5 PANTAI YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI PACITAN 2016-07-20 00:00

Pantai Klayar

 

Kabupaten Pacitan, tempat kelahiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, punya banyak pantai yang nggak cuma cantik, tapi juga unik. Ada pantai dengan air terjun langsung ke pantai, ada batu Sphinx, ada batu yang mirip wajah perempuan. Pokoknya, jarang ditemukan di pantai-pantai lain. Mau tahu apa aja pantai-pantainya? Yuk just pack and go ke Pacitan!

 

1. PANTAI BANYU TIBO

 

Air terjun jatuh ke pasir pantai

 

Keunikan pantai ini adalah adanya air terjun kecil yang berasal dari sungai yang jatuh langsung ke pasir pantai. Sesuai namanya, Banyu Tibo yang berarti “air jatuh/terjun”. Memang bukan cuma satu-satunya. Fenomena ini ada juga di Pantai Banyu Anjlok di Kab.Malang, Pantai Jogan di Gununkidul, Pantai Toroan di Madura, ada juga di TN Alas Purwo, Teluk Ijo Banyuwangi, Tapanuli Sumut, Kep.Anambas Riau, Blitar, Lombok. Tapi tetap saja pantai di Desa Widoro, Kec.Donorojo ini unik dan patut didatangi.

Lokasi jatuhnya air terjun membentuk cerukan yang nggak terlalu luas. Kita bisa menikmatinya dari atas saja (baik dari sisi kiri maupun kanan), atau pas air surut kita juga bisa turun mendekati air terjun (sudah dibuat anak tangga) dan main-main di pasir pantainya. Datanglah di atas jam 1 siang saat air sudah surut. Kita juga bisa berenang di pantainya. Bisa sewa pelampung seharga Rp 20.000. Ada penjaga pantai juga yang berjaga.

 

Bisa turun ke bawah

 

Jangan cuma berpuas diri main di sekitaran air terjunnya, tapi langkahkan kaki ke sisi kanan karena di situ ada area berbatu karang yang kena debur-debur ombak. Tapi hati-hati ya, jangan sampai keseret ombak. Semua area tebing karang di sini diberi pagar, tapi anak-anak harus terus diawasi. Dan siap basah terkena sambaran ombak kalau ke area ini.

 

Siap basah kalau ke area di ujung kanan ini

 

Jalan masuk ke pantai ini berliku-liku, sempit dan menanjak. Lalu mendekati area pantai menurun sempit. Di gerbang masuk pengunjung bayar Rp 5.000/orang. Parkir mobil Rp 5.000.

 

2. PANTAI BUYUTAN

 

Dari atas, pantainya sudah terlihat

 

Pantai Buyutan yang berada di Desa Widoro, Kec.Donorojo, berjarak +/-20 menit berkendara dari Pantai Banyu Tibo. Tiba di parkiran utama, kita harus bayar tiket masuk dulu Rp 5.000/orang. Nah dari sini, kalau Anda memakai jasa supir atau yang menyetir cukup berpengalaman, bolehlah teruskan turun ke area pantai dengan mobil, cuma 5 menit. Jalanannya sudah rapi dibeton tapi curam banget! Kalau mobil dalam keadaan kosong plus supirnya nggak OK, bisa-bisa mobilnya terjungkal. Kalau nggak berani, turun ke pantai jalan kaki aja atau naik ojek (bayar Rp 5.000). Mmm... mungkin naik ojek juga sama ngerinya ya. Harus yakin tukang ojeknya lihai deh. Dari atas sini sebenarnya pantainya sudah terlihat, tapi nggak afdol ‘kan kalau nggak turun?

Segala kengerian tentu akan terbayar begitu melihat garis pantai yang panjang, pasir halus, laut biru dengan ombak yang cukup galak menjilat-jilat bibir pantai, dan highlight berupa batu karang seperti jempol tangan (mirip tanda “like” di Facebook). Bakal nggak puas-puas berpose dengan ragam gaya di sini. Kalau nggak tahan panas, selama menunggu teman-teman foto berpanas-panasan, kita bisa duduk-duduk aja di bawah pohon.

 

Nggak puas-puas berpose

 

Batu karang jempol

 

O ya, pantai ini merupakan situs geologi lho! Terbentuk dari proses pengangkatan yang menghasilkan undak-undakan pantai. Batu-batu karang di bibir pantai adalah sisa-sisa tanjung kecil yang hancur karena diterpa ombak dalam kurun waktu lama.

