10 POTRET KEINDAHAN PADANG 1 GUNUNG MUTIS DI NTT 2022-07-26 00:00

Spot utama Padang 1 Gunung Mutis

 

Padang rumput maha luas dan bergunduk-gundukan macam Bukit Teletubbies dengan latar gunung nan gagah ini dinamai Padang 1. Inilah padang yang menjadi teras depan Gunung Mutis (2.427 mdpl), gunung tertinggi di Pulau TimorNusa Tenggara Timur (NTT). Lebih di atasnya lagi, ada padang rumput lainnya, yang dinamai Padang 2, yang harus dilalui kalau Trippers hendak mencapai puncak gunung yang berada di Fatumnasi Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Pulau Timor ini. Padang 1 menjadi spot favorit untuk menyaksikan matahari terbit. Luar biasa cantiknya. Berikut MyTrip bagikan potret keindahan dan ragam pose yang bisa dilakukan di sana.

 

Baca juga: “Gunung Mutis, Nuansa The Hobbit Nan Mistis

 

1. Untuk mencapai Padang 1 harus jalan kaki 1 jam

 

Sejak pengelola Cagar Alam Gunung Mutis menutup akses mobil, untuk mencapai Padang 1 di ketinggian 1.750 mdpl kita mesti jalan kaki sejauh 2,6 km, selama kurang lebih 1 jam. Bisa lebih singkat kalau jalannya cepat. Jalurnya tidak sulit, tidak ada tanjakan terjal. Lansia pun asal nggak punya masalah dengan kaki bisa ke sini.

 

Jalurnya seperti ini, ada tanjakan, tapi nggak terjal

 

2. Pemburu sunrise wajib ke sini

 

Meskipun harus berangkat paling telat pukul 03.30 dinihari dari hotel di Kota Soe, ibu kota Kabupaten TTS, dan begitu turun mobil harus sambung jalan kaki lagi, nggak nyesel deh! Sunrise dan after sunrise-nya di sini bikin mata dan jiwa terhibur. Sinar mentari menimpa gundukan-gundukan padang rumput dan menghasilkan gradasi warna. Breathtaking! Jangan lupa pakai jaket karena udara dingin, dan bawa senter karena Trippers akan berjalan dalam kondisi gelap.

 

“Menangkap matahari”

 

After sunrise dan gradasi warnanya

 

3. Tempatnya luas tapi yang datang masih sedikit

 

Beda dengan spot sunrise di Bromo yang udah kayak pasar, Padang 1 masih sepi pengunjung. Saat rombongan MyTrip ke sana pada akhir Mei 2022, nggak ada siapa-siapa lagi di sana selain kami. Jadi bisa bebas foto tanpa bocor-bocor.

 

 

4. Langit biru cerah

 

Datang di pagi hari dan pas cuaca bagus, tentu langitnya biru cerah. Latar yang cocok untuk berfoto loncat rame-rame. Tipsnya untuk menghasilkan foto loncat yang tampak tinggi: yang memotret harus berada di posisi lebih rendah, bahkan kalau perlu sambil duduk atau jongkok.

 

Yang memotret harus merendahkan posisi untuk hasil foto lompatan yang tinggi

 

5. Latar Gunung Mutis menjadi favorit

Di Padang 1 ini yang menjadi favorit untuk latar berfoto pastilah sisi yang terlihat Gunung Mutisnya. Foto loncat selain dengan latar langit biru, bagus juga dengan latar ini.

 

 

6. Loncat berpasangan. Ciaaatttt….

 

Kalau loncat berpasangan, coba gaya pendekar bertarung seperti ini.

 

Behind the scene

 

7. Gaya “Teori Evolusi Darwin”

 

Tempat maha luas berpemandangan bagus membuat rombongan MyTrip bereksperimen gaya. Maka inilah hasilnya, berfoto ala Teori Evolusi Darwin.

 

 

8. Only for yoga expert

 

Kalau datang ke Padang 1 Gunung Mutis dari pagi buta, Trippers punya banyak waktu untuk dihabiskan di sini. Eksplor gaya semaksimal mungkin. Kedua gaya ini hanya bisa dilakukan oleh yang badannya luwes, misalnya instruktur atau praktisi yoga.

 

 

9. Angle lain

 

Selain latar Gunung Mutis, tentu banyak angle lainnya. Bisa 360 derajat lah pokoknya kalau foto-foto di Padang 1. Tipsnya: latar mana pun, pastikan wajah terkena sinar matahari.

 

 

10. Medan yang cukup berat, sebaiknya naik mobil 4WD

 

Untuk mencapai titik akhir di mana mobil masih dibolehkan masuk, rutenya cukup berat. Jadi disarankan naik mobil 4WD dengan supir yang bepengalaman. Dalam perjalanan kembali, saat suasana hutan sudah terang, Trippers bisa berpose-pose dulu dengan mobil 4WD-nya.

 

 

Baca juga: “Apa Saja yang Bisa Dinikmati dalam Trip Timor Overland?

 

Hubungi MyTrip di 0811821006 untuk ke Gunung Mutis.

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Achmad Saleh Sahab, Hendra Yuwono, Julia Zhuo, Mayawati NH, Mika Kubo, Myati Djunita, Dok. MyTrip
Comment