4 THEME PARK DI TAIWAN YANG COCOK UNTUK FAMILY HOLIDAY 2021-04-30 16:30

Window on China Theme Park

 

Tempat wisata yang bisa memuaskan semua anggota keluarga dari nenek-kakek, orang tua, anak remaja sampai anak balita tak lain adalah theme park. Dan Taiwan sebagai negara maju dengan bentang alam yang variatif memiliki banyak sekali jenis theme park. Yuk rencanakan liburan keluarga selanjutnya ke theme park di Taiwan, tentunya saat pandemi telah usai dan Trippers nggak perlu karantina lagi.

 

Baca juga: “Taiwan, Salah Satu Negara Tersehat di Dunia

 

1. Yehliu Ocean World di New Taipei City

Berada di ujung pesisir utara Taiwan, dan merupakan theme park satwa laut pertama di Taiwan. Di Ocean Theater kita dapat menyaksikan dari dekat lumba-lumba dan singa laut mempertontonkan kebolehan mereka. Mereka begitu lincah dan pintar melakukan berbagai gerakan: menyelam, melompat, meliuk, bahkan melakukan Russian swing!

 

Lumba-lumba di Yehliu Ocean World

 

Masuk ke Marine Exhibition Hall kita seolah melakukan ekspedisi ke gua-gua bawah laut. Berbagai makhluk laut unik yang kita temui di sini niscaya akan membuat pengetahuan kita tentang kehidupan laut dalam bertambah. Anak-anak terhibur sekaligus mendapat ilmu dan wawasan baru.

 

Alamat: No.167-3, Gangdong, Wanli Dist., New Taipei City 207

Jam buka: 09.00-17.00

Fasilitas lain: restoran

 

2. Window on China Theme Park di Tao Yuan City

Terdapat 133 miniatur bangunan-bangunan landmark dunia di Window on China Theme Park. Setiap miniatur dibuat sedetil mungkin mirip aslinya, bukan hanya bangunannya tapi juga pohon atau aksesoris lain di sekitarnya, dengan proporsi yang tepat. Jika didapati proporsi yang kurang sesuai, maka akan dibangun ulang. Skalanya dibuat 1/25 dari ukuran asli, membuat miniatur-miniaturnya tampil sempurna dari segi kehalusan arsitekturnya.

 

Datang ke sini kita seolah-olah jalan-jalan keliling dunia untuk menikmati berbagai kemegahan arsitektur dari seluruh dunia, yang semua tampak seperti aslinya. Tak perlu jauh-jauh, tak perlu ke banyak tempat, cukup di Tao Yuan City Taiwan saja.



 

Window on China Theme Park juga memiliki wahana bermain air yang dapat dinikmati seluruh anggota keluarga. Jumbo Wave Water Park dibangun tahun 2008 yang menyediakan surga permainan air yang sangat menyenangkan. Ada roller coaster air 12 tingkat yang sangat tinggi, Family Water Castle, Thunderstorm, Nile Beach, Baby Captain, Water Mania. Semua wahana ini memuaskan anak-anak maupun orang dewasa, dan tingkat keamanannya sangat tinggi.

 

Tahun 2014 Fun Ball Battle dibangun, sebuah ruang permainan interaktif yang didesain oleh kreator Legoland Resort di Amerika Utara. Tersedia juga fasilitas istirahat dan bersantai untuk para manula. Jadi jangan khawatir kalau membawa balita sekaligus manula ke sini.

 

 

Alamat: No.891, Gaoyuan Rd., Longtan Township, Taoyuan County 325

Website: http://www.woc.com.tw/index_en.aspx

Jam buka: 09.00-16.30 (Senin-Jumat), 09.30-17.00 (Sabtu-Minggu)

Fasilitas lain: restoran, water park

 

3. Lihpao Land di Taichung City

Lihpao Land adalah amusement park dengan dua tema (Land – Exploration Park; Water – Mala Bay) yang sangat disukai anak-anak maupun orang dewasa. Dilengkapi juga dengan keberadaan hotel *5, Fullon Hotel.

 

Exploration Park memiliki 23 wahana, 3 panggung teater, dan restoran masakan internasional. Ada wahana Earth Rescue, sejenis roller coaster super cepat yang menjadi favorit.

 

Baca juga: “Mau Liburan Keluarga All in One di Taiwan? Coba Deh ke Lihpao Resort

 

Sedangkan Mala Bay Waterpark didesain menyerupai resor di pulau tropis seperti Bali. Ada 13 wahana air yang bakal membuat anak-anak berseru kegirangan. Misalnya wahana Big Tsunami yang serangan ombaknya sungguh membahana. Tak kalah seru Wizard Aircraft yang membuat kita menukik dari ketinggian dengan kecepatan tinggi melewati track berbentuk huruf U. Sedangkan Symphony Bubble Party cocok untuk segala usia.

 

Tahun 2014 dibangun lagi fasilitas lain, Room Escape, tema baru berbasis reality game dari film populer. Tempat ini cocok bagi yang ingin melakukan permainan kekompakan grup.

 

Tahun 2015 sudah ada Sky Dream, kincir raksasa, terbesar di Taiwan, yang memiliki 60 gerbong mewah. Area di bawah kincir ini dikhususkan sebagai tempat belanja. Lalu ada juga bioskop mewah, restoran-restoran dan hiburan lainnya.

 

 

Alamat: No.8, Fude Rd., Houli Dist., Taichung City 421

Website: http://www.lihpaoresort.com/LihpaolandApp/Content/EN/

Jam buka: 09.30-17.00 (Senin-Jumat), 09.30-20.00 (Sabtu-Minggu, musim panas, Tahun Baru)

Fasilitas lainnya: akomodasi, restoran, water park

 

4. Formosan Aboriginal Culture Village di Nantou County

Taman berupa desa budaya ini berada di Sun Moon Lake, meliputi area seluas 62 ha. Terbagi menjadi 3 area utama yang cocok bagi semua umur: European Garden, Joy to the World, dan Aboriginal Tribal Areas. Pengunjung akan diajak mengenal budaya aborigin lewat pertunjukan tari, lagu, musik, pameran budaya, kuliner, display arsitektur khas, foto, busana.

 

Jangan pikir taman ini membosankan karena terdapat juga wahana-wahana yang memacu adrenalin. Di Joy to the World misalnya, ada Caribbean Adventure yang merupakam roller coaster air, UFO Freefall, serta beberapa wahana indoor.

 

Jangan lewatkan naik cable car yang memungkinkan kita melihat pemandangan pegunungan nan cantik dan juga Sun Moon Lake.

 

Formosan Aboriginal Culture Village juga menggelar Cherry Blossom Festival tiap Februari. Bayangkan cantiknya tempat ini saat dipenuhi sakura bermekaran. Sedangkan bulan Maret gantian bunga lavender yang bersemi.

 

 

Alamat: No.45, Jintian Lane, Dalin Village, Yuchih Township, Nantou County 555

Website: http://www.nine.com.tw/webe/html/information/index.aspx

Jam buka: 09.30-17.00 (hari biasa), 09.00-17.30 (akhir pekan)

Fasilitas lain: restoran


 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer), Taiwan Tourism Bureau Foto: Dok. Lihpao Resort, Taiwan Tourism Bureau, www.taiwaneverything.cc
Comment