 

Bebatuan ini sisa-sisa tanjung kecil

 

3. PANTAI KLAYAR

 

Ciri khas batu mirip Sphinx

 

Pantai yang sangat kumplit indahnya ini berjarak 30 menit berkendara ke arah barat dari Pantai Buyutan. Letaknya di Desa Kalak, Kec.Donorojo juga. Jadi ketiga pantai ini bisa dikunjungi sekaligus seharian. Tiket seharga Rp 7.000 (hari biasa) dan Rp 10.000 (Sabtu, Minggu & hari libur) untuk dewasa, serta Rp 5.000 untuk anak-anak ini sangat murah dibanding apa yang kita dapat. Memang sih sekarang pantai ini di akhir pekan sudah ramai, nggak sesepi saat MyTrip menyambangi pantai ini pertama kali tahun 2011. Selain jumlah warung yang tambah banyak, sekarang juga ada penyewaan ATV bagi yang nggak mau jalan kaki menyusuri pantai. Jalan akses ke Klayar sekarangpun sudah lebar.

 

Pemandangan dari bukit sebelah kiri

 

Kontur pantai dan formasi tebing karangnya dahsyat! Garis pantainya panjang dan area pasir landainya luas. Kita bisa naik ke bukit di ujung kiri, namanya Bukit Indah Lestari dengan membayar retribusi Rp 2.000/orang. Dari situ kita bisa menatap deburan ombak sekaligus mendengar suaranya memecah celah karang yang bagai alunan seruling. Inilah si seruling samudera itu. Saat ombak besar, airnya bisa muncrat sampai 10 m! Kita juga bisa naik ke tebing di sebelah kanan untuk melihat lansekap pantai secara keseluruhan.

 

Seruling samudera

Lebih lengkap tentang Pantai Klayar silakan baca di sini.

 

4. PANTAI SRAU

 

Pantai Srau yang paling timur

 

Pantai yang terletak di Desa Candi, Kec.Pringkuku ini memiliki 3 ceruk yang sangat lebar yang masing-masing membentuk pantai. Bila punya waktu, datangi ketiganya. Di pantai yang pertama (paling timur), naiklah ke bukit di sisi kanan yang berupa bebatuan karst. Jalanlah memutar hingga ke ujung. Dari situ kita bisa melihat pantai kedua. Setelah turun bukit pergilah ke pantai kedua, bisa jalan kaki, atau kalau malas naik mobil aja.

 

Pantai kedua terlihat dari bukit

 

Di pantai kedua kita akan melihat karang bolong yang tadi kita lihat dari atas. Kala air surut kita bisa main-main hingga ke kolong karang bolong. Puas di situ, supaya nggak penasaran, lanjut lagi ke pantai ketiga. Tapi pantai ketiga kurang menarik sih. Tapi biar tuntas aja.

 

Karang bolong di pantai kedua

 

Tiket masuk:

Hari biasa: Rp 2.000 (anak-anak), Rp 3.000 (dewasa)

Sabtu, Minggu & hari libur: Rp 3.000 (anak-anak), Rp 5.000 (dewasa)

Parkir: Rp 2.000 (motor), Rp 5.000 (mobil)

 

5. PANTAI WATU KARUNG

 

Pantai Watu Karung menempati area yang sangat luas

 

Nah, pantai yang satu ini juga panjang dan luaasss banget! Masing-masing ceruk pantai punya nama yang berbeda sih. Tapi secara keseluruhan disebut Pantai Watu Karung karena berada di Desa Watu Karung, Kec.Pringkuku.

Bermula dari ujung timur, adalah Pantai Karung, tempat Sungai Cokel yang berpasir hitam bermuara. Jalan sedikit ke arah barat, melewati celah tebing karst, terdapat Pantai Sirah Towo. Pasir putihnya di sini agak kasar. Lanjut lagi ke barat, ada Pantai Jantur. Pasir putihnya lebih halus. Terus lagi, tepat di depan resor bernama Desa Limasan ada Pantai Ngalur Ombo. Pantai inilah yang menjadi pusat keramaian kompleks Pantai Watu Karung karena ada highlight berupa pulau karang yang berbentuk kepala perempuan dengan rambut keriting terurai. Saat sunset motret ke arah pulau karang ini keren banget!

 

Sunset cantik di batu berbentuk kepala perempuan

 

Di pantai ini juga sering terlihat para peselancar menunggang ombak karena ombaknya memang berkelas dunia. Menjadi favorit para peselancar mancanegara, tak heran di depan pantai ini juga ada beberapa resor dan berjejer banyak warung makan. Sampai ke ujung barat, mentok ada bukit. Naikilah bukitnya, nggak susah kok. Dari sini kita bisa melihat keseluruhan garis pantai.

