SEBELUM KELILING EROPA DENGAN MOBIL SEWAAN, BACA DULU TIPS LENGKAPNYA INI (BAGIAN 3-TAMAT) 2020-12-07 07:00

Banyak pemandangan indah sepanjang perjalanan

 

Benua Eropa memang sangat menarik untuk dijelajahi. Selain banyak situs bersejarah, jarak antarnegara tidak begitu jauh. Semua dapat ditempuh dalam hitungan jam. Jika Trippers berencana bepergian dalam rombongan kecil (3-5 orang), cobalah berpetualang dengan menyewa mobil untuk menjelajah negara-negara Eropa. Selain biayanya lebih, kebebasan menentukan waktu tanpa terikat jadwal kereta atau bus menjadi keunggulan jika kita menyewa mobil.

 

MENGENDARAI MOBIL DI EROPA

Pemandangan sepanjang jalan sangat indah, jangan sampai kita lengah. Jalan utama atau motorway juga sering sepi sehingga membuat kita tergoda untuk menambah kecepatan. Kecuali di Autobahn (nama motorway) Jerman, perhatikan maksimum limit kecepatan yang terlihat dari plang petunjuk lalu lintas atau GPS. Jangan sekali-kali melanggar karena walaupun tidak ada petugas, CCTV penanda kecepatan sangat banyak dipasang di jalan-jalan Eropa. Kita akan terkena denda speed limit jika kecepatan mobil melebihi ketentuan. Hanya di Autobahn kita dapat memacu mobil tanpa speed limit. Walapun demikian, ada baiknya kita tetap tidak memacu kecepatan secara berlebihan. Kita tidak tahu apa yang terjadi di jalanan. Saya sudah dua kali menyaksikan kecelakaan mobil yang parah di Autobahn Jerman. Lagipula buat apa sih buru-buru? Pemandangan sering kali sangat indah untuk dinikmati selama perjalanan, jadi lebih baik memacu kendaraan dengan kecepatan normal.

 

Autobahn Jerman

 

Setelah 4 jam mengendarai mobil, sangat disarankan untuk beristirahat sejenak di tempat-tempat yang telah disediakan. Selain sesuai dengan peraturan berkendara di Eropa, kita memang butuh istirahat sambil melemaskan kaki sekaligus untuk menikmati pemandangan. Gunakan waktu istirahat untuk menikmati camilan atau makanan. Asal jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya dan merapikan kembali tempat istirahat yang telah kita pakai.

 

Istirahat sejenak sambil menikmati pemandangan

 

Seringlah mengecek isi tangki bahan bakar agar jangan sampai kita kehabisan bahan bakar di jalan. Biasanya ada petunjuk di dalam mobil bahan bakar apa yang dipakai untuk mobil yang kita sewa. Sangat jarang ada pom bensin di Eropa yang memiliki petugas untuk membantu kita mengisi bahan bakar. Biasanya kita harus mengisi sendiri dan membayar langsung ke petugas kasir di dalam toko sambil menyebutkan nomor pompa bahan bakar yang digunakan. Pembayaran dapat dilakukan baik tunai maupun menggunakan kartu kredit. Jangan salah mengisi jenis bahan bakar yang mengakibatkan kerusakan kendaraan.

 

Baca juga: “Ini Dia Kota Berbiaya Murah di Eropa: Kutna Hora!

 

PERATURAN PARKIR DI EROPA

Selain harus memilih penginapan yang ada tempat parkirnya, kita juga harus rajin-rajin mencari di mana tempat parkir untuk tempat wisata yang kita tuju dan berapa tarifnya. Beberapa tempat seperti gereja memberikan gratis tempat parkir (walaupun terbatas). Sedangkan beberapa tempat wisata biasanya menyediakan tempat parkir umum yang menggunakan palang dan tiket di sekitarnya. Sesudah parkir dengan benar, sebaiknya kita mempelajari bagaimana cara membayar parkir. Sering kali tidak ada petugas dan tidak ada keterangan berbahasa Inggris tentang bagaimana cara membayar parkir. Oleh karena itu ada baiknya kita bertanya kepada penduduk sekitar (penjaga toko) atau sesama turis yang menggunakan mobil, bagaimana peraturannya.

 

 

Peraturan parkir sering kali berbeda di antara kota dan negara. Negara San Marino misalnya, tiket pembayaran parkirnya harus dirobek dan diselipkan di wiper mobil sebagai tanda kita telah membayar. Ada baiknya kita rajin-rajin mengamati orang lain bagaimana cara mereka membayar parkir. Jangan sekali-kali mencoba menipu atau tidak membayar parkir. Sistem di Eropa canggih dan langsung bisa menandai mobil mana yang belum membayar parkir dan nantinya akan menjatuhkan denda. Simpanlah tiket parkir di satu tempat tertentu, sehingga jika ada random checking oleh petugas, kita dapat menunjukkan tiket parkir dan tidak terkena denda. Kumpulkan semua bukti parkir sehingga jika suatu saat terdapat kesalahan penagihan di perusahaan sewa mobil, kita tinggal menunjukkan buktinya.

 

MENGEMBALIKAN MOBIL

Sebelum mengembalikan ada baiknya mobil dibersihkan dulu untuk menghindari charge EUR 50 sebagai biaya cuci mobil. Saya sendiri melarang anak- anak saya makan di dalam mobil baik makanan berat ataupun ringan, dan memilih berhenti di pinggir jalan untuk makan dan sekalian istirahat. Hati-hati dengan masalah kebersihan interior mobil, bahkan bercak sedikit saja sisa salju meleleh di jok akan membuat kita terkena biaya pembersihan mobil.

 

Baca juga: “Cesky Krumlov: Salah Satu Desa Terindah di Dunia

 

Antarkan mobil sesuai waktu yang disepakati, dan pastikan tangki bahan bakar dalam keadaan penuh sama seperti saat kita mengambilnya. Jadi mampirlah dulu ke pom bensin terdekat dengan tempat pengembalian mobil agar tidak kena denda soal bahan bakar. Parkirlah mobil secara benar dan periksa kembali barang bawaan sehingga tidak ada yang tertinggal. Beberapa perusahaan tidak mewajibkan petugas bersama kita mengecek kondisi kendaraan yang dikembalikan. Tunjukkan saja foto dan lapor kembali jika Trippers memiliki bukti bahwa mobil diterima dalam kondisi tergores sebelum kita gunakan agar terhindar dari biaya memperbaiki mobil.

 

Nah… Seru ‘kan? Jangan takut menyewa mobil di Eropa. Percayalah perjalanan Trippers akan menjadi sangat menantang, berkesan dan nyaman. Stay safe and happy traveling. Just pack & go!

 

 

Teks: Veronica Vera Desyani Wiraja Foto: Veronica Vera Desyani Wiraja, www.autoeurope.com, www.europeanbestdestinations.com
Comment