GIANT LANTERN FESTIVAL , PERAYAAN NATAL NAN MERIAH KHAS PAMPANGA FILIPINA 2020-12-22 18:35

 

Menyambut Natal, Department of Foreign Affairs (DFA) Philippines, melalui platform digital, menghadirkan Festival Lampion Raksasa (Giant Lantern Festival) yang merupakan perayaan Natal khas daerah Pampanga Sabtu 19 Desember 2020 pukul 09.00 WIB dan memberikan pengalaman multi-indera kepada semua orang, termasuk Indonesia, di mana pun mereka berada.

 

Melalui Facebook, Youtube dan Zoom, warga Indonesia bisa ikut melihat secara langsung bagaimana penduduk Filipina di kota yang dijuluki sebagai “Christmas Capital of the Philippines” mempertunjukkan keindahan lampion raksasa dalam kompetisi tahunan yang melibatkan segenap komunitas di kota San Fernando di Pampanga, Filipina. Silakan mampir ke Youtube channel DFA Philippines untuk melihat rekamannya.

 

 

Selain Giant Lantern Festival, ada festival lokal lainnya di Filipina yang diperkenalkan sebagai bagian dari Fiesta Filipinas. "Fiesta Filipinas: An Online Celebration of Philippine Festivals" adalah rangkaian acara online enam bagian dan multi-format yang berlangsung dari Desember 2020 hingga Mei 2021, yang akan mensimulasikan pengalaman festival melalui kombinasi video langsung dan pra-rekaman serta lokakarya dan aktivitas langsung. Setiap bulan dari Desember 2020 hingga Mei 2021, satu festival Filipina akan ditampilkan sebagai cara bagi penduduk setempat untuk memperkenalkan pesta budaya mereka ke panggung dunia.

 

Baca juga: "Panduan Cerdas Eksplor Filipina (Bagian 1)"

 

Fiesta Filipinas di Indonesia merupakan proyek kerja sama antara Kedutaan Besar Filipina di Jakarta, Indonesia, melalui Departemen Luar Negeri (DFA) dengan Departemen Pariwisata Filipina (PDOT) dan Komisi Nasional Kebudayaan dan Seni, memainkan peran aktif dalam melibatkan orang Indonesia untuk ambil bagian dalam maraknya Fiesta Filipinas ini.

 

 

Dalam peluncuran Fiesta Filipinas yang dilakukan di Manila (07/12), Wakil Pariwisata Filipina (DOT) USec. Roberto "Bobby" Alabada III mengatakan bahwa ini adalah langkah inovatif untuk mempromosikan budaya Filipina, dan sebagai cara untuk membawa semangat perayaan khas Filipina lebih dekat ke hati warga lokal maupun wisatawan mancanegara, tanpa terhambat batasan karena pandemi.

 

Siapa pun yang menginginkan nuansa festival Filipina akan segera dapat mengalami beberapa pemandangan dan suara tersebut dalam kenyamanan rumah mereka sendiri, berkat proyek online yang berupaya membangkitkan minat untuk bepergian ke Filipina setelah kondisinya memungkinkan.

 

 

“Inilah upaya pemerintah Filipina untuk menunjukkan bahwa negara kami terus mengusahakan pengalaman yang aman agar nantinya ketika wisatawan mancanegara diizinkan untuk bepergian ke Filipina, tujuan, atraksi, acara, dan fasilitas akan siap untuk mereka,” tutup Bobby.

 

Rangkaian Acara Fiesta Filipinas

Acara virtual Fiesta Filipina pertama akan merayakan musim Natal di Filipina, dengan Giant Lantern Parade (19 Desember), diikuti oleh Festival Sinulog, Ati-Atihan, dan Dinagyang (30 Januari 2021), Festival Panagbenga (27 Februari 2021), Visita Iglesia (20 Maret 2021), Festival Lami-Lamihan (24 April 2021), diakhiri dengan Flores De Mayo/ Santacruzan (29 Mei 2021).

 

 

Pengalaman multi-indera, Fiesta Filipinas akan membagikan kotak perlengkapan ‘Fiesta Filipinas Kit’ dalam jumlah terbatas kepada beberapa peserta yang beruntung dari seluruh dunia, agar mereka dapat mengikuti lokakarya yang akan diadakan sebagai bagian dari pesta virtual. Mereka yang tinggal di luar negeri yang mungkin ingin berpartisipasi dapat menghubungi Kedutaan atau Konsulat terdekat untuk meminta kitnya.

 

Perlengkapan tersebut akan berisi kerajinan Filipina yang sudah dikenal, makanan, parol bambu (lentera), dan hal-hal yang biasa dibagikan selama pesta tertentu.

 

 

Sekretaris DOT Bernadette Puyat meminta para peserta untuk bergabung dengan program tur virtual situs budaya dan suara Filipina dan pada saat yang sama berbagi dengan dunia makanan Filipina yang membangkitkan selera wisatawan. “Apa yang disebut orang Filipina sebagai patikim sehingga mereka mau berbagi aroma, rasa, dan sensasi cokelat, durian, marang kami, diiringi tabuhan genderang Festival Dinagyang Iloilo.”

 

Livestream Fiesta Filipinas:

Facebook: https://www.facebook.com/dfaphl

Youtube: https://youtu.be/cX8LPtPBKbc

 

Teks: PDOT Indonesia Foto: Bong Lacson, Crystal Travel, www.medium.com, Istimewa
Comment