10 TEMPAT TERBAIK MENIKMATI LIBURAN DI LOMBOK UTARA 2019-10-21 00:00

Gili Trawangan

 

Andalan wisata Kabupaten Lombok Utara di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat adalah 3 Gili dan Gunung Rinjani. Tapi banyak lagi destinasi lain yang menarik. Ada air terjun, ada pantai, ada ekowisata, ada desa adat. Mari kita jelajahi.

 

Cara ke Lombok Utara bisa dibaca di sini.

 

1. BUKIT & PANTAI MALIMBU

Dari Senggigi ke Teluk Nara kita akan melewati daerah Malimbu. Selain mempunyai pantai yang indah, di daerah ini terdapat Bukit Malimbu yang menawarkan pemandangan ke arah Gili Matra. Tempat ini favorit untuk melihat sunset.

 

Sunset di Bukit Malimbu

 

Tempat ini berupa rest area sepanjang 150 m dan ada pagar pengamannya ke arah tebing laut. Berjalanlah juga ke bawah, ke semacam tanjung kecil yang ditumbuhi pohon kelapa.

 

2. GILI MATRA (MENO-AIR-TRAWANGAN)

Berada di sebelah barat laut lepas pantai Pulau Lombok (dekat ke arah Bali). Suasana pulau liburan memang terasa sekali begitu kita menginjakkan kaki di pesisir pantainya yang berpasir putih, berair hijau jernih dan dipenuhi kafe/resto outdoor maupun vila-vila cantik.

 

Suasana pulau liburan di Gili Trawangan

 

Untuk bepergian antar Gili tersedia kapal umum. Di dalam Gili-nya sendiri kini selain cidomo dan sepeda terlihat sepeda motor listrik seliweran. Tapi kendaraan bermotor tetap dilarang.

 

Aktivitasnya:

- Leyeh-leyeh di pantai plus berenang-renang cantik

- Menikmati sunrise dan sunset yang dilatari Gunung Agung di Bali

- Berkeliling pulau dengan sepeda atau cidomo.

- Menikmati kehidupan malam yang bingar namun tetap santun.

- Snorkeling di spot di tengah laut maupun hanya di bibir pantai.

- Menyelam bagi yang punya lisensi.

- Yang suka selfie jangan lupa berfoto di depan spot kekinian yakni ayunan di tengah air. Ada beberapa penginapan yang menyediakan fasilitas ini di pantai di depannya.

Spot foto di Gili Air

 

3. HUTAN WISATA PUSUK (PUSUK PASS)

Pusuk artinya puncak bukit. Makanya Wisata Pusuk juga ada di Sembalun Lombok Timur. Bukit yang berada di timur Malimbu ini adalah jalan alternatif menuju Bangsal. Nggak ada spot khusus di hutan lindung ini. Biasanya wisatawan berhenti untuk memberi makan pada kawanan kera yang berkeliaran di tepi jalan.

 

Baca juga: "Itinerary Island Hopping 3 Gili & Beach Hopping di Lombok 4 Hari"

 

4. AIR TERJUN SENDANG GILE

Air terjunnya cantik, terdiri dari dua tingkat dengan total ketinggian +/-30 m. Untuk mencapainya cukup berjalan kaki santai menuruni anak tangga selama 15 menit. Ada opsi naik ojek untuk melalui jalur memutar di sisi saluran irigasi.

 

Air Terjun Sendang Gile

 

Untuk masuk ke Sendang Gile (termasuk Tiu Kelep) dikenakan tiket masuk Rp10.000. Dan biasanya kita ditawari jasa pemandu, tarifnya bisa dinego.

 

Letaknya di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Senaru Kecamatan Bayan. Dari bandara di Praya maupun Mataram bisa berkendara lewat Pusuk ataupun menyusuri Pantai Senggigi terus ke utara. Durasi 2,5-3 jam.

 

Lebih lengkap tentang Air Terjun Sendang Gile baca di sini.

 

5. AIR TERJUN TIU KELEP

Lokasinya sama dengan Sendang Gile di Desa Senaru. Dari Sendang Gile ke sini jalan kaki santai 35-45 menit. Treknya tergolong mudah.  

 

Air terjunnya tinggi, +/-45 m, dikungkung dinding tebing setengah lingkaran yang diselimuti tanaman. Ada kolam alami terbentuk di bawahnya, mengundang untuk direnangi. Tapi hati-hati, jangan terlalu ke tengah karena dalam dan berarus.

 

Air Terjun Tiu Kelep

 

Lebih lengkap tentang Air Terjun Tiu Kelep baca di sini.

 

Air terjun lainnya di Lombok Utara: Tiu Ngumbak, Tiu Tiding, Tiu Bombong, Tiu Teja, Sekeper, Tiu Pupus, Kerta Gangga.

 

6. PLAWANGAN SENARU, GUNUNG RINJANI

Gunung Rinjani (3.726 mdpl) secara keseluruhan masuk dalam wilayah 4 kabupaten. Yang masuk ke bagian Lombok Utara adalah Plawangan Senaru.

 

Update terakhir pendakian Rinjani hingga ke puncak belum dibuka lagi setelah gempa bulan Juli dan Agustus 2018 lalu. Tapi kalau hanya sampai ke Plawangan Senaru dan Plawangan Sembalun sudah dibuka lagi per Juni 2019. Untuk pendakian hingga Plawangan Senaru di ketinggian 2.641 mdpl yang dimulai dari Desa Senaru dibutuhkan waktu 7-9 jam. Begitu kita tiba sore hari di Plawangan Senaru, siap-siap menunggu sunset cantik ke arah Gunung Agung di Bali.