 

Memandang pantai dari atas bukit

 

Jarak dari Kota Pacitan:

Kelima pantai di atas berada di luar Kota Pacitan (tapi masuk Kabupaten Pacitan) dengan jarak 25-40 km ke arah barat, sekitar 1-1,5 jam berkendara dari Kota Pacitan. Sedangkan kalau dari Kota Yogyakarta, pantai-pantai ini bisa ditempuh 3,5-4 jam berkendara, melewati Jl. Raya Jogja-Wonosari, Kota Wonosari, dan kawasan Gunungkidul. Dari Solo juga sekitar 3,5-4 jam berkendara.

 

Cara ke Pacitan:

Walaupun Pacitan masuk Provinsi Jawa Timur, tapi jangan menjadikan Surabaya sebagai gerbang masuknya ya! Kalau dari Jakarta, kota yang dituju adalah Yogyakarta ataupun Solo, karena lebih dekat ke Pacitan dibandingkan Surabaya yang berjarak 270 km dari Pacitan. Dari Solo maupun Yogya ke Pacitan +/-100 km.

 

Penginapan:

Di Pantai Klayar kini sudah berdiri beberapa homestay. Tapi kalau mau penginapan yang lebih nyaman, ke Pantai Watu Karung aja. Ada beberapa resor sepertri sudah disebutkan di atas. Sementara di Srau, Banyu Tibo dan Buyutan, sepemantauan MyTrip belum ada penginapan. Tapi kalau warung makan sudah ada di kelima pantai ini. Toilet/kamar bilas juga ada.

