12 KULINER KHAS LOMBOK. SUDAH COBA SEMUAKAH, TRIPPERS? (Bagian 2-Tamat) 2021-09-14 14:55

Ikan bakar di Pantai Nipah

 

Ngetrip ke suatu tempat pasti lebih afdol kalau sekalian nyobain kuliner khasnya. Berikut ini MyTrip kumpulkan semua makanan khas termasuk camilan yang pernah MyTrip coba dalam beberapa kali kunjungan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Memang pastinya nggak lengkap. Tapi sengaja MyTrip hanya menampilkan makanan yang pernah dicoba saja. Trippers sudah coba semuakah?

 

Bagian 1 baca di sini.

 

7. Nasi Balap Puyung

 

Sekilas memang tampak seperti nasi campur atau nasi rames biasa. Tapi coba dulu, baru komentar. Lauk utamanya yang pasti ada yaitu ayam suwir yang pedas sekali. Lauk lainnya biasanya ada 3 jenis lagi, yakni tumis buncis, kacang kedele goreng, kering kentang atau kadang dicampur kering tempe. Ada juga yang menambahkan serundeng. Hati-hati, bisa jadi serundeng dan tumis buncisnya pun tak kalah pedas. Trippers bisa juga minta tambah ayam goreng, biasanya ayam goreng kampung yang potongannya kecil, atau pindang telur. Kalau merasa kurang pedas, bisa minta tambah sambal. O ya, lauknya bisa berbeda-beda di tiap tempat.

 

Nasi Balap Puyung biasanya disajikan di atas piring anyaman rotan yang dialasi kertas nasi. Bisa ditemukan di banyak rumah makan, salah satunya Nasi Balap Puyung di Rumah Makan Cahaya yang berada di seberang Bandara Internasional Lombok di Praya Lombok Tengah. Selengkapnya baca di sini.

 

8. Dodol Rumput Laut

 

Beli oleh-oleh camilan apa dari Lombok? Dodol rumput laut jawabannya. Meluncurlah ke Lestari Oleh-Oleh atau UD Amelia di Mataram, di kedua toko oleh-oleh ini banyak tersedia aneka pilihannya. Rasanya tentu beda sekali dari dodol pada umumnya, lebih segar!

 

Baca juga: "Ke Lombok Beli Oleh-Oleh Apa? Ini Daftarnya!"

 

9. Olah-Olah

 

Nama menu sayuran yang satu ini memang terdengar asing. Olah-olah adalah menu khas suku Sasak di Lombok, dengan bahan utama kecipir, kadang ditambah kacang panjang dan kol. Dimasak dengan kuah santan nan gurih. Menu ini banyak disajikan saat Lebaran di Lombok. MyTrip mencobanya saat liburan di Gili Meno, dan belum pernah lagi menemukannya di resto-resto di Mataram maupun Senggigi.

 

Baca juga: “Gili Air Lagi Tak Sesepi Dulu

 

10. Opak-Opak

 

Penganan khas Lombok Utara yang bernama opak-opak ini terbuat dari singkong yang ditumbuk dan dipipihkan lalu dibakar. Penampakannya sepeti opak yang dikenal di Jakarta, tapi rasanya beda. MyTrip membelinya saat ke Pantai Impos atau Pantai Hipos di Dusun Karang Anyar Desa Medana Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara.

 

11. Ikan Bakar Pantai Nipah

Apa istimewanya ikan bakar? Sama aja ‘kan? Eits.. coba dulu ikan bakar di Pantai Nipah ini. Pantainya memang jarang terdengar, kalah reputasinya dengan Pantai Senggigi maupun Gili-Gili. Biasanya wisatawan hanya melewatinya saat dari Senggigi hendak menuju Pelabuhan Bangsal untuk selanjutnya menyeberang ke Gili Trawangan. Tepatnya Pantai Nipah berada di Desa Malaka Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara.

 

 

Sekali-sekali mampir deh, berkendara dari Senggigi hanya 20-25 menit. Nikmati ikan bakarnya sambil ditemani semilir angin pantai di atas beruga-beruga (gazebo) yang disediakan. Ikannya bisa kita pilih sendiri dari boks yang diberi es, walaupun sudah mati tapi masih segar. Yang membuatnya khas, sebelum dibakar dilumuri dulu dengan racikan bumbu khas Sasak.

 

12. Sayur Bening Kelor

Sayur bening kelor memang tak terlalu istimewa, tapi uniknya karena selalu disajikan bareng ikan bakar di warung-warung di Pantai Nipah. Jadi nggak ada salahnya Trippers mencoba juga. 

 

 

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment