PANDUAN EKSPLOR MOSTAR DI BOSNIA, LITTLE TURKEY OF BALKAN 2021-11-16 00:00

Landmark Mostar: Jembatan Stari Most

 

Sempat luluh lantak akibat perang Yugoslavia, Mostar kini menjelma menjadi primadona pariwisata negara Bosnia-Herzegovina. Kota yang berdekatan dengan Dubrovnik Kroasia ini menyimpan banyak kejutan. Kota tuanya bak lorong waktu yang membawa kita serasa memasuki kota Ottoman di Abad Pertengahan. Landmark Mostar yakni Jembatan Stari Most juga selalu ramai dikunjungi. Wisatawan banyak yang melakukan day trip dari Dubrovnik demi melihat jembatan tua yang disebut sebagai contoh arsitektur Islam paling indah di kawasan Balkan. Hadirnya deretan bangunan bersejarah serta puluhan kios yang menjajakan kerajinan tangan bergaya Oriental membuat Mostar layak dijuluki sebagai Little Turkey of Balkan.

 

SEJARAH RINGKAS MOSTAR

Kota kuno Mostar berada di perbatasan Kroasia dan Bosnia-Herzegovina. Merupakan kota terbesar kelima di Bosnia-Herzegovina. Pada pertengahan abad ke-15 Mostar adalah kota perdagangan yang ramai, bernama Kopruhisar. Saat itu Bosnia merupakan bagian dari Kesultanan Ottoman (Utsmaniyah Turki) yang berlangsung sejak tahun 1384. Masa pemerintahan Ottoman ditandai dengan perkembangan kota-kota di Bosnia termasuk Sarajevo dan Mostar, serta banyaknya investasi dalam hal arsitektur termasuk pembangunan Jembatan Stari Most.

 

Ottoman memerintah Bosnia hingga tahun 1878 ketika Kekaisaran Austria-Hungaria mengambil alih Bosnia-Herzegovina. Pasca Perang Dunia I, setelah Kekaisaran Austria-Hungaria runtuh, Bosnia menjadi bagian dari negara Slovenia, Kroasia dan Serbia. Selanjutnya Bosnia menjadi bagian dari Kerajaan Yugoslavia lalu Republik Federal Sosialis Yugoslavia pasca Perang Dunia II. Saat Yugoslavia bubar, Bosnia-Herzegovina memerdekakan diri pada April 1992.

 

LETAK

Mostar berada di bagian selatan Bosnia-Herzegovina, dekat perbatasan dengan Kroasia. Lokasinya yang berdekatan dengan beberapa destinasi wisata lainnya di kawasan Balkan menguntungkan pariwisata Mostar. Selain dekat dengan Dubrovnik (2,5-3,5 jam perjalanan darat), Mostar juga dekat dengan Split, destinasi wisata pantai lainnya di Kroasia. Mostar ke Split bisa ditempuh selama 4 jam dengan bus. Untuk menuju ke Kotor Montenegro pun hanya perlu 3 jam. Sementara untuk mencapai ibu kota Sarajevo hanya tinggal naik kereta api selama 2,5 jam. Jadi saat liburan ke Mostar, pastikan Trippers juga mengunjungi kota-kota di sekelilingnya ya.

 

Bosnia-Herzegovina sendiri berbatasan langsung dengan negara Kroasia di sebelah utara, barat dan selatan. Sementara di sebelah timur berbatasan dengan Serbia, dan Montenegro di sebelah tenggara.

 

Peta Bosnia dan negara-negara yang mengelilinginya. Mostar berada di bagian selatan


BAHASA

Ada 3 etnis yang mendiami Mostar, yaitu Bosnia, Kroasia dan Serbia. Masing-masing berbicara menggunakan bahasa mereka. Namun untuk berinteraksi dengan wisatawan di old town biasanya mereka menggunakan bahasa Inggris, meskipun kosa katanya terbatas.


MATA UANG

Mata uang Bosnia adalah Bosnian Marks. EUR 1 setara dengan 2 marks. Beberapa tempat di old town juga menerima pembayaran dengan EUR dan kuna (mata uang Kroasia). Namun sebaiknya tukarkan dulu uang Anda dengan marks di beberapa money changer yang ada di sekitar old town Mostar.

 

ZONA WAKTU

Musim dingin: UTC +1

Musim panas: UTC +2

 

PLUG 

2 kaki bundar, sama dengan di Indonesia.