Teks: Mayawati NH Foto: Hendri Yuliansyah (cover), Mayawati NH
Comment
Adboomnd

purchase modafinil for sale modafinil 100mg generic

2022-05-17
Ijfvkqtv

order provigil 100mg for sale purchase modafinil generic

2022-05-16
Xobrff

hydrocloroquine buy plaquenil

2022-05-08
Tsmgnale

order provigil 200mg sale provigil 100mg over the counter

2022-05-05
Swqdnale

order provigil provigil tablet

2022-05-04
Vecknale

modafinil 100mg over the counter order modafinil 100mg without prescription

2022-05-04
Generic Cialis

where to buy cialis without prescription tadalafil dosage

2022-05-03
Tadalafil Online

tadalafil drug https://cialistrxy.com/

2022-05-02
Advattyxzj

tadalafil drug where to order tadalafil tablets

2022-05-02
Advattqlhp

tadalafil dosage what is tadalafil

2022-05-01
Where To Get Tadalafil

https://cialisicp.com/ generic tadalafil from uk

2022-05-01
Moidgezuee

buy cialis tadalafil blood pressure

2022-05-01
Tadalafil Generic Where To Buy

https://cialisedot.com/ best price usa tadalafil

2022-05-01
Advattofdj

cialis without a prescription tadalafil generic

2022-05-01
Tadalafil Order Online No Prescription

tadalafil online https://cialisicp.com/

2022-04-30
Advattymdf

cost of cialis lowest price cialis

2022-04-29
Advattpblj

tadalafil daily online tadalafil generic

2022-04-28
Canada Generic Tadalafil

where to buy tadalafil on line https://cialisicp.com/

2022-04-28
Advattehti

tadalafil cialis tadalafil price walmart

2022-04-27
Advattmebh

generic cialis online fast shipping cost tadalafil generic

2022-04-27
Moidgexdrd

tadalafil blood pressure https://nextadalafil.com/

2022-04-26
Advattguqi

buy tadalafil tadalafil

2022-04-26
Cialis Generic

tadalafil side effects of tadalafil

2022-04-26
Tadalafil Generic

side effects of tadalafil cialis without a prescription

2022-04-25
Tadalafil Price Walmart

buy cialis tadalafil liquid

2022-04-25
Buy Cialis Pills

where to buy tadalafil on line canada generic tadalafil

2022-04-25
Generic Cialis

tadalafil daily online https://cialisusdc.com/

2022-04-24
Cialis 20mg

where to buy tadalafil on line https://cialisedot.com/

2022-04-23
Cialis 20mg

tadalafil goodrx tadalafil price walmart

2022-04-22
Advattdmjv

tadalafil price walmart where to buy cialis without prescription

2022-04-22
Cialis Online

generic tadalafil from uk cost tadalafil generic

2022-04-21
Advattelmi

cialis without a prescription cheapest tadalafil cost

2022-04-21
Advattewve

https://cialisicp.com/ side effects for tadalafil

2022-04-20
Cost Of Cialis

best price usa tadalafil what is tadalafil

2022-04-20
Advattpvmn

tadalafil generic where to buy side effects of tadalafil

2022-04-20
Cheap Cialis

cialis without a prescription where to buy generic cialis online safely

2022-04-18
Cialis 20 Mg

tadalafil generic where to buy tadalafil without a doctor prescription

2022-04-18
Buy Cialis Usa

tadalafil cialis buy cialis

2022-04-17
Advattknpv

tadalafil dosage tadalafil without a doctor prescription

2022-04-16
Buy Cialis Pills

tadalafil liquid best price usa tadalafil

2022-04-16
Cialis

canada generic tadalafil cialis at canadian pharmacy

2022-04-15
Advattcoyo

https://cialisicp.com/ side effects for tadalafil

2022-04-15
Moidgeauzc

best price usa tadalafil tadalafil

2022-04-15
Cialis

tadalafil goodrx where to buy tadalafil on line

2022-04-15
Buy Cialis Pills

tadalafil generic where to buy cost of cialis

2022-04-14
Cialis

https://cialisbusd.com/ cost tadalafil generic

2022-04-12
Buy Cialis Usa

tadalafil generic where to buy cheap generic cialis for sale

2022-04-12
Buy Cialis

tadalafil cost in canada lowest price cialis

2022-04-11
Moidgedihg

tadalafil cost in canada best price usa tadalafil

2022-04-11
Advattsqjk

prescription tadalafil online tadalafil dosage

2022-04-10
Cheap Generic Cialis For Sale

cialis without a prescription cheap cialis pills for sale

2022-04-10
Cheap Cialis

tadalafil cost walmart tadalafil goodrx

2022-04-10
Cialis Tablets

generic tadalafil from uk tadalafil online

2022-04-09
Cialis Pills

cialis at canadian pharmacy what is tadalafil

2022-04-09
Buy Cialis Online

lowest price cialis where to buy generic cialis online safely

2022-04-09
Generic Cialis Online Fast Shipping

tadalafil https://extratadalafill.com/

2022-04-08
Advattdfdn

tadalafil cost in canada tadalafil dosage

2022-04-08
Tadalafil Without A Doctor Prescription

cheap cialis pills for sale https://cialistrxy.com/

2022-04-08
Buy Cialis

buy cialis tadalafil blood pressure

2022-04-07
Advatteafx

tadalafil liquid tadalafil without a doctor prescription

2022-04-06
Advattrvql

tadalafil price walmart cialis at canadian pharmacy

2022-04-05
Euronee

precio viagra farmacias similares https://oscialipop.com - Cialis trouver levitra generique cialis 5mg online Ratmhj If you have certain other medical problems this may be a safer approach. Forwcw https://oscialipop.com - tadalafil cialis Uewqln

2022-04-04
Buy Cialis Online

tadalafil dosage tadalafil brands

2022-04-03
Where To Buy Generic Cialis Online Safely

lowest price cialis cialis without a prescription

2022-04-02
Advattpnks

where to buy cialis without prescription cost tadalafil generic

2022-04-01
Tadalafil Drug

cialis at canadian pharmacy tadalafil brands

2022-04-01
Cialis 20mg

buy tadalafil tadalafil generic where to buy

2022-04-01
Advattfvgx

buy tadalis tadalafil order online no prescription

2022-04-01
Advattmvok

tadalafil without a doctor prescription cialis at canadian pharmacy

2022-04-01
Tadalafil Blood Pressure

where to buy cialis without prescription cheap generic cialis for sale

2022-03-31
Buy Cialis Pills

cialis at canadian pharmacy cialis cost

2022-03-31
Advattdift

tadalafil generic what is tadalafil

2022-03-31
Cialis Without A Doctor Prescription

buy tadalis side effects of tadalafil

2022-03-30
Cialis Without A Doctor Prescription

tadalafil dosage https://extratadalafill.com/

2022-03-30
Tadalafil Online

cialis without prescription tadalafil generic

2022-03-30
Buy Tadalafil

https://cialisedot.com/ tadalafil goodrx

2022-03-29
Cialis Generic

tadalafil order online no prescription tadalafil cost in canada

2022-03-29
Cialis Coupon

cialis online cialis tablets

2021-12-13
Cialis Without A Doctor Prescription

cialis support 365 buy cialis usa

2021-12-07
Cialis Tablets

cialis coupon cialis price

2021-12-05
Buy Cialis Online

cialis dosage cialis with dapoxetine overnight to

2021-11-26
Fastest Delivery Of Cialis

cialis price cialis 20mg

2021-10-30
Fbshidiot

https://thesisacloud.com/ - master thesis writing service writing a thesis outline law thesis writing a good thesis

