11 OBJEK & AKTIVITAS WISATA DI DUBROVNIK. NAPAK TILAS GAME OF THRONES (Bagian 2-Tamat) 2021-04-27 22:30

Sunset cantik ke arah Pulau Lokrum

 

Pemandangan yang mendominasi Dubrovnik adalah jejeran benteng atau tembok kota bergaya medieval yang mengelilinginya. Dengan hamparan air biru Laut Adriatik di bawahnya, kota favorit turis di negara Kroasia ini makin memesona. Tapi tentu Dubrovnik bukan hanya itu. Yuk kita jelajahi.

Baca bagian 1 di sini

 

6. MUSEUM ETNOGRAFI RUPE

Dari beberapa museum yang ada di Old Town, Museum Etnografi Rupe-lah yang paling worth  dikunjungi. Berada di bekas lumbung gandum, museum ini memamerkan kehidupan masa lampau rakyat Dubrovnik lewat berbagai display mulai dari kehidupan ekonominya yang banyak bertumpu pada gandum, peralatan bertani, lumbung, kostum Abad Pertengahan, kerajinan tekstil dan kehidupan tradisional di pedesaan. Museum ini juga terkenal di kalangan fans Game of Thrones karena bagian depannya menjadi lokasi syuting sebagai tempat prostitusi di King's Landing.

 

Museum lovers juga bisa mengunjungi Museum Maritim yang banyak memamerkan artefak terkait dengan sejarah dan perkembangan perdagangan maritim dan dunia navigasi Dubrovnik. Lokasinya di salah satu bagian City WallsTiket masuknya 40 kuna atau gratis dengan Dubrovnik Card.

 

Satu museum lain yang menarik adalah rumah Marin Drzic, museum yang didedikasikan untuk mengenang Marin Drzic, seorang komedian Renaisans terkenal dari Kroasia.

 

Lokasi: Od Rupa 3, Old Town Dubrovnik

Jam buka: 09.00-16.00 (kecuali Selasa)

Tiket masuk: 80 kuna (dewasa), 25 kuna (pelajar & anak-anak) atau gratis dengan Dubrovnik Card

 

7. MASJID DUBROVNIK

Pertemuan Dubrovnik dengan Islam dimulai saat utusan Ottoman Turki bertandang untuk urusan dagang. Di masa Abad Pertengahan para peziarah yang hendak ke Mekkah memulai perjalanannya dari Dubrovnik. Pada masa Kekaisaraan Austria-Hungaria, Dubrovnik dan Bosnia-Herzegovina disatukan dalam satu wilayah administrasi, lalu dimulailah perpindahan penduduk Bosnia ke Dubrovnik untuk bekerja sebagai pekerja dan pedagang. Masjid Dubrovnik pun mulai dibangun. Setelah berpindah-pindah lokasi, pada tahun 1941 dibangunlah Masjid Dubrovnik di Jalan Miho Pracat No. 3 yang menjadi lokasi hingga saat ini.

 

Lokasi: Miho Pracat Street, House No.3, Old Town Dubrovnik

Jam buka: 10.00-13.00

Tiket masuk: gratis

 

8. TUR GAME OF THRONES

Tur yang bisa dipesan dari www.freetour.com ini berdurasi 1,5 jam dan dipandu warga asli Dubrovnik yang juga sempat ikut syuting Game of Thrones season 2 sebagai extras. Namanya Paula. Bersama sekitar puluhan peserta tur, Paula mengajak untuk mengunjungi lokasi syuting Game of Thrones di dalam dan luar Old Town. Misalnya Jesuit Staircase yang dijadikan undakan Great Sept of Baelor, juga gang-gang tempat Cersei Lannister menjalani hukuman walk of shame. Tempat ‘bersejarah’ lainnya adalah sebuah taman yang menjadi lokasi syuting Purple Wedding di mana tokoh villain Jeoffrey Baratheon tewas diracun di hari pernikahannya. 