 

VISA

Bosnia-Herzegovina bukan bagian dari Uni Eropa, tapi pemilik multiple-entries Visa Schengen bisa masuk ke wilayah Bosnia-Herzegovina selama 15 hari. Caranya cukup dengan menunjukkan multiple-entries Visa Schengen ke petugas imigrasi. Pastikan visanya masih berlaku dan Trippers mesti masuk ke Bosnia-Herzegovina lewat negara-negara Schengen, Monako, atau negara lainnya yang memiliki hubungan bilateral dengan Bosnia-Herzegovina.

 

WAKTU KUNJUNGAN TERBAIK

Musim semi dan musim gugur (April-Mei dan September-Oktober) merupakan waktu terbaik mengunjungi Mostar. Temperatur tak terlalu dingin dan ada banyak cahaya matahari. Selain itu pada musim semi matahari tenggelam pukul 8-10 malam sehingga kita akan memiliki banyak waktu untuk menikmati Mostar. Ada 50% kemungkinan turun hujan saat musim semi sehingga sebaiknya siapkan payung atau jas hujan. 

 

Datang di waktu terbaik untuk mendapatkan foto-foto maksimal

 

Sementara itu di musim gugur, meski hari lebih pendek (matahari tenggelam pukul 6 sore) namun udara masih hangat sehingga tak perlu mengenakan pakaian berlapis-lapis. Di antara 4 bulan terbaik itu, yang terbaik Mei dan September di mana udaranya menyenangkan dan jumlah turisnya tak begitu banyak.

 

Peak season di Mostar adalah sepanjang musim panas. Jangan harap bisa menikmati kota tua dengan leluasa karena turis pasti membludak. Suhu udara juga melonjak hingga mencapai 36 derajat Celcius. Sementara itu winter merupakan waktu terburuk karena cuaca sangat dingin dan basah. Hari juga lebih pendek, matahari tenggelam pada pukul 4.30 sore.

 

CARA KE MOSTAR

Mostar bisa dicapai dengan terbang dari Jakarta ke Stuttgart, Jerman, lalu disambung dengan penerbangan menuju Mostar International Airport. Jakarta ke Stuttgart bisa dengan KLM. Dari Stuttgart menuju Mostar bisa dengan Eurowings. 

 

Bisa juga terbang dari Jakarta ke Dubrovnik, transit di Istanbul Turki. Dari bandara Dubrovnik ke terminal bus Dubrovnik dengan bus atau taksi, durasi 30-40 menit. Lalu dari terminal bus Dubrovnik naik bus lagi tujuan Mostar. Tiket bus Dubrovnik ke Mostar bisa dibeli di loket di terminal bus Dubrovnik atau lewat www.getbybus.com. Kalau beli online di www.getbybus.com pastikan print tiket karena kita tidak akan dibolehkan naik tanpa tiket yang telah dicetak. Lama perjalanan dari Dubrovnik ke Mostar +/-3,5 jam (kalau naik mobil sewaan bisa 2,5 jam). Bus akan berhenti di terminal bus Mostar Timur (Autobuska Stanica Mostar), terminal bus utama  yang berada agak di pinggir kota. Untuk menuju kota tua, jalan kaki lagi 20 menit atau naik taksi.

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA

Mostar International Airport terletak di Desa Ortijes, sekitar 8 km dari pusat kota. Belum ada transportasi umum yang memadai dari dan ke bandara Mostar. Dua cara terbaik menuju old town dari bandara Mostar adalah menggunakan airport transfer dari hotel tempat Anda menginap atau naik taksi. Lama perjalanan 10-15 menit.

 

TRANSPORTASI DI KOTA TUA MOSTAR

Old Town Mostar kecil dan berupa pedestrian street, jadi cukup jalan kaki untuk berkeliling. Kalau mau turun ke lembah Sungai Neretva cukup siapkan stamina. Untuk ke kota modernnya juga bisa dengan jalan kaki. Pilihan lainnya naik taksi.

 

Old Town Mostar kecil dan berupa pedestrian street

 

DURASI IDEAL

Kota Mostar kecil, bisa dijelajahi dalam sehari. Tapi kalau mau merasakan atmosfer kota dan menikmati liburan dengan santai sebaiknya tinggal selama 2-3 hari.

 

Mengenai objek-objek wisatanya bisa dibaca di sini.

 

Teks: Dada Sabra Sathilla Foto: Dragos Olariu on thousandwonders.net, Michal Sleczek on thousandwonders.net, ms.maps-bosnia.com, Zac Wolff on Unsplash
Comment