2021-04-03
Abgcidiot

https://thesiswritingtob.com/ - thesis online thesis help services thesis editing service thesis paper

2021-04-03
Abgcidiot

https://thesiswritingtob.com/ - thesis online thesis help services thesis editing service thesis paper

2021-04-03
Brfgtisy

https://ljcialishe.com/ - cialis coupon https://cialisvja.com/ - cialis patent expiration date https://viagraonlinejc.com/ - liquid viagra https://viagratx.com/ - prescription for viagra https://buycialisxz.com/ - define cialis

2021-03-30
Jvqqidiot

https://dissertationahelp.com/ - digital dissertations writing the dissertation professional dissertation writing service proquest dissertations search

2021-03-27
Grvamout

https://kloviagrli.com/ - foods that enhance viagra https://vigedon.com/ - woman on viagra commercial https://llecialisjaw.com/ - is there a generic cialis available in the us https://jwcialislrt.com/ - cialis for daily use https://jecialisbn.com/ - cialis cost cvs

2021-03-25
Nbmojeopy

cialis reviews patients cialis black wirkung cialis for sale toronto

2021-03-01
Nbmojeopy

cialis reviews patients cialis black wirkung cialis for sale toronto

2021-03-01
Fjjujeopy

walgreens viagra http://viagraonlinejc.com/ fake viagra

2021-02-28
Where To Buy Zithromax

how to get zithromax buy zithromax pfizer zithromax instructions

2021-02-22
Jbbnidiot

anthem blue cross cialis es seguro el cialis cialis no sirve

2021-02-17
Jbbnidiot

anthem blue cross cialis es seguro el cialis cialis no sirve

2021-02-17
Fqbbidiot

home credit cash loan review cash loan from amscot payday loan bad credit direct lender uk

2021-02-16
Fqbbidiot

home credit cash loan review cash loan from amscot payday loan bad credit direct lender uk

2021-02-16
Ahbzidiot

short term payday advance loans how to get a 2nd payday loan easy online cash advance

2021-02-16
Labxidiot

cialis Еџahan reklam cialis 20 mg prospektГјs qu'est que cialis

2021-02-15
Labxidiot

cialis Еџahan reklam cialis 20 mg prospektГјs qu'est que cialis

2021-02-15
Kvaxtisy

payday loans cancel debit card legal questions about payday loans how to avoid credit card cash advance fee

2021-02-15
Nbnhjeopy

buy viagra pills online india http://vigedon.com/ 360 viagra

2021-02-14
Fbsgjeopy

generic cialis from india safe http://llecialisjaw.com/ cialis usa paypal

2021-02-13
Kbbfelime

viagra overnight mastercard canada canadian viagra online order india from australia buy viagra online

2021-02-11
Jbbvidiot

online pharmacy school no prior prescription required pharmacy canadian drugs pharmacies online

2021-02-09
Jbbvidiot

online pharmacy school no prior prescription required pharmacy canadian drugs pharmacies online

2021-02-09
Kbcxtisy

discount pharmacy no 1 canadian pharcharmy online canadian pharmacy

2021-02-08
Nncsjeopy

viagra for recreation generic viagra cost viagra brand frizer

2021-02-06
Fvfcjeopy

buy viagra new york viagra п»їed meds online without doctor prescription

2021-02-06
Jbnbamout

cialis daily canadian pills diabetes

2021-02-05
Jbnbamout

cialis daily canadian pills diabetes

2021-02-05
Kuikelime

viagra online melbourne nz viagra online buy indian viagra online

2021-02-04
Jdbxidiot

reliable online buy viagra viagra overnight shipping 100 mg pfizer viagra no prescription http://llviabest.com/ - discount viagra online with cheap shipping ’

2021-01-26
Jdbxidiot

reliable online buy viagra viagra overnight shipping 100 mg pfizer viagra no prescription http://llviabest.com/ - discount viagra online with cheap shipping ’

2021-01-26
Lbgidiot

viagra 4 pack over counter viagra alternative 800 mg viagra http://genqpviag.com/ - order viagra online ’

2021-01-26
Dyllan

Pantai2nya bagus sekali

2016-07-20
masteradmin123456

Iya betul, Pacitan juga terkenal dengan gua-guanya yang cantik

2016-07-20
Adinda Hapsari

Bangga sama kampung halamanku, pantainya bagus2. Pacitan juga punya banyak goa lho... Ada Goa Gong, Goa Tabuhan, dan banyak lagi

2016-07-20