 

Jesuit Staircase

 

Non fans Game of Thrones juga masih bisa menikmati walking tour di Old Town Dubrovnik. Di website yang sama ada pilihan untuk ikut history tour yang dipandu warga asli Dubrovnik. Dalam tur yang berdurasi 1,5-2 jam ini Anda akan diajak mempelajari sejarah Dubrovnik.

 

Waktu: 12.00-13.30

Biaya: Gratis, tapi bila puas hendaknya memberikan tip mulai EUR 5

 

9. PULAU LOKRUM

Adalah sebuah pulau kecil di Laut Adriatrik di dekat Dubrovnik yang bisa dicapai dengan naik kapal selama 15 menit. Karena dekat, Pulau Lokrum sering jadi destinasi day trip dari Dubrovnik. Tinggal beli tiket kapal feri PP dari Porporela, pelabuhan tua Dubrovnik. Kapal feri berangkat setiap setengah jam pada musim panas, tapi lebih jarang frekuensinya di musim-musim lainnya. Idealnya perlu beberapa jam di pulau ini dan sebaiknya kembali sebelum jam 5 sore karena kapal feri terakhir berangkat jam 5 sore.

 

Pulau ini menjadi terkenal salah satunya karena dijadikan tempat syuting Game of Thrones, tepatnya adegan pesta di dalam Kota Qarth. Selain mengunjungi Benedictine Monastery yang menjadi lokasi syuting Game of Thrones, pengunjung bisa juga berpose di Iron Throne for free. Aktivitas lainnya mengunjungi fort, melihat burung merak, serta bersantai di danau. 

 

Sunset cantik ke arah Pulau Lokrum

 

Sebuah tempat yang menarik untuk dikunjungi di Pulau Lokrum adalah botanical garden yang ditanam sejak abad ke-19. Taman ini memberi suasana sejuk di tengah udara panas di pulau karena ada banyak tanaman subtropis seperti pohon zaitun, cypress, dan pinus. Ada banyak burung merak juga sejak dibawa ke Pulau Lokrum ratusan tahun lalu.

 

Kalau ingin bersantai pun ada banyak spot untuk berenang, sunbathing maupun snorkeling. Yang mesti diperhatikan adalah beberapa spot di pantai ditujukan untuk kaum naturalis. Cukup perhatikan signage di pantai untuk membedakan pantai umum dan pantai nudis.

 

10. PANTAI BANJE

Dubrovnik memiliki beberapa pantai kece, salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Banje. Pantai pebble ini memiliki view yang spektakuler yaitu Old Town Dubrovnik dan Pulau Lokrum.  Perfect sebagai tempat bersantai, berenang, maupun bermain water sports.

 

Pantai Banje

 

Pantai ini juga dilengkapi dengan restoran dan kafe di tepi pantai. Untuk menuju ke pantai sebaiknya jalan kaki karena mobil mesti diparkir di tempat parkir khusus di luar City Walls. Sayangnya Pantai Banje belum ramah terhadap para disable. Menuju ke pantainya mesti turun tangga.

 

Selain Pantai Banje, pantai di Dubrovnik yang terkenal di kalangan turis adalah Pantai Kopakabana dan Buza.

 

Lokasi: UI.Frana Supila 10/B, 20000, Dubrovnik. 10 menit jalan kaki dari Gerbang Ploce

Jam buka: pagi-malam

Tiket masuk: gratis

 

11. HIKING KE GUNUNG SRD

Gunung Srd memiliki pemandangan Old Town yang menakjubkan. Hiking ke gunung setinggi 412 m ini pun menjadi salah satu aktivitas favorit para wisatawan. Tersedia anak tangga menuju puncak gunung. Tapi ada juga fasilitas cable car bagi yang tak ingin repot. Datanglah menjelang sunset untuk menikmati sunset sekaligus melihat view Old Town dari atas.

 

Pemandangan dari Srd Mountain

 

Lokasi: Tepat di balik Old Town Dubrovnik

Jam buka: pagi-malam

Tiket masuk: gratis. Tiket cable car 170 kuna

 

 

Teks: Dada Sabra Sathilla Foto: Shutterstock
Comment