanya 180 m, sudah ketemu gerbang masuknya di sebelah kanan.

Jam buka: 10.00-21.00 (Senin-Kamis), 13.00-21.00 (Jumat), 08.00-21.00 (Sabtu-Minggu).

Cara order: Cari meja dulu, lalu pesan pada pelayan yang menghampiri dengan membawa buku menu.

Menu utama: Mostly Indonesian Food, ada juga spaghetti, camilan, kopi, nonkopi, es yakult. 

Menu dan harga: Nasi Goreng Salacca Rp40.000, Sop Iga Sapi Rp70.000, Spaghetti Bolognaise Rp40.000, Ayam Goreng Rp35.000, Roti John Rp35.000, Pisang Goreng Rp20.000, Kue Lupis Rp35.000, Kopi Hitam Salacca Rp20.000, Kopi Susu Salacca Rp35.000, Es Kopi Susu Tiramisu Rp28.000, Lemon Tea Rp16.000, Wedang Ronde Rp25.000, Avocado Coffee Rp35.000, Es Mango Yakult Rp20.000.

 

Sop Iga Sapi

 

Ayam Goreng

 

Menu untuk vegetarian: Aneka kudapan dan roti.

Parkir: Cukup luas.

Fasilitas tambahan: Area camping, kandang domba.

Kandang domba di samping bangunan utama. Anak-anak bisa memberinya makan

 

5. LENIRRA

Lenirra Resto & Coffee baru soft opening 1 Nopember 2021. Restonya sendiri kapasitasnya nggak banyak. Tapi areanya luas, ada 6 unit vila yang dilengkapi kolam renang, pendopo untuk acara wedding dan sejenisnya, lapangan basket, dan lapangan rumput yang sangat luas.

 

Pendopo untuk acara wedding

 

Dari lahan parkir, masuk ke area restonya melalui semacam lorong dengan dinding batu-batu kali. Lalu terlihatlah beberapa unit bangunan bergaya minimalis futuristik dengan atap-atap segitiga asimetris. Kita akan disambut lobi resepsionis vila yang apik. Kalau ke vilanya lurus, ke restonya ke arah kiri.

 

Lorong masuk

 

Menuju resto dan vila

 

Bangunan resto dengan atap segitiga asimetris

 

Menu Sate Kronyos dan Asem-Asem Iga Pedas yang MyTrip pilih sungguh sangat memuaskan selera. Berani bumbu dan rasanya unik! Penampilannya pun cantik. Very recommended! Beberapa menu disajikan dalam pincuk-pincuk.

 

Asem-Asem Iga Pedas

 

Alamat: Jl. Raya Cijeruk, Gg. Geger Bitung, Kp. Cibadak, Desa Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kabupaten Bogor. Telp: 0251 8226618, 0811 1792 988.

Jenis tempatnya: Resto semi outdoor bergaya futuristik yang berada di area resor yang luas. Dining area hanya di bangunan utama.

Dining area hanya di bangunan utama. Nggak banyak kapasitasnya

 

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, lalu lanjut Tol Bocimi, keluar di Caringin/Cijeruk/Cikereteg. Setelah itu belok kanan ke jalan raya. Hanya 550 m, kita akan menemukan belokan ke kanan, ke Jl. Kolonel Bustomi, beloklah ke sini. Ikuti jalanan ini, cukup menanjak dan lika-liku, sepanjang 3,6 km. Lalu di pertigaan, belok ke kiri, Jl. Raya Cijeruk. Susuri jalan ini hanya sepanjang 250 m, di sebelah kanan akan terlihat plang “Lenirra” cukup besar. Belok ke situ, jalanannya sempit hanya muat satu mobil, sepanjang +/-300 m saja. Saat berpapasan dengan mobil lain, harus pintar-pintar mencari lahan kosong.

Jam buka: 10.00-22.00 (setiap hari).

Cara order: Cari meja dulu, lalu pesan pada pelayan yang menghampiri dengan membawa buku menu.

Menu utama: Indonesian Food, Western Food, aneka snack, kopi, dan beragam minuman.

Menu dan harga: Sate Kronyos Rp90.000, Asem-Asem Iga Pedas Rp105.000, Sop Buntut Rp125.000, Gurame Bakar Rempah Rp115.000, Mie Goreng Jawa Rp35.000, Nasi Pincuk Kampung Rp40.000, Pecel Sayur Rp30.000, Spaghetti Bolognese Rp40.000, French Fries Rp25.000, Pisang Goreng Karamel Rp25.000, Americano Rp25.000, Es Kopi Lenirra Rp25.000, Banana Latte Rp25.000, Mango Juice Rp25.000, Strawberry Smoothies Rp25.000, Lychee Tea Rp20.000, aneka mocktail Rp30.000.

 

Sate Kronyos

 

Asem-Asem Iga Pedas

 

Menu untuk vegetarian: Aneka snack, aneka sayur.

Parkir: Luas.

Fasilitas tambahan: 6 unit vila, kolam renang, pendopo untuk resepsi.

Komplek vilanya

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Hemawati NH, Mayawati NH
Comment