5 TOP TEMPAT MAKAN MURMER MAKNYUS DI BALI 2021-12-30 16:05

Ayam Sere Limo Bucu Sanur

 

Halo! Kamu lagi di Bali, dan ingin makan sesuatu yang comforting dengan harga yang bersahabat akrab? Jangan kuatir! Menurut saya, keunikan Bali ada pada pilihannya yang luar biasa: mau hotel semalam 20 juta ada, yang semalam 200 ribu pun banyak, dan lumayan bagus lagi! Untuk pilihan makanan pun sama. Yuk, kita simak 5 tempat makan maknyus murmer di Bali.

 

1. WAROENG DE DUSUN ULUWATU

Warung ini berlokasi di Jl. Uluwatu No. 88 (No HP: 0878 6233 8209). Tempatnya sederhana, berkonsep outdoor, tapi elegan. Ada dua saung di halaman belakang dan dua meja tenda di depan. Hidangannya: comfort chinese food (cap cay, puyunghai, cah kangkung) dengan harga sahabat: kisaran Rp20K sampai Rp40K. Kami memesan tanpa ekspektasi, namanya juga warung! Tapi pas hadir, wow! Sapo tahu hadir dengan udang gemuk segar, cumi, jamur kancing, paprika segar dan irisan jamur shiitake. Mak nyus! Kangkung tauco, hadir segar tidak overcooked, kemudian gurame goreng tepung tidak amis dan renyah sempurna. Puyunghainya gurih sedap dengan saus asam manis. Mantap! Rasa bintang lima, harga kaki tiga: bahkan kurang dua kali dari kali lima Jakarta!

 

Sapo Tahu De Dusun Uluwatu

 

Gurame Goreng De Dusun Uluwatu

 

2. WARUNG PINK CHINESE FOOD KUTA

Ini sih sudah lama jadi favorit warga sekitar. Lokasinya di Jl. Kubu Anyar No. 12 (No. HP: 0812 4622 171). Warungnya namanya bukan “pink”, tapi karena temboknya dicat pink, jadi terkenal dengan nama ini. Hidangannya harga sohib, dari Rp20K sampai Rp50K. Andalannya: gurame asam manis, kangkung cah, dan capcai goreng. Di sini juga rasanya bagus, dengan bahan kualitas baik.

 

Baca juga: “Wisata Kuliner Halal di Bali?

 

3. BAKMI TUNGKU

Kalau yang ini adalah sebuah gerai gerobak yang buka di banyak tempat, di antaranya di Nusa Dua dan Sunset Road. Hidangannya sederhana ala tektek, dimasak dengan anglo arang (bukan anglo saxon). Bakminya tipis lebar ala bakmi Jawa, bumbunya beragam, dari bakmi goreng biasa sampai bakmi kari. Karena menggunakan arang, rasa smoky-nya meruap sedap mengingatkan pada gerobak tektek Pejaten atau Pasar Minggu. Dengan harga Rp20K - Rp30K, bisa menjadi tombo kangen untuk lidah yang ingin mencecap rasa sederhana.

 

Baca juga: “Sudah Pada Kangen Liburan ke Bali Yaaa?

 

4. DAPUR TENDA UNGASAN

 

Kalau yang ini, Dapur Tenda (No. HP: 0877 8067 8199), ancer-ancernya sejajar dengan Nasi Ayam Bu Oki Ungasan. Konon Next Carlos pernah ke sini! Hidangannya nasi goreng dan nasi goreng gila. Tapi di sini gangguan jiwanya beda dengan Jakarta: di Jakarta nasi campur mie, kalau di sini nasgor dicampur capcai. Alhasil, tiap hidangan nasgor gila punya dua tekstur: smoky gurih di bawah, dan lembut asam manis di atas (yang kesiram capcai). Peraciknya member Komunitas Jalansutra, penggoyang wajannya berpengalaman pekerjaan las konstruksi bangunan. Satu jago icip, satu jago api! Tak heran hasil goyangannya mak nyus dengan harga bagai kepompong: persahabatan!

 

Nasgor gila Dapur Tenda Ungasan

 

Nasgor gila Dapur Tenda Ungasan

 

5. WARUNG BUCU SANUR

Beda dengan yang lain, kalau yang ini (Jl. Danau Buyan 49, no.telp: 0361 6200317) menarik untuk penggemar “kaki pendek”. Warung rumahan dengan interior (ala) umalas! Harganya antara Rp20K sampai Rp50K, buka sejak pagi sampai malam. Ada hidangan sederhana seperti pangsit kuah, mie ayam, dan soto ayam, ada juga yang canggih seperti ayam sere limo (bumbu terasi jeruk), bebek goreng kalas kacang (sayur kacang panjang dan santan), gurita kesune cekuh, serta nasi bacon sambal matah. Tiap Kamis malam dan Sabtu malam ada live music dengan bintang tamu runner up The Voice Indonesia Gus Agung Gotama yang juga merangkap manajer warung ini. Sudah akrab, pake musik lagi!

 

Nasi bacon sambal matah Bucu Sanur

 

Siapa bilang ke Bali semua serba mewah? Yang sederhana pun bisa sedap! Asal tahu di mana makannya…

 

Tentang penulis: Harry Nazarudin atau biasa disapa Harnaz adalah salah satu pendiri Komunitas Jalansutra, penulis kuliner yang telah menulis buku Kimia Kuliner, dan bersama Bondan Winarno (kini telah almarhum) dan Lidia Tanod menulis buku 100 Mak Nyus. Harnaz juga memiliki channel Youtube “Kimiasutra” –Menjelaskan Kimia dalam Bahasa Manusia. Buku terbarunya yang diluncurkan tanggal 25 Maret 2021 adalah Nasgor, Makanan Sejuta Mamat.

 

 

Teks: Harnaz Tagore (Harry Nazarudin) Foto: Harnaz Tagore, Mayawati NH
Comment