PANDUAN CERDAS EKSPLOR LOMBOK UTARA 2019-10-19 18:05

Gili Meno, wisata andalan Lombok Utara

 

Kabupaten Lombok Utara (KLU) merupakan kabupaten termuda di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tapi daya tarik wisatanya justru nggak kalah dari kabupaten lain di Pulau Lombok. Apalagi andalan wisatanya Lombok, yakni 3 Gili (Meno, Air, Trawangan) dan Gunung Rinjani berada di KLU. Dan tentu saja KLU bukan cuma punya itu. Banyak destinasi menarik lainnya. Artikel pertama ini hanya akan membahas panduan jelajah Lombok Utara. Mengenai objek-objek wisatanya diulas di artikel selanjutnya.

 

PROFIL LOMBOK UTARA

KLU adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Lombok Barat, yang resmi dibentuk pada 21 Juli 2008. Ibu kotanya Tanjung. Wilayah seluas 809,53 km2 ini dibagi menjadi 5 kecamatan yakni Kecamatan Pemenang, Tanjung, Gangga, Kayangan, dan Bayan.

 

Wilayah KLU berada di kaki utara Gunung Rinjani. Gunung Rinjani sendiri berada di Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Sedangkan dua desa yang menjadi gerbang masuk Rinjani yakni Desa Senaru masuk wilayah Lombok Utara dan Desa Sembalun masuk Lombok Timur.

                                                

Gunung Rinjani

 

WAKTU TERBAIK

- Untuk island hopping: sepanjang tahun, asal di bawah jam 3 sore untuk menghindari ombak tinggi.

- Untuk mendaki Gunung Rinjani: Mei-September.

- Untuk tur biasa: sepanjang tahun.

 

Baca juga: "Mungkin Anda Belum Tahu Ada Tanjung Secantik Ini di Lombok Timur"

 

CARA KE LOMBOK UTARA

Jalur masuk via udara melalui Lombok International Airport (LOP) di Praya, Lombok Tengah. Maskapai yang melayani penerbangan langsung Jakarta-Lombok adalah Garuda, Citilink, Lion Air, Batik Air. Durasi terbang 2 jam.

 

Dari Bandara LOP ke Pemenang atau Tanjung sebagai gerbang masuk KLU dengan mobil, durasi 2 jam.

 

LOMBOK UTARA SEBAGAI GERBANG MASUK TURIS

Banyak wisman (wisatawan mancanegara) masuk ke Lombok dengan naik fast boat umum dari Bali (Padangbai atau Serangan) ke Gili Matra (Meno, Air, Trawangan) dan Pelabuhan Bangsal (keduanya masuk dalam Kecamatan Pemenang). Durasinya 1,5-2 jam.

 

Gili Trawangan

 

Banyak travel agent di Gili Matra bahkan menjual tiket shuttle bus (termasuk boat atau kapal ferry) tak hanya ke daratan Lombok dan Bali, tapi juga melayani hingga ke Labuan Bajo di Flores NTT.

 

CARA KELILING LOMBOK UTARA

Dianjurkan untuk sewa mobil (berikut supir) atau sewa sepeda motor karena kebanyakan tempat tidak dijangkau transportasi umum.

 

Untuk ke Gili Matra ada 3 pilihan:

- Naik kapal umum kayu dari Pelabuhan Bangsal. Durasi: 30-45 menit (Gili Air paling dekat).

- Naik kapal umum jenis fast boat dari Bangsal. Durasi 15-25 menit.

- Carter boat dari Teluk Nara atau Teluk Kodek. Durasi: 10-20 menit. Ke Gili Air bahkan tak sampai 10 menit.

 

Boat untuk keliling Gili

 

Di Gili Matra keliling wilayah daratannya bisa dengan carter cidomo (sejenis dokar), sewa sepeda, atau jalan kaki.

 

Cidomo

 

PENGINAPAN

Lombok Utara punya banyak sekali pilihan untuk tempat menginap, mulai dari hotel maupun resor bintang 5 hingga budget hotel. Misalnya Mina Hotel Beach & Resto, Tugu Hotel, Vila Sepoi-Sepoi di daerah Tanjung. Yang teramai dan paling banyak pilihan tentu Gili Trawangan. Tarif per malam tergantung kelasnya. Yang menginginkan kenyamanan (tapi bukan mewah) siapkan bujet Rp400.000-500.000 per malam.

 

Mina Tanjung Beach Hotel & Resto

 

 

KULINER

Secara umum makanan khas Lombok di antaranya ayam taliwang, pelecing kangkung, sate rembiga, sate bulayak, beberuk terong, nasi balap puyung. Tapi ada satu yang benar-benar khas Lombok Utara tepatnya daerah Tanjung yakni sate ikan. Berupa adonan ikan yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan bumbu lalu dijadikan sate. Bisa dibeli di pinggir jalan di Kota Tanjung. Per 8 tusuk dihargai Rp10.000.

 

Sate ikan Tanjung

 

Baca juga: "Ke Lombok Beli Oleh-Oleh Apa? Ini Daftarnya!"

 

OLEH-OLEH

- Mutiara. Lombok terkenal dengan budidaya mutiara, jadi nggak heran mutiara ‘dinobatkan’ jadi salah satu oleh-oleh wajib dari Lombok. Sentra kerajinan mutiara ada di Desa Sekarbela, Ampenan. Mutiara air laut tentu lebih mahal dari mutiara air tawar, dan lagi, tergantung diikatnya dengan emas, perak, atau hanya stainless. Sebaiknya beli di toko khusus (gallery) mutiara yang mengeluarkan sertifikat.

- Camilan. Yang khas Lombok, dodol rumput laut, dodol tomat, keripik ares dari kedebong pisang, peyek kangkung rumput laut, kacang mete, kue lekong (baca dengan “e pepet”) alias nastar Lombok. Toko yang menjual kebanyakan di Senggigi dan Mataram, Lombok Barat.

- Kopi dari rumput laut.

- Madu Lombok atau Madu Sumbawa.

- Gerabah, terutama kendi maling, di Desa Banyumulek, Lombok Barat.

- Kain tenun atau songket Sasak di Desa Sukarara atau Desa Sade di Lombok Tengah.

 

Objek-objek wisatanya apa saja? Silakan baca artikel berikut dan website Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Lombok Utara

Teks: Mayawati NH Foto: Dok.Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, Mayawati NH, Mina Tanjung Hotel
Comment