NGGAK PERLU PAKAI JAKET KALAU MENDAKI BUKIT SALJU DI PULAU SABU NTT 2020-07-07 00:00

Ini penampakan Bukit Salju dari depan

 

Pulau Sabu atau Sawu di Kabupaten Sabu Raijua Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) nggak luas, hanya 380 km2, tapi menawarkan objek wisata yang sangat beragam. Yang jadi andalan utama tentu Kelabba Madja yang meraih gelar sebagai “Surga Tersembunyi Terpopuler” pada Anugerah Pesona Indonesia tahun 2018. Nah, nggak jauh dari Kelabba Madja, sekitar 15-20 menit berkendara, di dekat Pantai Wadumeddi terdapatlah objek wisata yang nggak kalah menariknya, warga sekitar menamakannya Bukit Salju.

 

 

Baca juga: "Ada Tabu yang Tak Boleh Dilanggar di Kampung Adat Namata di Pulau Sabu"

 

Pasti pertanyaan yang spontan terlontar adalah, “Hah?? Ada salju di tempat sepanas Pulau Sabu di NTT??” Haha, bukan kok. Namanya doang Bukit Salju, aslinya sih tempat ini merupakan bukit kapur. Tapi saking putih mulus dan sudah mengeras kapurnya, jadi tampak seperti salju. Apalagi kalau cuma dilihat dari foto saja, mirip salju banget! Kami sih sempat bergaya-gaya pakai jaket saat berfoto di sini, pura-pura kedinginan, hahaha....

 

Berpose pakai jaket, pura-pura kedinginan

 

Kami juga sempat bergaya pura-pura sedang susah-payah mendaki bukit ini. Gaya selangit seolah-olah mendaki Mount Everest gitu.... Wkwkwk... Padahal faktanya mah bukitnya mudah dinaiki, nggak curam, nggak licin. Naiknya dari jalur tanah di sisi kiri bukit. Nggak lebih dari 5 menit sampai deh di teras bukit, tempat wisatawan biasa berfoto-foto dengan latar puncak bukitnya yang lancip.

 

Bergaya kayak pendaki Mount Everest, hahaha...

 

Pura-puranya susah naiknya, wkwkwk...

 

 

Jalur naiknya begini, mudah saja

 

Tapi jangan puas sampai di situ aja ya. Naik lagi deh sampai ke teras kedua persis di bawah puncaknya. Naiknya nggak bisa dari sisi depan, terlalu curam. Tapi harus memutar dulu ke sisi kanan bukit. Susah nggak? Dibilang susah nggak, dibilang gampang juga nggak. Di beberapa tempat lumayan curam dan licin, dan nggak ada pegangan kecuali ya kita berpegang pada dinding batunya. Tapi masih ada step-stepnya lah, bekas pijakan kaki orang. Walaupun tampaknya nggak banyak yang naik ke sini, tapi lumayanlah jejaknya ada.

 

Begini jalur naik ke puncak bukit

 

Pemandangan dari atas sini ke arah pantai dan perbukitan di sekitarnya yang ditumbuhi pohon-pohon lontar tentunya lebih bagus karena tak terhalang. Di sini juga ada tepian tebing ‘bersalju’ yang bagus juga untuk berfoto. Pokoknya, nggak nyesel usaha dikit untuk sampai sini.

 

Pemandangan dari atas ke arah pantai

 

Tepian tebing 'bersalju'

 

Bukit Salju ini kalau dari Kota Seba, gerbang masuk ke Pulau Sabu, berjarak 29 km, ditempuh berkendara sekitar 45 menit. Lokasinya di Desa Ledeae Kecamatan Hawu Mehara Kabupaten Sabu Raijua. Sedangkan untuk mencapai Pulau Sabu dari Jakarta bisa dibaca di sini.

 

Peta Pulau Sabu dan lokasi BukitSalju

 

Jadi, kapan kamu ke Sabu?

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Jasminita Samaruddin, Mayawati NH, Verita Amahorseya, Wiwiek Asmawiati
Comment