7 TEMPAT WISATA DI OSLO. YANG No.5 BIKIN MATA TAK BERKEDIP! 2019-05-28 00:00

Opera House

 

Dengan transportasi publik yang teratur dan bersih khas kota di negara maju, Oslo sangat nyaman buat dieksplor. Liburan ke ibu kota Norwegia ini bahkan di musim dingin sekalipun tetap dimungkinkan dan tetap menyenangkan. Mau tahu objek atau tempat wisata mana saja yang wajib dikunjungi saat di Oslo? Simak yang berikut.

 

O ya, panduan cara ke Oslo bisa dibaca di sini.

 

Berikut adalah tempat wisata di pusat kota:

1. OSLO OPERA HOUSE

Lokasi: Kirsten Flagstad (lokasi tidak jauh dari Oslo Central Station)

Jam buka: Senin-Jumat pkl.10.00-19.00, Sabtu pkl.11.00-18.00, Minggu pkl.12.00-18.00

Tiket pertunjukan: variatif

Tiket tur keliling opera: NOK 100

 

Opera House seluas 38.500 m2 ini adalah gedung opera terbesar di Norwegia. Bentuknya yang terinspirasi area ski tampak unik. Wisatawan paling suka naik ke atap opera dengan menelusuri jalan menanjak yang ada di pinggir gedung. Saat musim dingin jalanan ini tertutup salju bagaikan area ski.

 

Bagian depan opera juga nggak kalah menarik, ada hiasan kapal bernama She Lies yang terbuat dari stainless steel dan kaca berukuran 12 x 17 x 16 m yang mengambang dan kadang berdampingan dengan kapal cruise DFDS yang sedang bersandar.

 

She Lies berdampingan dengan kapal cruise DFDS

 

Tur keliling opera akan mengajak kita ke area tempat menonton opera, lalu ke bagian fasilitas lainnya yang ternyata banyak sekali --total ruangan ada 1.100 termasuk ruang tidur para pengisi acara. Kita juga diajak ke bagian produksi landscape panggung sampai kostum. Persiapan mereka untuk pertunjukan cukup lama lho, 3 bulan! Terakhir, ke belakang panggung.

 

Baca juga: "Tempat Terbaik untuk Melihat Aura di Norwegia: Tromso"

 

2. CITY HALL

Lokasi: Fridtjof Nansens Plass

Jam buka: Senin-Minggu pkl.09.00-16.00

 

 

Dibuka sejak tahun 1950, bangunan yang merupakan pusat politik ini juga sekaligus galeri yang menggambarkan sejarah dan budaya Norwegia. Di bagian atap gedung ada bel yang berbunyi setiap jamnya. Sejak tahun 1990 setiap tahun pada tanggal 10 Desember tempat ini menjadi saksi diberikannya penghargaan kepada para pemenang Nobel Perdamaian.

 

3. OSTBANHALLEN

Gedung stasiun tua ini berada di sebelah Oslo Central Station. Memiliki deretan restoran dan di bagian pintu depannya terdapat patung harimau yang sudah ada di tempat ini sejak tahun 2000 --perayaan 1.000 tahun Norwegia. Selain itu deretan pertokoan juga banyak terdapat di area ini.

 

Berikut adalah area wisata di pinggir kota:

4. HOLMENKOLLEN

Lokasi: Kongeveien 5

Transportasi: H.M.K Citysightseeing/ Metro 1 turun di Holmenkollen.

Jam buka: Senin-Minggu pkl.10.00-17.00 (Mei), 09.00-20.00 (Juni-Agustus), 10.00-17.00 (September), 10.00-16.00 (Oktober-April).

Tiket: Ski Tower dan Ski Museum NOK 130, sedangkan jika hanya mengunjungi area luarnya gratis.

 

 

Holmenkollen telah menjadi pusat ski di negara ini sejak 1892 dan terus dikembangkan. Terakhir direnovasi tahun 1982 saat diadakannya World Championships. Area ski ini sangat cantik dilihat, dengan ketinggian 64 m, dibangun menggunakan 1.000 ton baja. Ski sudah menjadi olahraganya orang Norwegia dan sudah tidak menjadi olahraga mahal lagi karena alat-alat dapat disewa.

 

5. VIGELAND SCULPTURE PARK

Lokasi: Entrance Kirkeveien

Transportasi: H.M.K Citysightseeing/ Tram 12 turun di Vigelandspaken/ Metro turun di Majorstue/ Bus 20 turun di Vigelandsparken

 

Taman luas dengan patung-patung dari batu granit karya Gustav Vegeland (1869-1943) yang masih tampak terawat ini pembangunannya 20 tahun. Bagian utamanya adalah Monolith, patung setinggi 14 m yang terdiri dari tumpukan patung orang. Monolith dikelilingi beberapa patung manusia beraneka gaya termasuk gaya yang agak porno --yang melihatnya bakal tak berkedip! Selain itu ada juga satu area patung yang menggambarkan kehidupan manusia dari lahir sampai meninggal.

 

Monolith dikelilingi beberapa patung manusia beraneka gaya

 

Ada satu patung favorit di tempat ini, yaitu anak kecil yang sedang marah dan patungnya ada di tengah jembatan. Tangan patung Angry Boy ini dicat kuning karena begitu banyak turis yang berfoto dengan memegang tangannya.

 

Angry Boy

 

6. FRAM MUSEUM

Lokasi: Bygdaynesveien

Transportasi: H.M.K Citysightseeing/ Bus 30

Jam buka: Senin-Minggu pkl.10.00-17.00 (Oktober-April), 10.00-18.00 (Mei), 09.00-18.00 (Juni-Agustus), 10.00-18.00 (September)

Tiket: NOK 100

 

The Polar Ship Fram

 

Museum ini disebut sebagai museum terbaik di Norwegia. Jadi jangan dilewatkan ya... Atraksi utamanya adalah The Polar Ship Fram, kapal kayu yang digunakan dalam ekspedisi menyusuri Samudera Arktik dan Antartika abad ke-19 hingga abad ke-20. Pengunjung bisa masuk ke dalam kapal melihat area kabin, kargo sampai mesin kapal.

 

7. VIKING MUSEUM

Lokasi:  Huk Aveny 35

Transportasi: H.M.K Citysightseeing/ Bus 30

Jam buka: Senin-Minggu pkl.09.00-18.00 (Mei-September), 10.00-18.00 (Oktober-April), tutup 24-26 Des dan 31 Des.

Tiket: NOK 100

 

Di sini ada 3 jenis kapal yang ditampilkan.

  • Kapal Oseberg
  • Kapal Gokstad.
  • Kapal Tune

 

 

Benda-benda yang ditemukan di dalam kapal juga dipajang sehingga gambaran tentang bangsa Viking bisa kita lihat di sini. Mereka adalah pelaut tangguh dan juga pedagang yang berhasil berlayar ke penjuru dunia.

 

Di sini juga ada layar TV besar berbentuk oval yang menampilkan cerita tentang pelayaran bangsa Viking dan juga aurora! Jadi yang belum mendapat kesempatan melihat dan berfoto dengan latar northern light (aurora) bisa di sini.

 

DURASI IDEAL

Eksplor Kota Oslo dengan mengunjungi tempat-tempat yang disebutkan di atas cukup 2 hari.

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto, Shutterstock
Comment