10 DESTINASI POPULER DI LADAKH, TERMASUK MUST POSE & MUST DO (Bagian 2-Tamat) 2021-02-16 10:15

Menjelang senja di Nubra Valley

 

Ladakh bukanlah negara, melainkan sebuah provinsi di India. Daerah konflik di dekatnya dan kondisi jalan yang kurang baik plus alamnya yang memang tak bisa diprediksi membuat perjalanan ke Ladakh menjadi amat menantang. Tapi tentu Ladakh sangat layak buat dikunjungi. Jangan lewatkan 10 destinasi ini kalau ke Ladakh ya…

 

Baca bagian 1 di sini.

 

5. PANGONG LAKE

Pangong Lake, luas totalnya hampir seluas Jakarta

 

Pangong Lake atau Pangong Tso yang berada di ketinggian 4.350 mdpl seolah dipeluk pegunungan salju di sekelilingnya. Danau ini satu dari danau air asin tertinggi di dunia. Bagian terdalam bisa mencapai 90 m. Terentang sepanjang 135 km (ada yang menyebutkan 160 km), dan bagian terlebarnya mencapai 5 km. Luas totalnya 604 km2, hampir seluas Jakarta lho! Nah dari keseluruhan danau seluas itu hanya 1/3 saja berada di Ladakh, sedangkan 2/3-nya lagi berada di China, tepatnya Tibet. Tapi Pangong Lake lebih sering dinikmati turis dari sisi Ladakh.

 

 

Letak: Changthang Region di Ladakh bagian timur, berkendara 5-6 jam dari Kota Leh ke arah tenggara, menempuh jarak 160 km. Dalam perjalanan kita akan melewati Chang La Pass (5.360 mdpl).

Must do:

- Menyaksikan sunrise dan sunset yang spektakuler.

- Foto ala 3 Idiots di atas motor Vespa maupun di 3 kursi plastik warna-warni.

 

Rekomendasi durasi kunjungan: Jangan day trip, tapi minimal 2 hari 1 malam.

Perlu tahu: Ketinggian Pangong 4.350 mdpl, jadi ada kemungkinan kita terkena AMS (Acute Mountain Sickness). Tapi asal mematuhi cara memperkecil risiko terkena AMS, semua aman.

 

Baca juga: “Nggak Ada Harley Ataupun Brompton di Pangong Lake Ladakh, Adanya Vespa

 

6. NUBRA VALLEY

Lembah dengan gurun pasir yang sangat luas ini ketinggian rata-ratanya 3.000-an mdpl. Nubra Valley terbentuk dari pertemuan Sungai Shyok (baca: Shayok) dan Sungai Siachen atau Sungai Nubra yang berada di Himalayan Range. Lembah ini memisahkan Ladakh dengan Karakoram Range.

 

Letak: Bagian paling utara dari Ladakh.

Must do:

- Naik onta di gurun pasir menjelang sunset. Jadwal Camel Safari: 09.00-12.00, 15.30-19.00.

 

- Menikmati momen sunset yang menyihir.

- Menginap di tent resort dan menikmati pagi yang damai di halaman resor.

- Jangan tidur dalam perjalanan dari Leh ke Nubra karena ada banyak pemandangan breathtaking. Salah satunya yang tak boleh dilewatkan adalah Khardung La Pass di ketinggian 5.359 mdpl.

Rekomendasi durasi kunjungan: Jangan day trip, tapi minimal 2 hari 1 malam.

 

Baca juga: “Ini Dia Salah Satu Lembah Terspektakuler di Dunia: Nubra Valley

 

7. TSO MORIRI

Artinya Mountain Lake. Danau berair payau ini berada di ketinggian 4.522 mdpl. Panjangnya utara-selatan 26 km, lebarnya barat-timur 3-5 km. Adalah danau tinggi yang terluas di India yang benar-benar masuk teritori India. Pangong memang lebih luas, tapi sebagian besar masuk ke wilayah China.

 

 

Letak: Changthang Plateau, Ladakh bagian timur. Dari Kota Leh ke Tso Moriri 230 km ke arah selatan, agak tenggara, berkendara 6 jam kalau nonstop, kalau dengan berhenti-berhenti 8 jam.

