6 RESTO & CAFE SEMI OUTDOOR DI SENTUL BUAT HEALING MAUPUN KUMPUL KELUARGA (Bagian 1) 2022-05-06 22:15

Sawah Segar, makan dan healing di tengah sawah

 

Makin bertaburan sekarang ini restoran atau kafe semi outdoor yang selain menjual makanan dan minuman tentunya, juga “menjual” suasana. Di Sentul Bogor, terutama di daerah Bojong Koneng, hampir di tiap beberapa ratus bahkan beberapa puluh meter saja kita akan menemukannya. Pemandangan ijo royo-royo ke arah Gunung Pancar dan jajarannya menjadi andalan. Ditambah interior dan “aksesoris” lainnya yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Beberapa tempat juga menyediakan wahana bermain anak walaupun dalam skala kecil.

 

MyTrip kembali lagi menyambangi beberapa resto sejak Agustus 2021 hingga April 2022 dengan semangat berbagi informasi nyata dari tempatnya langsung. Nggak ada endorsement. Pemilihannya random saja dan kebetulan semuanya memuaskan, layak direkomendasikan. Bolehlah ke sini ajak keluarga bersantai maupun untuk Anda healing, melepaskan diri sejenak dari penat. Kali ini 6 tempat dulu ya, khusus yang di Sentul, aksesnya dari exit tol Sentul Selatan.

 

Baca juga: “14 Tempat Makan & Santai Semi Outdoor di Bodetabek, Cianjur, Bandung, & Sukabumi (Bagian 1)

 

Catatan: Menu-menu yang ditampilkan tentu hanya sebagian. Harga dan jam buka bisa berubah sewaktu-waktu.

 

1. HIGHLANDERS CAFE

Menyebut dirinya sebagai Mountain Cafe, Highlanders Cafe memang menawarkan pemandangan deretan gunung --tepatnya bukit, tepat di hadapannya. Bangunan utamanya terdiri dari dua lantai dengan dinding terbuka dan hanya berpagar kawat. Tulisan “HIGHLANDERS”-nya sendiri mengingatkan kita pada bar para cowboys di Amerika.

 

Ini bangunan utamanya

 

Tulisan “HIGHLANDERS”-nya mengingatkan kita pada bar para cowboys 

 

Melihat ke langit-langit, terlihat velg-velg sepeda digantung. Di salah satu dinding dekat meja kasir juga ada sepeda dengan banyak roda gigi dipajang. Nggak cuma memajang aksesoris sepeda, kafe ini memang juga ramah bagi pegowes dengan adanya tempat khusus sandaran sepeda. Saat MyTrip datang, kebetulan memang ada rombongan pegowes mampir.

 

Velg-velg sepeda di langit-langit

 

Di luar bangunan utama, ada area outdoor dengan payung-payung sebagai pelindung dari panas. Juga ada gazebo-gazebo yang menempati posisi lebih tinggi --tentunya ini menjadi favorit bagi rombongan.

 

Area outdoor dengan payung-payung

 

Gazebo-gazebo di posisi yang lebih tinggi

 

Kalau mau berfoto cantik buat Instagram, ada kursi gantung berbentuk sarang burung maupun mobil ATV buat sekadar bergaya. Di sini juga ada live music pada waktu tertentu.

 

Alamat: Jl.Gunung Batu, Bojong Koneng, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Telp: 0878 8410 7770.

Jenis tempatnya: Kafe dengan ruang semi outdoor & outdoor.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di pintu Sentul Selatan, lalu belok kiri ke arah Sentul City. Setelah melewati Taman Budaya Sentul beberapa puluh meter, ada belokan ke kanan, plang penandanya “Bali Hill”, nah masuk ke situ, tinggal ikuti jalan agak menanjak, berliku dan cukup sempit. Posisinya di kiri jalan, setelah Villa Aman D’Sini dan Edensor.

Jam buka: 10.00-18.00 (Senin-Jumat), 09.00-19.30 (Sabtu-Minggu).

Cara order: Ambil sendiri kertas menu di bagian depan bangunan utama, lalu langsung pesan dan bayar di kasir.

Menu utama: Indonesian Food, Western Food, camilan, kopi, teh, minuman tradisional,  mojito.

Menu dan harga: Sop Iga Goreng + Nasi Rp69.000, Rice Bowl Ayam Katsu Sambal Matah Rp43.000, Mie Godok Jawa Rp36.000, Spaghetti Carbonara Rp39.000, Tempe Mendoan Bumbu Rujak Rp23.000, Mango Yakult Ice Cream Rp36.000, Americano Rp26.000, Es Kopi Susu Gula Aren Rp26.000, Wedang Jahe + Gula Aren Rp16.000, Classic Tea + Sugar Rp16.000.

