6 KULINER POPULER DI TAWANGMANGU, SOP BUNTUT SAMPAI SATE KELINCI 2021-11-11 19:15

Ayam Tim Goreng Mbok Iyem

 

Tawangmangu merupakan salah satu wilayah yang berada di Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat ini terkenal dengan suhunya yang sejuk dan membuat nyaman. Tidak mengherankan jika banyak sekali pengunjung yang datang di masa liburan. Baik itu pengunjung dari wilayah di sekitarnya ataupun yang datang dari luar kota seperti Jakarta atau lainnya.

 

Daya tarik wisata di Tawangmangu juga sangat banyak, mulai dari objek wisata alam sampai kuliner. Selain itu penginapan di Tawangmangu juga begitu banyak, jadi makin membuat nyaman pengunjung yang datang. Bagi Anda pecinta kuliner, yuk cek di sini berbagai rekomendasi tempat makan di Tawangmangu yang populer di kalangan wisatawan.

 

1. Sop Buntut Bu Ugi

Di bawah cuaca yang sejuk cenderung dingin, menyantap makanan hangat memang pas saat berada di Tawangmangu. Salah satu tempat rekomendasinya adalah Sop Buntut Bu Ugi. Alamatnya di Jl. Raya Tawangmangu, Kalisoro, Tawangmangu, Kramat, Karanganyar. Jam bukanya pukul 05.00-19.00 WIB.

 

 

Seperti namanya, tempat makan satu ini menyuguhkan menu sop buntut sebagai hidangan utamanya. Jika bosan dengan sop, Trippers bisa mencoba garang asem atau pecel yang juga tidak kalah enaknya. Tempat ini sudah berdiri sejak zaman Presiden Soekarno, dan pelanggannya pun tidak main-main. Mulai dari Presiden Soekarno, Presiden Abdurrahman Wahid, hingga para pejabat pernah singgah ke tempat ini.

 

2. Sego Gablok Depan Pasar

Kuliner lainnya yang bisa dicoba adalah sego gablok. Ini merupakan nasi uduk yang dimasak dengan cara dikukus setelah dibungkus dengan daun pisang. Di dalamnya akan ada perpaduan antara nasi, daging ayam yang dicampur dengan telur dan santan yang sudah dibumbui atau disebut gadon. Cita rasanya sangat enak, ada sensasi daun pisang yang membuatnya harum dan menggugah selera.

 

Jika tertarik mencicipi nasi gablok, Trippers bisa membelinya di depan Pasar Tawangmangu saat sore hari. Tempat jualannya di gerobak. Meski sederhana, banyak orang yang berburu nasi gablok ini. Harganya pun terjangkau, satu bungkusnya mulai Rp6.000.

 

3. Ayam Tim Goreng Mbok Iyem

Jika selama ini ayam diolah dengan cara dibakar, digoreng, atau dipanggang, di sekitaran Tawangmangu ada yang caranya ditim. Sebelum digoreng, ayam ditim atau dikukus dulu selama kurang lebih empat jam lamanya. Jadi, meski yang dipilih adalah ayam kampung, namun tekstur dagingnya akan tetap empuk dan begitu menggoyang lidah.

 

 

Trippers bisa memadukan ayam tim dengan sambal atau pete goreng yang membuatnya semakin nikmat. Ayam Tim Mbok Iyem ini berada di Karanganyar, atau kurang lebih 5 km sebelum memasuki Tawangmangu. Jam bukanya pukul 08.00-17.00 WIB.

 

4. Rumah Atsiri Indonesia

 

Berwisata sembari berburu kuliner, Trippers bisa datang ke Rumah Atsiri Indonesia. Lokasinya sendiri berada di Jl. Watusembang, Plumbon, Tawangmangu. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan di tempat ini, mulai dari berkebun, belajar memasak, foto, belajar bertani, dan lain sebagainya. Jika ingin menginap pun ada areal glamping yang bisa dicoba.

 

 

Di Atsiri Resto banyak sekali menu makanan yang ditawarkan. Bahkan banyak juga menu-menu sehat berbahan dasar sayur dan buah yang bisa dicoba. Beberapa menunya antara lain, asinan rumah atsiri, caesar salad, green garden salad, dan masih banyak lagi lainnya.

 

5. Rumah Teh Ndoro Donker

Sementara jika Trippers ingin ngeteh cantik, bisa langsung datang ke Rumah Teh Ndoro Donker. Alamatnya di Jl. Karangpandan-Ngargoyoso, Kemuning, Puntukerjo, Karanganyar. Jam bukanya pukul 09.00-18.00 WIB. Tempatnya sangat sejuk karena berada di kawasan kebun teh.

 

 

Di sini Trippers bisa mencoba berbagai varian teh. Mulai dari kemuning green tea, earl grey tea, donker black tea, oolong tea, sampai dengan mint tea. Sementara untuk menu makanannya sendiri ada nasi goreng, iga bakar, dan juga sup iga.

 

6. Sate Kelinci Pak Temon

Satu lagi lokasi yang tidak boleh Trippers lewatkan begitu saja adalah Sate Kelinci Pak Temon. Alamatnya di Jl. Lawu No. 16, Nano, Tawangmangu, Karanganyar. Tepatnya berada di seberang Kantor Balai Pelayanan Sosial Anak Tawangmangu. Meski lokasinya terbilang sederhana, namun pembelinya rela antre berlama-lama.

 

Dalam satu porsi sate kelinci akan ada beberapa tusuk daging yang kemudian disiram dengan saus kacang yang melimpah. Sehingga citarasanya menjadi gurih, manis, dan juga sedikit pedas. Jika merasa kurang pedas, Trippers dapat menambahkan irisan cabai.

 

Untuk kelezatannya sendiri, sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena sang empunya sudah menjual sate kelinci ini sejak belum menikah sampai sekarang umurnya lebih dari 50 tahunan. Pemiliknya adalah Temon Wiryo Wiyono yang saat ini mengelola warungnya bersama dengan sang istri.

 

Supaya bisa puas menyantap berbagai kuliner yang ada di Tawangmangu, Trippers bisa memesan penginapan di sekitarnya ya. Jika butuh informasi penginapan di Tawangmangu dan ingin memesannya, Tripeprs bisa klik di Blibli. Siapa tahu sedang ada diskon yang membuat biaya makin terjangkau.

 

 

Teks: Istimewa Foto: @carikulinersolo, @kulinerdisolo, @rumahatsiri, @rumahtehndorodonker
Comment