Must do: Mampir ke dua view point-nya. Pemandangan ke arah danau sama bagusnya. 

Optional: Mampir ke tenda-tenda nomaden di sepanjang jalan, berinteraksi dengan kaum nomaden, syukur-syukur bisa memberikan bahan makanan ke mereka.

Rekomendasi durasi kunjungan: Jangan day trip, tapi minimal 2 hari 1 malam.

 

8. TSO KAR LAKE

 

Ini juga danau lain di Ladakh yang tak kalah keren dari Pangong dan Tso Moriri. Danau berair asin yang disebut juga White Lake ini berada di ketinggian 4.660 mdpl. Gunung Thukje dan Gursan yang tingginya 6.000-an mdpl mendominasi latar belakang Tso Kar Lake.

 

 

Letak: Changtang Plateau, persisnya di Rupshu Valley. 1 jam berkendara dari Tso Moriri; 4,5 jam dari Leh, berjarak 155 km ke selatan.

Must do: Garis danaunya yang di tepi jalan nggak terlalu panjang, jadi coba susuri sambil cari angle foto terbagus.

Optional: Bird watching. Syukur-syukur ketemu black-necked cranes.

 

Baca juga: “Ini Dia Surga di Ladakh yang Belum Banyak Orang Tahu: Tso Kar Lake

 

 9. ALCHI & LIKIR MONASTERY

Alchi Monastery dan Likir Monastery adalah dua vihara yang berbeda. Tapi karena berada di satu jalur, ke barat laut dari Kota Leh, biasanya dikunjungi pada hari yang sama. Alchi yang lebih dekat, Likir yang lebih jauh. Berjarak sekitar 30 menit berkendara antara satu dan lainnya.

 

Letak: Dari Leh berkendara ke Likir 1,5 jam.

Must pose: Sekitar 5 menit sebelum tiba di Likir, berfoto dulu dengan latar vihara ini dari kejauhan.

Must do:

- Melihat keindahan patung Buddha Maitreya di teras terbuka di Likir.

Patung Buddha di Likir Monastery

 

- Naik ke roof top di Likir untuk melihat pemandangan.

- Menikmati keindahan arsitektur Alchi Monastery.

Optional:

- Dalam perjalanan menuju Alchi, mampir dulu di pertemuan Sungai Indus dan Sungai Zanskar.

- Mampir di deretan pedagang suvenir di sepanjang jalan masuk ke Alchi Monastery. Banyak yang lucu-lucu.

 

Baca juga: “Wowww… Pertemuan Dua Sungai di Ladakh Ini Instagrammable Banget!

 

10. EKSPLOR LEH TOWN

Luangkan waktu untuk mengeskplor kota tua Leh, terutama di area main bazaar atau main market. Yang suka belanja aksesoris seperti gelang, kalung, giwang, cincin khas Himalaya pasti terpuaskan dengan banyaknya pilihan toko maupun kaki lima.

 

Buat yang nggak doyan belanja, just strolling along, melihat-lihat kehidupan masyarakat lokal juga menarik. Kalau capek ada beberapa kursi di ruang terbuka publik yang bisa Anda duduki selama mungkin Anda mau tanpa harus beli minuman seperti kalau kita nongkrong di kafe. Di salah satu ujung jalan juga ada masjid. Restoran dan kafe tersedia cukup banyak dan variatif. Ada masakan Korea, Jepang, Thailand.

 

 

Jangan lewatkan: Area yang dikhususkan bagi para penjual yang merupakan pengungsi dari Tibet.

Perlu tahu: Kota Leh berada di ketinggian 3.500-an mdpl, jadi walaupun kota tuanya bisa dikelilingi dengan jalan kaki, ingat-ingat ya jangan bergerak terlalu tergesa. 

 

Tertarik eksplor Ladakh? Hubungi Maya di WhatsApp 0811821006 atau email maya@mytrip.co.id.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Sita Rahmah, Teo Liam Pheng
Comment