 

Sop Iga Goreng + Nasi

 

Rice Bowl Ayam Katsu Sambal Matah

 

Menu untuk vegetarian: Terbatas hanya aneka camilan, atau Mie Goreng Orek Telor.

Parkir: Cukup memadai dan berada tepat di sebelah area dining-nya. 

Area parkir di sebelah area outdoor dining

 

Fasilitas tambahan: Sedang dibangun penginapan di bagian depan dekat jalanan.

 

2. GAYA RIMBA RESTO ALAM AT KM ZERO RESORT

Gaya resto ini memang terkesan old school, beda dengan resto/kafe lainnya di Sentul yang muncul belakangan yang mengusung konsep kekinian. Berupa bangunan-bangunan kayu beraksen bambu dan jerami. Sudah berdiri sejak 2014, jadi bukan baru ikutan tren 2-3 tahun terakhir. Satu-satunya yang tampil kekinian justru toiletnya! Dominan putih terang dengan ragam lukisan dan bunga-bunga artifisial.

 

Tampilan old school Gaya Rimba

 

Toiletnya kekinian!

 

Pilihan tempat cukup banyak. Kalau hanya minum-minum dan bersantai bisa pilih lantai dua di bangunan utama karena ada sofa-sofanya. Kalau cuaca cerah dan yakin nggak turun hujan bisa pilih satu tempat pojokan di bawah kerindangan pohon pisang, sama sekali nggak ada atap. Dari situ bisa memandang ladang di bawahnya dengan latar bukit-bukit. Anak-anak bisa juga dibiarkan berlarian di halaman rumput di tengah-tengah area resto.

 

Tempat pojokan di bawah kerindangan pohon pisang

 

Pemandangan yang terlihat

 

Halaman rumput di tengah-tengah bisa untuk tempat bermain anak

 

Bahkan di siang hari biasa, bukan weekend, live music-nya tampil. Tambah meriah kalau ada rombongan ibu-ibu yang ikutan menyumbang suara dan berjoget.

 

Alamat: Jl. Curug Bidadari, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Telp: 0819 3233 3222.

Jenis tempatnya: Resto alam berupa saung-saung besar kecil dan area outdoor.

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di pintu Sentul Selatan, lalu belok kiri ke arah Sentul City. Setelah melewati Taman Budaya Sentul beberapa puluh meter ada belokan ke kanan, plang penandanya “Bali Hill”, nah masuk ke situ, tinggal ikuti jalan agak menanjak, berliku dan cukup sempit. Setelah melewati Highlanders di kiri jalan dan Richie The Farmer di kanan jalan, ada jalan masuk ke kiri, masuk ke situ, jalanan menurun. Nggak jauh dari situ sudah akan terlihat restonya di kiri jalan.

Jam buka: 10.00-17.00 (Senin-Kamis), 08.00-21.00 (Jumat-Minggu).

Cara order: Cari tempat duduk, minta daftar menu dan order pada pelayannya.

Menu utama: Masakan Indonesia terutama Sunda, camilan, aneka jus, kopi, teh, minuman tradisional.

Menu dan harga: Nasi Kastrol (liwet) Rp40.000, Rawon Si Bapak Rp55.000, Sop Buntut Bu’e Rp65.000, Nasi Timbel Komplit Rp60.000, Botram Bi Otih Rp200.000, Karedok Rp30.000, Tahu Isi Rp25.000, Bala-bala Rp25.000, Jus Rimba Rp30.000, Jeruk Segar Rp25.000, Teh Poci (3 porsi) Rp30.000, Kopi Tubruk Rp28.000, Kopi Susu Rp30.000. Ada juga gerobak es dawet ayu dan tahu gejrot di samping meja kasir.

 

Karedok

 

Ayam goreng

 

Menu untuk vegetarian: Aneka tumis sayuran (genjer, kangkung, toge), karedok, pepes tahu jamur dan ragam camilan.

Parkir: Cukup memadai, berada di antara dua bangunan utama.

Fasilitas tambahan: KM Zero Resort yang berupa deretan tenda dome yang didirikan di atas rumah panggung setengah terbuka maupun di atas lapangan rumput. Juga ada wahana permainan anak dan dewasa antara lain panahan, layangan, shoot target paintball.

