KAMPANYE DONOR KALORI 2016-07-01 00:00

Nah lho, apa itu kampanye Donor Kalori? Biasanya yang sering kita dengar adalah Donor Darah. Lalu ini apa ya? Merujuk dari data World Bank (2015) terdapat 8,4 juta anak Indonesia di bawah usia 5 tahun menderita malnutrisi kronis dan kekerdilan akibat kemiskinan serta kurangnya pemahaman orangtua akan standar kecukupan gizi anak. Kondisi ini dapat menghambat perkembangan otak dan meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit diabetes, obesitas dan penyakit jantung. 

Di sisi lain, menurut Riset Kesehatan Dasar (2013), kondisi orang dewasa yang menderita obesitas akibat mengonsumsi kalori berlebih terjadi peningkatan hingga 2 kali lipat dalam dekade ini, sehingga 24 juta pria dan 40 juta wanita Indonesia saat ini menderita obesitas. Kondisi ini merupakan kondisi beban ganda malnutrisi (double burden) yang masih menjadi masalah negara berkembang seperti Indonesia.

Melihat kondisi beban ganda malnutrisi (double burden) ini, Fitbar di bawah Kalbe Nutritionals meluncurkan program Fitbar Donor Kalori. Lewat kampanye ini diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dalam membangun generasi Indonesia yang lebih sehat, begitu yang diungkapkan oleh Tunghadi Indra selaku Head of Nutrition Business Kalbe Nutritionals.

Fitbar merupakan camilan sehat rendah kalori. Terdiri dari tiga varian yaitu Chocolate, Fruits dan Nuts yang lezat dan rendah kalori. Fitbar mempunyai tujuan memotivasi masyarakat untuk lebih banyak bergerak, berolah raga dan menjaga asupan makanan. Selain itu melalui kampanye ini diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi mendonorkan kalorinya dengan mengumpulkan 10 juta kalori untuk membantu anak-anak jalanan agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik. 

Bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Anak, 10 juta kalori yang terkumpul akan dikonversikan oleh Fitbar menjadi uang senilai 500 juta rupiah untuk didonasikan kepada anak-anak jalanan yang kurang beruntung.

Gimana sih pengumpulan kalorinya? Yang paling sederhana adalah dengan berjalan kaki, menaiki tangga, hingga berlari ataupun melakukan kegiatan olah raga apa pun. Selain itu Trippers juga harus mendaftarkan diri ke situs Fitbar Donor Kalori sebagai media untuk melakukan donasi kalori tersebut.

 

 

 

Teks: Monica Foto: Fitbar
Comment