 

Cukup nenda satu malam di Plawangan Senaru, esok paginya menikmati sunrise. Pemandangan ke arah Rinjani yang tak terhalang apa pun dan paling indah ya dari Plawangan Senaru ini. Puncak Rinjani yang lancip terlihat di ujung kiri di kejauhan, dengan hamparan Segara Anak dan Gunung Baru Jari.

 

Pemandangan ke arah Puncak Rinjani dari Plawangan Senaru

 

 

Lebih lengkap tentang Gunung Rinjani baca di sini.

 

7. KAMPUNG EKOWISATA KERUJUK

Ekowisata ini berlokasi di Dusun Kerujuk, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang. Berkendara dari Pelabuhan Bangsal ke sini 15 menit saja. Masuk ke kawasan ini kita disambut jembatan berpayung bambu yang menjadi ikon tempat ini.

 

Jembatan yang menjadi ciri khas Kerujuk

 

Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kerujuk Lestari sebagai pengelola mengemas dusunnya hingga menarik. Dengan visi menjadikan Kerujuk sebagai kawasan wisata pendidikan budaya dan lingkungan hidup maka diciptakanlah beragam fasilitas untuk mengakomodasi paket-paket yang ditawarkan kepada wisatawan.

 

Dengan melakukan reservasi terlebih dahulu, wisatawan bisa melakukan aneka aktivitas seperti membajak sawah, menanam padi, memanen buah, menangkap udang, belut, kepiting (kerujuk dalam bahasa Sasak) dengan berbagai macam teknik tradisional.

 

Tersedia wahana outbond yang unik, salah satunya jembatan kayu zigzag dan wahana low rope yang dipasang di atas kolam lumpur. Juga tersedia flying fox, kolam pancing, jalur gowes, area kemping. Sudah ada juga fasilitas baru yakni Pasar Minggu, dan akan menyusul fasilitas-fasilitas tambahan lainnya.

 

Jembatan kayu zigzag

 

Ada kegiatan istimewa yang ditawarkan, yakni ikut serta dalam permainan tradisional. Ada sampai 30 jenis permainan mulai dari yang sudah dikenal seperti balap bakiak, enggrang, gasing, sampai yang terdengar asing: Silong Treng, permainan melempar gelang bambu.

 

Satu hal lagi yang menarik: di sungai yang membelah Dusun Kerujuk menjelang musim hujan bakal ada migrasi besar-besaran kawanan kerode alias anak kepiting/kerujuk. Migrasi berlangsung 1 minggu hingga 1 bulan. Itulah kenapa dusun ini dinamai Kerujuk.

 

 

8. PANTAI IMPOS

 

Ada juga yang menyebutnya Pantai Hipos. Berada di Dusun Karang Anyar, Desa Medana, Kecamatan Tanjung, tak jauh dari Pelabuhan Bangsal. Inilah salah satu pantai andalan KLU yang cocok buat wisata keluarga. Ombaknya tenang, aman buat direnangi. Juga terdapat banyak warung dan beruga-beruga (gazebo).

 

Dari pantai yang garis pantainya cukup panjang ini kita bisa memandang separuh Gili Air yang terhalang tanjung. Dan kalau datang sore hari tunggulah sampai matahari hilang dari horison.

 

 

9. PANTAI PANDANAN DAN PANTAI NIPAH

Dua pantai ini pasti sering kita lihat kalau sedang berkendara dari Senggigi menuju Pelabuhan Bangsal. Dari jalanan yang letaknya di atas, memandang lepas ke arah kiri depan akan terlihat pantai berupa teluk melengkung lebar. Berkendara dari Senggigi hanya 20-25 menit.

 

Ikan bakar di Pantai Pandanan

 

Selain untuk berenang dan menikmati semilir angin pantai, kedua pantai ini terkenal sebagai tempat makan ikan bakar dengan bumbu khas Sasak. Beruga-beruga yang disediakan pemilik rumah makan nggak disewakan, jadi harus pesan makanan atau minuman untuk duduk-duduk di beruganya.

 

10. DESA ADAT DUSUN BELEQ, DESA GUMANTAR

Desa adat yang terletak di Desa Gumantar Kecamatan Kayangan ini baru diekspos sekitar tahun 2014. Tapi sudah ada sejak Gunung Samalas meletus tahun 1257. Dari Senggigi ke sini 1,5 jam berkendara, kalau dari Bandara LOP 2,5 jam.

 

Dari 40 bangunan, ada 28 bangunan yang dihuni 103 kepala keluarga yang tinggal di sini turun-temurun hingga kini. Selebihnya adalah beruga, lumbung, bangunan khusus untuk upacara adat.

 

Desa Beleq Gumantar

 

Untuk masuk ke dusun adat ini kita harus mengenakan kain. Kain akan dipinjamkan oleh pihak pengelola. Tidak ada tiket masuk, tapi berilah donasi sepantasnya. Dan sebaiknya masuk dengan pemandu warga lokal.

 

Pantai-pantai dan objek wisata lain di KLU:

Pantai Gondang, Pantai Kerakas, Pantai Tembobor, Pantai Sire, Masjid Kuno Bayan Beleq, SembagekTraditional Village, Dusun Tradisional Senaru.

Teks: Mayawati NH Foto: Dok. Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, Mayawati NH
Comment
Hdvcja

www.drugs.com side effects is hydroxychloroquine an immunosuppressant

2022-05-07
Clarkcheal

cloroquine chloroquine australia buy erectile dysfunction meds who treats erectile dysfunction hydroxichloriquin side effects for hydroxychloroquine best erectile plaquenil therapy tagra 20 mg cipla tadalafil z-pak generic name zithromax

2021-01-27