 

Deretan tenda dome

 

3. SAWAH SEGAR SENTUL

 

Banyak yang menyematkan kata “mahal” untuk resto & nursery bernuansa sawah ini. Ya, tak bisa dipungkiri lebih mahal memang harga menunya dibandingkan resto-resto lainnya di kawasan Sentul. Tapi MyTrip masih menilainya dalam skala wajar. Misalnya Sup Guramenya yang dibanderol Rp145.000 memang isinya banyak, kuahnya pun sungguh nikmat karena berani bumbu. Karedok nan mahal Rp55.000 sengaja kami pesan untuk menilai apakah worth. Sayurannya memang segar, bumbunya mlekoh, dan porsinya cukup besar. Semua menu yang kami pesan tak ada yang mengecewakan.  

 

Saung-saung diatur mengelilingi sawah

 

Sup Gurame

 

Petak-petak sawah sungguhan di bagian tengah area restonya juga lebih luas dibanding Ngopi di Sawah --resto sejenis di Megamendung Bogor. Keberadaan banyak pepohonan di berbagai sudut area resto ini juga membuat suasananya adem dan asri. Juga ada menara kayu dua lantai yang bisa dinaiki, ada panggung kecil di tengah sawah dan kursi-kursi dengan latar tulisan “Sawah Segar”, ada ayunan dari kayu tua --semuanya bisa dijadikan latar foto.

 

Menara kayu

 

Panggung kecil di tengah sawah

 

Kursi dengan latar tulisan “Sawah Segar”

 

Kalau tidak mau duduk lesehan di saung-saung, masih ada area dining dengan meja kursi di bangunan joglo maupun di teras rumah ala Betawi. Total kapasitas termasuk saung VIP-nya bisa mencapai 200-an orang.

 

Bangunan joglo, ada meja kursi, bukan lesehan

 

Anak-anak selain bisa berlarian di antara petak-petak sawah, juga bisa melihat kolam ikan mas.

 

Anak-anak bisa berlarian di antara petak-petak sawah

 

Nah, sebelum meninggalkan resto ini, sejenak luangkan waktu untuk menikmati area lobi utamanya yang memajang aneka barang jadoel, di antaranya setrikaan, lampu petromaks, rantang, radio, pesawat televisi, dll. Bangunan lobi utamanya sendiri menarik, berupa rumah gebyok dari bahan kayu-kayu lama. Kursinya pun asli jadoel, ada bagian yang dibiarkan rusak apa adanya.

 

Aneka barang jadoel

 

Kursi-kursi jadoel

 

Alamat: Bojong Koneng, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Telp: 0822 6161 3432. 

Jenis tempatnya: Resto berupa saung-saung besar kecil yang mengelilingi bagian outdoornya yang berupa sawah sungguhan.

 

Petunjuk ke lokasi: Ambil Tol Jagorawi, keluar di pintu Sentul Selatan, lalu belok kiri ke arah Sentul City. Setelah melewati Taman Budaya Sentul beberapa puluh meter ada belokan ke kanan, plang penandanya “Bali Hill”, nah masuk ke situ, tinggal ikuti jalan agak menanjak, berliku dan cukup sempit. Setelah melewati Highlanders di kiri jalan dan Richie The Farmer di kanan jalan, ada jalan masuk ke kiri, masuk ke situ, sama dengan jalan masuk ke Gaya Rimba. Tak terlalu jauh setelah Gaya Rimba, sudah akan terlihat, posisinya di kanan jalan.

Jam buka: 10.00-18.00 (Selasa-Jumat), 08.00-18.00 (Sabtu-Minggu). Senin tutup.

Cara order: Cari tempat duduk, minta daftar menu dan order pada pelayannya. Atau order dulu saat masih mengantre mendapatkan tempat  duduk.

Menu utama: Masakan Indonesia, camilan, aneka kopi, jus.

Menu dan harga: Gurame Sedang Goreng/Bakar/Pecak Rp100.000, Sop Buntut Sapi Rp 155.000, Sup Gurame Rp145.000, Karedok Rp55.000, Pisang Goreng Rp55.000, Tahu Isi/Pedas Rp60.000, aneka jus Rp45.000, aneka kopi Rp25.000, es jeruk Rp35.000, teh tawar Rp10.000.

 

Gurame Pecak

 

Karedok

 

Menu untuk vegetarian: Cah kangkung, tahu, tempe, jengkol, pete, karedok, dan aneka camilan.

Parkir: Cukup memadai. Kalau nggak muat, bisa parkir di pinggir jalan dan dijaga pihak keamanan resto.

 

Bersambung ke sini

 

 

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment