17 MUST DO IN INDONESIA (Bagian 1) 2021-08-17 03:05

Sunrise di Puncak B30 Bromo

 

Kalau diminta membuat to do list atau must do di Indonesia berkaitan dengan aktivitas wisata, sampai 100 lebih pun nggak akan cukup. Karena begitu banyak hal menarik di Indonesia. Ya alamnya, budayanya, sejarahnya, kulinernya, binatang dan tumbuhan khasnya, dan sebagainya. Tapi kali ini MyTrip pilihkan 17 saja, sesuai tanggal kemerdekaan kita. Aktivitas yang dipilihkan ada yang baru hits setahun terakhir, tapi banyak pula yang mainstream banget karena bagaimanapun, nggak afdol kalau nggak disertakan. Dan tentu saja ini versi MyTrip. Selamat Hari Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia!

 

1. Melewati jalan meliuk-liuk di Bukit Sibea-Bea di Kabupaten Samosir, Sumut

 

Jalanan mulus berliku mengitari bukit ini langsung menghadap Danau Toba, merupakan akses menuju kawasan wisata religi patung Yesus setinggi 61 m di puncak Bukit Sibea-Bea. Foto keindahannya yang diunggah akun @anugerahabdi_di Instagram 16 Januari 2021 mengundang decak kagum dan seketika itu juga menjadi viral. Patung Yesusnya sendiri dan penataan kawasan wisatanya belum sepenuhnya rampung. Ditargetkan tahun 2022. Tapi tempat ini sudah bisa dikunjungi.

 

2. Makan duren di Nias, Sumut & Natuna, Kepri

Duren di Natuna

 

Pulau Nias di Sumatera Utara dan Kepulauan Natuna di Provinsi Kepulauan Riau tentulah punya daya tarik wisata. Tapi kali ini dipilih khusus sebagai destinasi makan duren yang tak boleh dilewatkan. Berdasarkan pengalaman MyTrip membawa rombongan trip ke Natuna Juli 2019, duren Natuna luar biasa enak. Sampai tiap sore mereka makan duren. Begitu pula Nias, memiliki banyak kebun duren yang menghasilkan duren premium yang manis-pahit-legit dengan warna kuning keemasan bahkan oranye. Sementara menunggu bisa ke sana lagi, bisa dipesan dulu yuk duren frozen Nias lewat WA 0811821006.

 

3. Bersepeda keliling Candi Muaro Jambi

Komplek candi Buddha ini luas banget, 12 km2, dan candi-candinya tersebar, makanya paling pas dieksplor dengan naik sepeda. Sepeda disewakan oleh pengelola, dan jalur sepedanya pun rapi, di beberapa bagian suasananya teduh bahkan diapit hutan belantara. Bersepeda santai mengelilingi komplek Candi Muaro Jambi, Trippers seolah-olah akan terpental ke masa lalu.

 

4. Melihat Rafflesia arnoldii mekar di Bengkulu

 

Bunga tunggal terbesar di dunia ini banyak tumbuh di hutan atau kebun-kebun di seantero Provinsi Bengkulu. Sebut saja Kecamatan Kepahiang, Kecamatan Kaur Selatan, Kecamatan Kelam Tengah, Kecamatan Maje, Cagar Alam Taba Penanjung, Bukit Kaba. Musim mekarnya memang ada waktu-waktu tertentu, dan tiap tempat berbeda. Jadi perlu berkoordinasi dengan pemandu lokal agar kita bisa pergi di waktu yang tepat.

 

5. Kulineran di Pantjoran PIK Jakarta

 

Kawasan Golf Island di Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara ini disulap menjadi sentra makanan yang dengan cepat menjadi buruan banyak pecinta kuliner. Bukan cuma restoran, tapi banyak juga outlet-outlet berupa gerobak yang meramaikan. Tempat yang baru buka November 2020 ini juga disukai karena menyediakan mural-mural dan aneka spot foto Instagrammable. Tak perlu disebutkan lagi ada makanan apa aja, pokoknya lengkap, halal dan nonhalal, termasuk juga kuliner legendaris dari Pancoran Glodok.

 

6. Shop till you drop di Bandung, Jabar

Kota Bandung dari dulu hingga kini tetaplah menjadi destinasi menarik untuk belanja aneka produk fashion terutama keluaran factory outlet dan distro-distro serta tas dan sepatu. Sebut saja Jalan Riau, Jalan Dago, Cihampelas, Cibaduyut dan banyak lagi yang dipenuhi toko-toko. Harga murah, kualitas bagus, pilihan sangat banyak. Siapa yang bisa menolaknya?

 

7. Melepas lampion di Candi Borobudur, Jateng

 

Atraksi pelepasan lampion di pelataran Candi Borobudur saat peringatan Waisak beberapa tahun belakangan, sebelum pandemi tentunya, selalu ditunggu-tunggu banyak orang. Menyaksikan langit malam dipenuhi lampion menyala, apalagi dengan latar candi kebanggaan kita ini, memang momen yang magis. Tak hanya saat Waisak, bahkan atraksi lampion ini beberapa kali juga digelar saat malam pergantian tahun.

 

8. Melihat sunrise di Puncak B30 Bromo, Jatim

 

Tempat populer menanti sunrise ke arah Bromo memang di Bukit Pananjakan. Tapi coba deh lain kali ke Bromo lagi, lihat sunrise-nya dari Puncak B30, masih dalam kawasan TN Bromo-Tengger-Semeru. Posisinya kurang lebih di seberang Bukit Pananjakan. Dan untuk mencapainya butuh usaha lebih, naik ojek di pagi buta nan dingin. Tapi Trippers tak akan menyesal! Sungguh!

 

Bersambung ke sini.

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: @anugerahabdi_, Arief Nurdiyansah, Dispar Bengkulu, Mayawati NH, @pantjoranpik
Comment
Amberlyeisn

best online dating and chatrooms travel farmers only dating website dating web sites for free

2023-02-19