6 DESTINASI WISATA DI PEKANBARU YANG SAYANG DILEWATKAN 2021-02-21 08:50

Istana Siak Sri Indrapura

 

Pastinya belumlah lengkap kalau Trippers keliling dan jelajah Pulau Sumatera tapi nggak ke Pekanbaru. Kota terbesar di Riau ini tak hanya mempunyai cadangan minyak dan kelapa sawit yang banyak, tapi juga mempunyai berbagai tempat wisata yang sayang sekali untuk dilewatkan. Tempat-tempat wisata di Pekanbaru ini nggak kalah keren, menarik dan asyik dibanding tempat wisata di kota lain seperti Bali, Yogyakarta, Bandung dan Lombok. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata budaya. Nah, Trippers ingin tahu di mana saja tempat wisata di Pekanbaru? Simak saja artikel ini ya. 

 

Jangan lupa siapkan tiket pesawatnya. Naik pesawat memang lebih cepat dan praktis dibandingkan naik moda transportasi lainnya. Apalagi kini banyak maskapai yang berlomba menawarkan harga tiket murah sehingga membuat lebih hemat. Salah satu contohnya Lion Air. Nah, jika Trippers ingin naik pesawat Lion Air, jangan lupa untuk pesan Lion Air di sini.  

 

1. Rainbow Hills Rumbai

Berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Pekanbaru. Dinamakan ‘Rainbow’ karena terdapat paduan warna bukit yang unik dan terlihat seperti pelangi. Bukit ini letaknya pun nggak jauh dari Danau Khayangan sehingga setelah mengunjungi bukit ini, Trippers bisa langsung mengunjungi danau tersebut. Namun, jika Trippers berlibur ke Pekanbaru saat musim hujan sebaiknya berhati-hati saat mengunjungi tempat wisata yang satu ini karena kondisi tanah yang kurang stabil bisa menyebabkan longsor.
 

2. Danau Lembah Sari

Pekanbaru memang dikenal sebagai salah satu kota modern yang ada di wilayah Sumatera. Tapi meski begitu, Pekanbaru masih terjaga kealamian dan keasriannya. Itu terbukti dari adanya danau buatan yang letaknya di tengah kota, Danau Lembah Sari. Objek wisata ini mempunyai suasana yang hijau dan tenang sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan datang ke sini. Apalagi jika datang saat senja, Trippers akan disajikan pemandangan yang sangat indah dan bisa membuat penat dan stres berkurang bahkan hilang. 
 

3. Bukit Kapur Air Hitam

Bukit kapur ini menjadi favorit bagi para pasangan yang akan menikah untuk foto pre-wedding. Hal itu karena bentuk bukitnya yang megah dan warnanya putih bersih sehingga penampakannya di foto seperti di luar negeri. 
 

4. Taman Rekreasi Alam Mayang

Sesuai namanya, taman ini memang mengusung konsep rekreasi alam terbuka. Di sini Trippers

bisa melakukan aneka kegiatan outdoor yang menyenangkan. Misalnya saja mencoba memancing di atas banana boat. Bagi yang suka berfoto, di sini juga banyak spot foto yang Instagrammable
 

5. Istana Siak Sri Indrapura

 

Salah satu rekam jejak budaya Melayu di Indonesia ada di Pekanbaru yaitu Istana Siak Sri Indrapura. Bangunan ini merupakan peninggalan dari Kesultanan Siak yang konon masih bagian kesultanan di Semenanjung Malaya. Istana ini mempunyai gaya arsitektur yang indah serta terdapat berbagai benda peninggalan Kesultanan Siak, seperti Komet, alat musik tradisional yang hanya ada dua di dunia. 
 

6. Air Terjun Batu Dinding

Jika Trippers mencari tempat wisata alam yang memesona di Pekanbaru, Air Terjun Batu Dinding ini bisa menjadi pilihan. Di sini Trippers bisa menikmati pemandangan alam yang indah serta sejuknya aliran air. Meskipun air terjun di sini tidak begitu tinggi, tapi kolamnya cukup luas sehingga bisa digunakan untuk berenang dengan berbagai macam gaya. 

 

Baca juga: “Wisata Budaya di Kabupaten Siak, Riau
 

Nah, itulah 6 destinasi wisata yang ada di Pekanbaru yang keren, seru dan sayang untuk dilewatkan. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi berbagai tempat tersebut? Maka dari itu, segera rencanakan liburanmu ke Pekanbaru dengan matang. Semoga bermanfaat.

 

 

Teks: Istimewa Foto: Barry Kusuma
Comment