REKOMENDASI KULINER, OLEH-OLEH, DAN HOTEL DI MOSTAR BOSNIA 2021-11-17 00:00

Kopi Bosnia yang disajikan dalam nampan tembaga unik dan terdiri dari 3 cangkir. Must try!

 

Mostar, salah satu kota wisata favorit di negara Bosnia-Herzegovina, tentu tak hanya menawarkan suasana kota tua dengan bangunan-bangunan berarsitektur menawan. Kulinernya pun sangat bikin penasaran untuk dicoba. Oleh-olehnya juga khas. Di bagian akhir artikel ini juga akan diinfokan rekomendasi penginapannya. 

 

Sedangkan untuk panduan eksplor Mostar dan bagaimana sejarahnya hingga dijuluki Little Turkey of Balkan bisa dibaca di sini. Dan apa saja objek-objek wisata wajibnya silakan dibaca di sini dan di sini.

 

KULINER YANG TERPENGARUH TURKI

Kuliner Mostar sangat terpengaruh oleh kuliner Turki. Jadi jangan khawatir dengan kehalalannya karena hampir semuanya halal. Semua menu pun memiliki porsi yang banyak, cukup untuk dimakan 2 orang. Beberapa sajian yang layak dicoba di antaranya:

- Kopi Bosnia

-  Japrak: potongan daging, wortel, peterseli, dan nasi yang dibungkus dengan kol dan disajikan bersama mashed potato

Cevapi: kebab berbentuk lonjong yang terbuat dari daging domba dan sapi, disajikan bersama somun (roti pita Bosnia), bawang mentah, tomat, serta keju.

Cevapi

 

- Dolma: sayur yang diisi daging atau nasi.

- Mostarski Sahan: Dihidangkan dalam piring besar berisi japrak, dolma, kentang, daging domba dan krim asam.

- Sup Begova: sup tradisional Bosnia yang berisi ayam dan sayuran.

- Tufahija: dessert khas Bosnia yang terbuat dari apel diisi dengan kenari yang direbus dalam air gula. Dessert ini diperkenalkan ke rakyat Bosnia sejak masa pemerintahan Ottoman.

 

Salah satu restoran yang recommended adalah Restoran Sadrvan di area Old Bazaar, tak jauh dari Stari Most. Tepatnya beralamat di Jusovina 11, Mostar 88000. Jam bukanya pukul 10.00-24.00. Restoran ini kental dengan nuansa tradisional Bosnia. Bagian outdoor-nya dihiasi furnitur bergaya Timur Tengah, dihias dengan dekorasi khas Bosnia, bahkan para pelayannya pun mengenakan pakaian adat Bosnia. Makanannya tentu saja makanan khas Bosnia.

 

Salah satu menu yang bisa dicoba adalah small sausage (disajikan bersama japrak). Sausage-nya sendiri adalah nasi yang disajikan bersama semur daging sapi. Kedua makanan ini disajikan dalam piring aluminium bernuansa Turki. 

 

Menu lainnya yang wajib dicoba adalah kopi Bosnia yang disajikan dalam nampan tembaga unik dan terdiri dari 3 cangkir. Cangkir pertama sebagai wadah kopinya yang untuk kita minum, yang kedua berisi balok-balok gula, sementara wadah ketiga yang terlihat menyerupai gayung logam berisi kopi panas. Cara minumnya pun unik. Kopi panas yang berada dalam gayung mesti dituang dulu ke dalam cangkir logam. Rasanya mantap! Kopinya terasa pahit dan nendang. Meski disebut kopi Bosnia, sebenarnya rasa kopi dan cara penyajiannya mirip dengan kopi Turki. Selain di Bosnia dan Turki, cara penyajian kopi seperti ini juga mudah ditemukan di Athena, Yunani.

 

Apabila ingin makan makanan barat, ada beberapa restoran western food di Mal Mepas seperti McDonald’s.

 

OLEH-OLEH DI PENJURU OLD TOWN

Mencari oleh-oleh di Mostar sangatlah mudah karena hampir di setiap penjuru old town kita bisa menjumpai toko yang menjual kerajinan tangan Bosnia. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh dari Mostar:
- Karpet Bosnia

- Set teko & gelas perunggu

- Teko kopi Bosnia

- Hiasan lavender @ EUR 4

Aneka hiasan lavender

 

- Piring dan mangkuk bermotif Oriental

 

REKOMENDASI PENGINAPAN

Ada banyak hotel yang bisa dipesan lewat situs pemesanan hotel. Harganya bervariasi mulai EUR 23 per malam. Sementara itu tarif hostel mulai EUR 5. 

 

Muslibegovic House, tampak luar

 

Ingin tinggal di hotel fancy di pusat old town? Cobalah menginap di Muslibegovic House. Rumah bangsawan Bosnia di masa lampau ini kini telah diubah menjadi hotel berstatus monumen nasional. Harga menginap semalam di rumah mewah bergaya Ottoman-Bosnia berinterior klasik ini mulai EUR 90.

 

Salah satu kamar di Muslibegovic House

 

 

Teks: Dada Sabra Sathilla Foto: Dada Sabra Sathilla, Michelle Grimwood-Read on thousandwonders.net, www.planetofhotels.com
Comment